• Kontak Kami
  • Hotline : 083811131344
  • SMS : 083811131344
  • BBM : 5C58CBCC

Kontak Kami

( pcs) Checkout

Beranda » Artikel Terbaru » Tips jitu yang bisa dilakukan untuk memperlambat proses penuaan

Tips jitu yang bisa dilakukan untuk memperlambat proses penuaan

Diposting pada 7 April 2015 oleh khanza

Tips jitu yang bisa dilakukan untuk mem­perlambat proses penuaan

  • Miliki pola makan sehat

Kebiasaan memilih makanan yang baik dan sehat setiap hari bukan saja mem­buat tubuh sehat dan ramping, namun juga terlihat lebih muda. Pola makan yang disarankan antara lain:  Mengurangi konsumsi daging merah dan meningkatkan konsumsi ikan / Makan makanan lengkap dan seim­bang yang mengandung semua kompo­nen nutrisi yang menjamin tubuh ber­fungsi secara normal serta seimbang. Makanan yang lengkap mengandung cukup makronutrien, mikronutrien, serat, dan air. Termasuk dalam mak­ronutrien adalah karbohidrat sebagai sumber utama energi, protein sebagai sumber zat pembangun dan daya tahan tubuh, lemak sebagai bantalan organ tubuh dan pembentukan hormon. Se­mentara itu, termasuk dalam mikro­nutrien adalah vitamin A, Bl-12, C, D. E, K, dan berbagai mineral seperti Ca, P, Na, K, Fe, Mn, Cu, Zn, juga bahan nirgizi seperti rempah-rempah dan ginseng. Serat, di sisi lain, terdiri atas soluble fiber atau serat larut air seperti buah-buahan yang menurunkan kolesterol darah, dan non-solublc fiber seperti sayur-sayuran yang mengobati sembelit dan mencegah kanker usus. Makanan seimbang terdiri atas: karbo­hidrat 50-60%, protein 21-25%, lemak 25-30%, vitamin, mineral (penting un­tuk berbagai proses metabolisme), dan serat.

  • Berolahragalah secara teratur Olahraga merupakan suatu keharusan dan menjadi hal yang penting bagi seg­ala usia. Berolahragalah secara teratur minimal 2x dalam seminggu.
  • Tidurlah secara teratur cukup (6- 8 jam/ hari)

Sebaiknya, tidurlah dalam keadaan gelap total (tonil darkness) karena pada saat tidur dalam kegelapan hor­mon melatonin akan keluar. Hormon melatonin sendiri adalah hormon an­tioksidan paling kuat produksi dari hormon serotonin yang berfungsi memperbaiki serta memperbarui ja­ringan serta sel-sel tubuh, termasuk mengaktifkan kembali fungsi memori otak. Dengan demikian, akan terjadi peremajaan pada sel-sel tubuh.

Tidur nyenyak di samping menyehat­kan dan menyegarkan tubuh dan jiwa juga menjaga penampilan tetap sehat dan segar. Daya tahan tubuh orang yang kurang tidur cenderung lemah sehingga mudah terkena penyakit. Se­lain itu, kurang tidur juga dapat meng­ganggu konsentrasi, daya ingat, dan kreativitas serta menyebabkan ketida­kseimbangan emosi.

  • Hindari rokok dan minuman ber­alkohol

 

  • Atasi stres dengan bijak (lakukan stress management)

Stres adalah akar dari berbagai penyakit dan merupakan penyebab penuaan dini terbesar kedua. Oleh karena itu, stres perlu dikendalikan dengan menganali­sis penyebabnya. Hilangkan prasangka buruk terhadap orang lain, jangan me­nyimpan kemarahan/frustasi, cari te­man untuk berbagi perasaan, mulailah melakukan sesuatu yang baru, lakukan hobi dan coba hal-hal baru, terima se­gala yang terjadi dengan lapang dada.

  • Minumlah dengan cukup

Usahakan minum air pulih 2,5-3 liter/ hari, juga minuman yang mengandung alkalis. Jika perlu, konsumsi juga jus buah. Selain itu, semaksimal mungkin hindari minum minuman yang men­gandung kafein, seperti kopi, teh, dan soda, juga gula. Kurang minum dapat menyebabkan kulit cepat kering dan keriput serta metabolisme tubuh secara keseluruhan menjadi kacau sehingga mempercepat proses penuaan.

 

  • Jalani hidup secara aktif dan latih daya ingat

Anda harus tetap sibuk meski sudah tidak muda lagi jika tidak ingin orang mengatakan Anda telah pikun. Ke­hidupan yang aktif bukan saja mem­buat fisik sehat, namun juga menjaga memori tetap bekerja dengan baik. Jadi, cobalah untuk terus kreatif sepan­jang hidup. Ingat-ingat kembali segala minat dan impian yang dulu belum sempat Anda lakukan selagi muda, seperti belajar melukis, bermain catur.

Bagikan informasi tentang Tips jitu yang bisa dilakukan untuk memperlambat proses penuaan kepada teman atau kerabat Anda.

Tips jitu yang bisa dilakukan untuk memperlambat proses penuaan | Caca.co.id

Komentar dinonaktifkan: Tips jitu yang bisa dilakukan untuk memperlambat proses penuaan

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
SIDEBAR