• Kontak Kami
  • Hotline : 083811131344
  • SMS : 083811131344
  • BBM : 5C58CBCC

Kontak Kami

( pcs) Checkout

Beranda » Artikel Terbaru » Tips Pertolongan Pertama Demam pada Anak

Tips Pertolongan Pertama Demam pada Anak

Diposting pada 28 Agustus 2015 oleh khanza

Tips Pertolongan Pertama Demam pada Anak

Pertolongan Pertama Demam pada Anak– Demam pada anak sering kali membuat orang tua cemas. Walau sebenarnya demam pada anak bukanlah suatu penyakit. Demam bisa dikatakan sebagai pertanda bahwa sistem kekebalan tubuh si kecil sedang berperang melawan bibit penyakit. Demam dimulai saat tubuh mencapai 38º Celcius. Suhu tubuh pada anak dapat meningkat antara 36,5º C sampai 37,5º Celcius. Pada kisaran suhu ini, dokter anak biasanya belum menyebut kondisi seperti ini sebagai demam. Menjadi orang tua yang baik anda haruslah tau bagaimana pertolongan pertama jika anak anda terkena demam mendadak. Berikut beberapa pertolongan pertama demam pada anak:

Tips Pertolongan Pertama Demam pada Anak Pertolongan Pertama Demam pada Anak

Mengukur suhu tubuh anak. Anda sebaiknya mengukur peningkatan suhu pada anak menggunakan termometer untuk meyakinkan bahwa anak Anda terkena demam. Jenis termometer di antaranya adalah termometer raksa, termometer digital, dan termometer timpanik yang diletakkan pada telinga.

Pakaikan baju yang tipis, hindari membedong atau membungkusnya dengan selimut. Usahakan agar anak berada di ruangan yang nyaman, sirkulasi udaranya baik dan suhunya tidak pengap atau suhu ruang panas.

Istirahat. Istirahat ini sangat penting artinya bagi proses yang sedang terjadi di dalam tubuhnya, walaupun si anak sendiri tidak tahu mengapa dia merasa harus menghabiskan banyak waktu untuk beristirahat.

Ukur suhu tubuh anak setiap 2 jam sekali. Atau, bisa juga setiap satu jam sekali agar lebih akurat. Catat dan berikan kepada dokter saat melakukan konsultasi. Pola suhu tubuh dapat membantu mengetahui kemungkinan penyakit yang diderita.

Kompres dengan air hangat. Apabila penyebab demam adalah infeksi virus, anda dapat memberikan pertolongan pertama dengan cara mengompres menggunakan air hangat. Air hangat dapat langsung pada pusat tubuh sehingga akan menurunkan suhu secara otomatis.

Banyak minum air putih. Dengan makin sering kita minum, keringat akan banyak keluar, itu pertanda proses netralisasi pembakaran dalam tubuh. Biasanya setelah itu suhu tubuh kita normal kembali

Itulah beberapa Tips Pertolongan Pertama Demam pada Anak. Semoga bermanfaat.

Bagikan informasi tentang Tips Pertolongan Pertama Demam pada Anak kepada teman atau kerabat Anda.

Tips Pertolongan Pertama Demam pada Anak | Caca.co.id

Komentar dinonaktifkan: Tips Pertolongan Pertama Demam pada Anak

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
SIDEBAR