• Kontak Kami
  • Hotline : 083811131344
  • SMS : 083811131344
  • BBM : 5C58CBCC

Kontak Kami

( pcs) Checkout

Beranda » Artikel Terbaru » Sembunyikan Cacat Kulit dengan Alas Bedak

Sembunyikan Cacat Kulit dengan Alas Bedak

Diposting pada 20 Juni 2016 oleh khanza

Cacat kulit pada wajah bisa disamarkan dengan alas bedak. Apabila penyimpanannya tepat, pemakaiannya benar, hasilnya akan baik.

Kita sering terkagum- kagum melihat wajah mulus para selebritis di majalah atau di layar kaca. Tidak tampak ada bekas luka atau bekas jerawat. Padahal mereka sering bekerja di bawah sorotan lampu sekian ribu watt. Kok bisa, ya? Jangan terkecoh dulu, selain juru riasnya handal, alas bedak pun berperan dalam mengatrol penampilannya.

Dokter Tina Wardhani Wisesa, SpKK di Klinik Sakti Medika menjelaskan,, “Memang manfaat alas bedak adalah menutupi cacat kulit, seperti bekas luka (scar) yang tidak terlalu dalam, vlek, lubang- lubang kecil karena luka ataubekas jerawat,” ujarnya. Alas bedak dapat digunakan pula untuk meratakan warna kulit wajah yang tidak rata atau belang.

Tidak wajib digunakan .Alas bedak termasuk dalam kategori kosmetik dekoratif, seperti halnya bedak, perona mata, perona pipi yang sebenarnya tidak wajib digunakan. “Yang wajib digunakan adalah kosmetik perawatan, seperti susu pembersih, penyegar, krem mata, krem malam, dan tabir surya (sunblock)”katanya. Apabila ingin memakai alas bedak, Anda perlu mengetahui “aturan mainnya” agar kulit tidak rusak, dan penampilan lebih menarik.

“Alas bedak yang baik adalah yang sesuai dengan jenis kulit. Biasanya perempuan sering latah. Melihat temannya memakai alas bedak, ia ikut membeli yang sejenis, dan memakainya, padahal belum tentu cocok untuk jenis kulitnya,” lanjutnya.

Jenis-jenis alas bedak

Di pasar ada beberapa jenis alas bedak, di antaranya:

  1. Oil-based foundation (alas bedak berbahan dasar minyak)
  2. Water based-foundation (alas bedak berbahan dasar air)
  3. Oil free foundation (berbahan dasar talcum yang menyerap kelebihan minyak pada kulit),
  4. Tinted-moisturizer (tidak berbeda dengan pelembab kulit pada umumnya, ada tambahan pewarna dan mengandung tabir surya)
  5. Cream foundation (yang mengandung minyak, biasanya dikemas dalam bentuk compact atau stick).

Adapula alas bedak biasanya berbentuk stick yang digunakan dibagian wajah tertentu, Misal nya digunakan di hidung agar tampak mancung,di bawah mata, agar mata pemakainya tidak terlalu gelap, atau untuk menutupi bekas bekas jerawat,

Memilih alas bedak

Sembunyikan Cacat Kulit dengan Alas Bedak (1)

Memilih alas bedak harus disesuaikan dengan jenis kulit pemakainya. Misalnya, pemilik kulit kering, sebaiknya memakai alas bedak yang mengandung minyak, yaitu yang berbentuk krem. Sebaliknya, pemilik kulit berminyak dianjurkan untuk memakai alas bedak yang bebas minyak (oil- free) atau water-based. Sedangkan untuk pemilik kulit kombinasi, perlu dilihat dahulu jenis kulit nya. “Jika cenderung berminyak, pilih alas bedak yang water based dan oil based; Apabila cenderung kering, pilih yang krem. Jadi kita harus memperhatikan mana yang lebih dominan. Kita tidak perlu membeli dua jenis alas bedak.” Sambung dr Tina.

Para manula yang kulitnya cenderung kering bisa menggunakan alas bedak jenis krem yang lembab.kulit manula terkadang sudahl banyak spruten-nya  yang mengakibatkan kulit tampak tidak rata.

Hal yang perlu diperhatikan pula dalam memilih alas bedak adalah waktu pengeringan dan daya tahannya. “Biasanya orang tidak mau menunggu terlalu lama untuk membubuhkan bedak di wajahnya,” tuturnya. Selain itu, awet atau tidaknya. Ada alas bedak yang bertahan dua jam, tiga sampai empat jam, atau 8 jam (seperti yang digunakan oleh para selebriti).

Mencuci wajah setiap lima jam

Jika pemilik kulit berminyak – bahkan cenderung berjerawat- menggunakan alas bedak berbentuk krem yang mengandung minyak, minyak tersebut akan menyumbat pori-pori. Akibatnya seringkali terbentuk komedo. Apalagi jika alas bedak dibiarkan menempel lebih dari empat jam di wajah kita, seringkali jerawat yang terbentuk sulit sembuh, karena komedo terbentuk terus-menerus. Ini disebut acne cosmetic, jerawat yang terjadi karena kosmetik.

 

Bagikan informasi tentang Sembunyikan Cacat Kulit dengan Alas Bedak kepada teman atau kerabat Anda.

Sembunyikan Cacat Kulit dengan Alas Bedak | Caca.co.id

Komentar dinonaktifkan: Sembunyikan Cacat Kulit dengan Alas Bedak

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
SIDEBAR