• Kontak Kami
  • Hotline : 083811131344
  • SMS : 083811131344
  • BBM : 5C58CBCC

Kontak Kami

( pcs) Checkout

Beranda » Artikel Terbaru » Tips Perawatan Gigi Bersih, Sehat dan Putih

Tips Perawatan Gigi Bersih, Sehat dan Putih

Diposting pada 26 Mei 2015 oleh khanza

Tips Perawatan Gigi Bersih, Sehat dan Putih

perawatan gigi perawatan gigi

Perawatan Gigi– Gigi merupakan suatu aspek yang mempengaruhi kecantikan. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk merawat gigi agar tetap bersih dan sehat, baik dengan menggunakan bahan alami atau perawatan ke dokter.  Riset membuktikan bahwa warna pada gigi yang kurang cemerlang dapat membuat penampilan seseorang menjadi tidak enak dipandang, tidak nyaman dan bahkan hampir para pelakunya merasa minder terhadap orang-orang disekitarnya. Sesuai dengan pernyataan PDGI (Persatuan Dokter Gigi Indonesia) bahwa pewarna pada gigi dibagi menjadi 2, yaitu ada pewarnaan ekstrinsik dan pewarna intrinsik.

Pewarnaan gigi dibagi menjadi 2 berdasarkan sumber penyebabnya, yaitu:

1. Pewarnaan ekstrinsik (pewarnaan akibat paparan dari luar permukaan gigi).
Penyebab pewarnaan ekstrinsik, antara lain:
a. Plak
b. Bakteri kromogenik
c. Kerusakan protein pada permukaan gigi
d. Obat kumur (klorheksidin)
e. Makanan dan minuman
f. Antibiotik
g. Suplemen yang mengandung zat besi

2. Pewarnaan intrinsik (pewarnaan akibat paparan dari dalam gigi).
Penyebab pewarnaan intrinsik, antara lain:
a. Jika terjadi sebelum gigi erupsi (gigi muncul ke permukaan gusi), penyebab pewarnaannya yaitu: penyakit kelainan darah, penyakit hati, kelainan perkembangan email dan dentin, serta konsumsi antibiotik tetrasiklin

b. Jika terjadi setelah gigi erupsi, penyebab pewarnaannya yaitu: trauma pada gigi, gigi berlubang, bahan tambal gigi, penuaan, merokok, bahan kimia, konsumsi antibiotik minosiklin, serta perubahan fungsional dan prafungsional.

Berikut ada beberapa tips Perawatan Gigi Bersih, Sehat dan Putih yaitu:

  • Cara pertama untuk merawat gigi agar tetap putih adalah dengan menggosok tiga kali sehari atau setiap selesai makan, akan tetapi hati-hati juga dalam menyikat gigi. Jangan terlalu keras dan jangan terlalu pelan, karena apabila terlalu keras dapat berakibat gigi anda abrasi dan rusak. Namun jika terlalu pelan, gigi yang kita gosok juga tidak akan bersih putih sesuai yang diharapkan.
  • Menggosok gigi. Tips merawat gigi yang paling umum dan sangat disarankan adalah memperbaiki cara menggosok gigi secara benar dan rutin. Gigi berlubang mungkin saja diakibatkan karena Anda sering melupakan jadwal menggosok gigi minimal 2 kali sehari yang wajib dilakukan. Biasakanlah mulai dari sekarang untuk menggosok gigi secara rutin setiap pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur.
  • Ganti sikat gigi setiap 2 bulan sekali. Rutinitas ini amat mutlak untuk melindungi kilau alami gigi. sesudah dipakai sebagian lama, bulu sikat gigi jadi keras. perihal ini bisa mengakibatkan kerusakan susunan e-mail gigi serta selanjutnya mengakibatkan gigi bernoda.
  • Hindari kopi serta makan gula terlalu berlebih. Kopi dan gula dapat menyebabkan noda kuning pada gigi. oleh karena itu, jauhi mengonsumsi kopi dan gula terlampau berlebih. keduanya bukan hanya buruk untuk kesehatan, tetapi juga untuk kilau gigi anda.
  • Tidak merokok karena perokok berisiko 4 kali lebih mudah mengalami gangguan pada gusi. Demikian hasil riset yang dimuat dalam The Journal of Periodontology. Merokok meningkatkan risiko kanker (bibir, lidah, pipi, dan gusi). Dalam bentuk ringannya, tembakau menyebabkan bau mulut.

Itulah beberapa tips Perawatan Gigi Bersih, Sehat dan Putih, semoga bermanfaat.

Bagikan informasi tentang Tips Perawatan Gigi Bersih, Sehat dan Putih kepada teman atau kerabat Anda.

Tips Perawatan Gigi Bersih, Sehat dan Putih | Caca.co.id

Komentar dinonaktifkan: Tips Perawatan Gigi Bersih, Sehat dan Putih

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
SIDEBAR