Kontak Kami

( pcs) Checkout

Beranda » Artikel Terbaru » SEGUDANG MANFAAT APEL

SEGUDANG MANFAAT APEL

Diposting pada 21 Mei 2016 oleh khanza

Ketika Anda menyantap buah apel, apakah saat itu Anda teringat cerita tentang Adam dan Hawa yang terusir dari Taman Firdaus disebabkan menyantap buah apel yang terlarang? Atau Anda ingat bahwa buah Inilah yang telah menyebabkan perang Troya yang terkenal Itu? Pasti Anda sudah pernah membaca mitologi tersebut Atau Anda malah terbayang buah apel yang sudah tergigit yaitu simbol sebuah mark komputer yang sangat terkenal dptaan Steve Jobs.

Penampilan buah apel yang ranum berwarna-warni dengan berbagal jenis dan rasanya, agaknya merupakan pesona tersendiri bagi manusia selama berabad-abad untuk menyantapnya. Ya, berabad-abad, karena menurut hasil penelitian arkeologi, buah apel sudah dikenal dl Turki sejak tahun 328 sebelum Masehi! Nenek moyang apel atau spesies Malus domestlca, famili Rosaceae adalah Malus sieversii yang ditemukan tumbuh liar dl pegunugan Asia Tengah di selatan Kazakhstan, Kyrgyzstan, Tajikistan, dan di Cina: Xinjiang. Pada tahun 2010 sebuah konsorsium Italia mengumumkan telah menemukan jumlah gen yang lengkap dari apel dengan menggunakan varitas Golden Delicious. Jumlah gen apel adalah sekitar 57.000. Ini merupakan jumlah tertinggi dari semua gen tanaman termasuk gen manusia (sekitar 30.000). Penemuan terbaru ini membantu para ilmuwan untuk mengidentifikasi gen dan varian gen yang mampu bertahan terhadap serangan penyakit dan cuaca kering. Selain itu para ilmuwan juga terbantu dalam hal merekayasa pembentukan sifat-sifat tanaman yang diinginkan. Dengan demikian, pengetahuan terbaru tentang gen apel telah membuat para ilmuwan leluasa memilih maupun menghasilkan tanaman apel unggul.

Nah, mari kita mengenal buah ini lebih jauh, tidak hanya menyantapnya saja. Ada berapa jenis buah apel, apa saja nutrisi yang terkandung di dalamnya, dan apa manfaat apel bagi kesehatan kita.

Pilih apel malang atau apel Washington?

SEGUDANG MANFAAT APEL (3)

Istilah ‘apel malang” dan “apel Washington” pernah menjadi semacam Joke di kalangan masyarakat dan politisi. Kode “apel malang” identik dengan uang rupiah dan “apel Washington” identik dengan uang dolar Amerika.

Namun secara harfiah, apa bedanya apel malang dengan apel washington? Apel malang adalah produk dalam negeri, warnanya hijau kemerahan, rasanya masin-manis asam. Sedangkan apel washington produk luar negri, berwarna merah gelap dengan rasa manis dibanding apel malang. Namun, tentu saja harga apel Washington lebih mahal. Nah, silakan, Anda pilih apel malang atau apel Washington?

Ada banyak jenis apel, sekitar 7000 jenis, tidak hanya apel malang dan apel Washington. Berikut ini beberapa jenis apel yang selalu bisa Anda temukan di pasaran.

SEGUDANG MANFAAT APEL

Golden Delicious, berasal dari Amerika, warna kulitnya kekuningan, daging buahnya agar keras namun berair, rasanya manis-manis asam sehingga terasa segar jika disantap begitu saja. Biasa untuk kue pie dan saus apel

Red Delicious,berasal dari Amerika,kulit ny merah bergaris-garis,daging buahnya lumak dan berair rasanya dominan manis dengan sedikit rasa asam Enak dimakan dalam kondisi segar

Gala, asalnya dari Selandia Baru, warna kulitnya kekuningan dengan garis- garis merah jambu, daging buahnya keras dan berair, memiliki aroma tajam. Enak dimakan segar dan dibuat masakan.

Granny Smith, berasal dari Australia, warna kulit hijau, daging buahnya berair, rasanya dominan asam. Enak dimakan dalam keadaan segar atau dibuat masakan.

Manalagi, ini apel lokal, rasanya manis asam menyegarkan. Karena itu enak disantap dalam keadaan segar.

Apel malang, asalnya memang dari Kota Malang. Rasanya asam, lebih cocok untuk masakan misalnya dibuat selei atau keripik.

 

Mengapa apel yang telah dikupas, daging buahnya menjadi berwarna kecokelatan? Ini disebabkan terjadi konversi dari zat fenolik alami ke melanin akibat paparan oksigen di udara. Untuk mencegah perubahan warna tersebut, potongan apel direndam dalam air yang ditambah asam dari jeruk nipis atau lemon.

SEGUDANG MANFAAT APEL (4)

Kadar nutrisi & Manfaat kesehatan

Banyak penelitian yang mengungkapkan apel kaya akan serat, fitokimia, dan flavonoid seperti juga buah-buahan lainnya, namun yang paling banyak adalah kadar flavonoidnya dibanding dengan buah-buahan lain. Ini menurut Institut Kanker Nasional Amerika Serikat. Menurut laporan tersebut, flavonoid mampu menurunkan risiko penyakit kanker paru sampai 50%. Sedangkan penelitian Mayo Clinic di Amerika Serikat pada 2001 menyatakan bahwa flavonoid jenis quarcetin yang terkandung dalam buah apel dapatjm membantu mencegah pertumbuhan sel-sel kanker prostat.

Fitokimia dalam buah apel berfungsi sebagai antioksidan yang mampu melawan kolesterol jahat LDL dan meningkatkan kadar kolesterol baik HDL. Kolesterol jahat ini potensial menyumbat/ mempersempit pembuluh darah yang menghambat aliran darah ke jantung. Sedangkan kolesterol baik bermanfaat mencegah penyakit jantung dan pembuluh darah. Antioksidan juga mencegah kerusakan sel-sel dan jaringan pembuluh darah.

Kandungan pektin (serat terlarut yang banyak ditemukan dalam buah-buahan termasuk apel, dan sayuran) telah terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Secara spesifik, dalam apel terkandung asam D-glucaric yang dapat mengatur kadar kolesterol darah. Ditemukan dalam penelitian bahwa jenis asam ini mampu mengurangi kadar kolesterol jahat sampai 35%. Kadar kolesterol yang terjaga akan melindungi tubuh dari serangan jantung dan stroke. Penelitian ini dilakukan di Finlandia pada 1996 yang membuktikan bahwa mereka yang pola makannya mengandung antioksidan tinggi akan berisiko rendah terkena serangan jantung. Penelitian lain yang dimuat dalam The British Medical Journal menyatakan bahwa mengonsumsi secara rutin buah apel mampu mencegah serangan stroke.

Tidak hanya buah apel, kulit apel pun mengandung fitokimia yang menurut penelitian Cornell University di Amerika Serikat bermanfaat menghambat pertumbuhan sel kanker usus besar sampai 43%. Sedangkan dilaporkan juga bahwa flavonofcf bersama- sama fitokimia dapat menurunkan jumlah kejadian kanker paru. Penelitian di Welsh, Inggris, menyatakan bahwa konsumsi apel secara teratur akan membuat paru-paru berfungsi baik. Dengan demikian fungsi pernapasan pun menjadi lebih baik, karena kandungan fitokimia dalam apel meredam efek negtif oksidan yang merusak organ tubuh.

Bagaimana dengan kandungan seratnya? Ternyata termasuk tinggi yaitu 5 gram per buah ukuran sedang. Jumlah ini lebih tinggi dibanding dengan kandungan serat dalam produk sereal umumnya Serat bermanfaat melancarkan pencernaan alias melancarkan BAB, dan menurunkan berat badan. Sedangkan kadar lemak dan kolesterolnya nyaris nol, sehingga cocok untuk mereka yang sedang melakukan diet. Tak akan terjadi keluhan sembelit jika memasukkan apel sebagai bagian dari menu dietnya. Selain mampu mengatasi sembelit, apel juga dapat meredakan diare. Demikian tercantum dalam buku Healing Foods yang ditulis oleh Miriam Polunin. Pokoknya berdasarkan kandungan seratnya, apel baik bagi kesehatan pencernaan.

Manfaat berbeda ditemukan oleh Konowalchuck J. dalam penelitiannya pada 1978. la membuktikan bahwa apel ampuh melawan berbagai serangan infeksi virus. Dengan mengonsumsi  rutin buah apel atau sari buahnya, stamina dan kekebalan tubuh  menjadi meningkat, sehingga menghindarkan tubuh dari serangan virus, terutama saat pergantian musim seperti sekarang ini.

Tak dapat diabaikan bahwa apel juga mengandung kadar tinggi tanin yang menurut jurnal dari American Dental Association tahun 1998, tanin dalam apel mampu mencegah kerusakan gigi dan penyakit gigi yang disebabkan tumpukan plak. Dan tanin juga mencegah infeksi saluran kencing dan menurunkan risiko penyakit  jantung. Nah, agaknya motto an apple a day keeps the doctor away: masih relevan untuk saat ini. Mari makan apel tiap hari, jangan ragui (N)

Incoming search terms:

  • CS 1
  • CS 2
  • CS 3

Bagikan informasi tentang SEGUDANG MANFAAT APEL kepada teman atau kerabat Anda.

SEGUDANG MANFAAT APEL | Caca.co.id

Komentar dinonaktifkan: SEGUDANG MANFAAT APEL

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
SIDEBAR
 
error: Content is protected !!