Mungkin salah satu dari kalian pernah menggunakan jasa pengiriman terdekat namun ternyata paketmu gagal dikirim. Ternyata terdapat beberapa faktor yang menyebabkan hal ini terjadi. Penting sekali untuk kamu tahu supaya tidak melakukan kesalahan yang sama lagi.
Apalagi jika kamu seorang penjual yang akan mengirimkan paket kepada konsumen tentu saja akan mempengaruhi kualitas tokomu jika barang sampai gagal dikirim. Jadi, simak penjelasan di bawah ini agar semakin banyak pengetahuan mengenai jasa pengiriman.
Berikut 7 Alasan Jasa Pengiriman Terdekat Mengembalikan Paketmu
Ada sekitar tujuh alasan kenapa paket yang kamu kirimkan gagal di tengah jalan. Berikut penjelasannya.
1. Melebihi Jam Operasional
Alasan pertama kenapa jasa pengiriman terdekatmembuat paketmu gagal di tengah jalan adalah karena barang tersebut tiba di cabang terdekat sudah melewati jam kerja yaitu sekitar di atas jam 5 sore. Paket yang tiba di atas jam 5 sore umumnya proses pengirimannya akan dilanjutkan keesokan harinya.
2. Gudang Cabang Overload
Alasan selanjutnya bisa jadi karena cabang penyedia jasa kirim yang kamu gunakan sedang mengalami overload. Dengan jumlah kurir yang terbatas tentu saja tidak bisa mengirim banyak barang sekaligus. Biasanya kurir akan mengirim paket yang datang terlebih dahulu.
3. Alamat Kurang Lengkap
Seringkali kegagalan pengiriman bukan karena kesalahan jasa pengiriman terdekat namun bisa jadi disebabkan oleh keteledoran customer. Customer mencantumkan alamat pada paket kurang jelas sehingga barang tidak bisa sampai pada tujuan yang dimaksud.
Biasanya solusi dari permasalahan ini adalah kurir akan menghubungi penerima paket berdasarkan nomor telepon yang tercantum melalui SMS, telpon, bahkan whatsapp untuk meminta alamat jelasnya.
4. Penerima Tidak Ada di Rumah
Kegagalan pengiriman paket juga bisa terjadi karena penerima paket tidak berada di tempat saat kurir datang. Alasan ini sering sekali terjadi sehingga proses pengiriman paket tertunda karena paket dikirimkan kembali ke cabang terdekat.
Apabila dalam 2 hingga 3 hari ternyata tidak ada kejelasan dari alamat tujuan tentu saja barang gagal dikirimkan dan biasanya dikembalikan kepada pihak pengirim.
5. Salah Alamat
Jasa pengiriman terdekat bisa gagal kirim alasan lainnya karena kesalahan penulisan alamat. Faktor pertama bisa jadi karena murni salah menuliskan alamat atau kedua karena penerima telah pindah tanpa memberi tahu pengirim.
Jadi kalau kamu ingin mengirimkan barang tanpa gagal pastikan terlebih dahulu bahwa alamat yang ditulis sudah benar dan ada penghuninya.
6. Titik Pengiriman Terlalu Jauh
Mungkin kamu pernah melacak pengiriman tertulis paket sedang diantar namun ternyata hingga malam hari belum tiba ditujuan. Nah, ini bisa menjadi salah satu alasan juga kenapa barang kamu gagal terkirim.
Biasanya hal ini disebabkan oleh kurir yang telah membawa terlalu banyak barang di hari itu dengan jarak satu lokasi ke lokasi lain berjauhan sehingga sebelum tiba di rumahmu ternyata sudah melebihi jam kerja.
Jika terjadi hal demikian biasanya status akan berubah menjadi “telah melewati jam operasional drop point” dan paketmu akan dikirimkan kembali esok harinya.
7. Paket Ditolak Penerima
Alasan terakhir kenapa bisa terjadi gagal kirim adalah karena penerima tidak bersedia menerima paket yang ditujukan padanya. Biasanya hal seperti ini terjadi karena penerima tidak mengenal pengirim atau tidak tertera nama pengirim dengan jelas.
Kedua faktor tersebut membuat mereka ragu untuk menerima paket yang tiba sehingga dikembalikan kepada kurir jasa pengiriman terdekat.
Ada juga kasus penerima menolak paket karena harus membayar biaya tambahan yang diajukan pihak ekspedisi karena alasan tertentu, biasanya karena alamat sulit dijangkau atau pembayaran parkir.
Supaya kamu tidak merasakan kegagalan pengiriman paket oleh jasa pengiriman terdekat tentu saja solusinya adalah menghindari permasalahan-permasalahan bersama Lion Parcel.