• Kontak Kami
  • Hotline : 083811131344
  • SMS : 083811131344
  • BBM : 5C58CBCC

Kontak Kami

( pcs) Checkout

Beranda » Artikel Terbaru » SAKIT RINGAN MAKANAN INI OBATNYA

SAKIT RINGAN MAKANAN INI OBATNYA

Diposting pada 8 Mei 2015 oleh khanza

SAKIT RINGAN MAKANAN INI OBATNYA

Segera menelan obat saat kondisi tubuh menurun atau mengalami gangguan kesehatan ringan, belum tentu solusi yang tepat. Coba dulu jenis makanan berikut ini. Tanpa efek samping, dan rasanya pun enak.

sejak ribuan tahun lalu sudah dipahami bahwa kesehatan dipengaruh oleh apa yang kita makan.

Ya, dalam setiap makanan terkandung berbaga bahan atau zat yang akan mempengaruh kondisi tubuh. ‘Biarkan makanan menjadi obat Anda demikian filosofi Hipocrates, seorang ahli pengobatan di jaman dulu.

Kondisi kesehatan yang menurun mungkin merupakan salah satu sinyal yang menunjukkan bahwa tubuh sedang memerlukan nutrisi tertentu. Masih menurut Hipocrates, tubuh sebenamya mempunyai kekuatan untuk menyembuhkan dirinya sendiri. Jadi, ketika kesehatan Anda mulai sedikit terganggu, yang perlu dilakukan adalah meperkuat

kemampuan tubuh. Ketimbang terburu-buru menenggak obat-obatan kimia, coba dulu mengatasi keluhan  dengan memperbaiki pola makan atau memilih jenis makanan yang tepat sebagai obatnya.

FLU RINGAN

Virus penyebab flu ada dimana- mana, bila virus flu masuk ke tubuh yang staminanya menurun, kemungkinan terjadinya flu pun besar.

Beberapa makanan ternyata bisa meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga virus flu yang masuk tidak sempat menyebabkan penyakit atau mencegah nya berkembang biak.

Sayur dan buah

Sayuran dan buah-buahan me- ngandung glutathione, bahan yang berfungsi menstimulasi sistem imunitas tubuh, sehingga mampu melepaskan sel macrophages. Sel inilah yang bisa menghentikan perkembangan virus, bahkan, merusaknya. Beberapa jenis buah dan sayur yang sarat glutathione adalah alpukat, semangka, jeruk, tomat, kembang kol, kentang, brokoli dan melon.

Zat baik lain yang terdapat dalam buah-buahan adalah vitamin C. Zat ini bermanfaat untuk memperkuat sel-sel darah putih, yang berperan besar memerangi infeksi. Cara terbaik adalah mengonsumsinya dalam bentuk jus.

Bawang putih juga bisa membantu memperkuat kekebal- an tubuh karena mengandung allicilin dan allin. Keduanya berfungsi membunuh kuman dan menstimulasi sistem imunitas tubuh untuk memproduksi sel pembunuh kuman.

Teh

Kabar baik bagi Anda yang senang minum teh. Kebiasaan tersebut dapat menghindarkan tubuh dari gejala flu. Ini karena teh mengandung quercetin, zat yang bermanfaat mencegah virus menggandakan diri

KEMBUNG

kembung umumnya terjadi  karena makanan yang Anda konsumsi. Untuk mengatasinya, coba trik berikut ini.

Mint

Di pasar swalayan terkemuka banyak dijual daun mint segar. Menurut James S. Sensening, N.D., guru besar di University of Bridgeport College of Naturophatic Medicine, Connecticut, Amerika Serikat, seduhan daun mint merupakan cara pengobatan perut kembung yang paling tradisional. Caranya : seduh seikat daun mint yang sudah dicuci bersih dengan ¼ -1/2 cangkir air mendidih. Diamkan selama 10 menit, saring daun, dan minum selagi hangat, kalau ingin yang lebih praktis, belilah mint siap seduh.

Nikmati saat mengunyah

Kunyahlah tiap suap makanan dengan benar dan telanlah ketika sudah halus. Logikanya, semakin perlahan Anda makan, semakin sedikit udara yang tertelan, sehingga gas tidak terbentuk di organ pencernaan. Lagipula, saat makan adalah saat tubuh beristirahat untuk menambah enerji. Karenanya, nikmatilah…

DIARE

Diare merupakan sinyal tubuh untuk mengeluarkan ’racun’ dari dalam perut dan mengembalikan sistem pencernaan pada fungsinya semula. Umumnya diare disebabkan oleh bakteri yang ada dalam air atau makanan yang akhirnya masuk ke tubuh. Bisa juga karena virus atau parasit.

Beberapa makanan yang bisa menyembuhkan diare adalah :

Air

Efek diare yang berbahaya adalah dehidrasi, karena setiap kali diare, tubuh mengeluarkan banyak cairan. Oleh sebab itu, minum air sedikitnya 10 gelas sehari atau konsumsi minuman isotonik yang mengandung ion elektrolit garam mineral untuk mencegah dehidrasi sekaligus menggantikan kehilangan mineral.

Makan ringan

Logis saja, semakin sedikit makanan yang harus dicerna perut, semakin sedikit yang bisa dikeluarkan. Dengan begitu, frekuensi diare juga berkurang. Karena itu, pilih makanan yang mudah dicerna dan ringan, seperti pisang. Demikian saran Sheila Crowe, M.D., spesialis gastroenterologi dan asisten guru besar di University of Texas Medical Branch, Galveston, Amerika Serikat.

Kayu manis

Kayu manis merupakan obat penawar racun yang alami. Seduh satu sendok makan kayu manis bubuk dalam secangkir air panas. Diamkan selama 10 menit. Kemudian, saring. Minum ketika masih hangat. Biasanya dalam beberapa saat diare akan berkurang. Tetapi, jika diare masih saja berlanjut, segera pergi ke dokter untuk memperoleh pengobatan yang memadai, agar tubuh tak mengalami dehidrasi.

PMS

Sebal, perut dan payudara sakit menjelang menstruasi biasa terjadi pada wanita. Ini memang efek alami akibat hormon. Istilahnya adalah sindrom pramenstruasi {premenstrual syndrome = PMS). Coba ringankan dengan pilihan makanan yang tepat.

Kurangi lemak jenuh

Dalam kondisi apapun, pengonsumsian lemakjenuh memang sebaiknya dibatasi hanya 7% dari total kebutuhan kalori per hari. Namun, dalam masa PMS ini sebaiknya banyak dikurangi. Lemakjenuh bisa meningkatkan kadar estrogen yang justru bisa memperburuk PMS. Kebutuhan lemak sebanyak 25% dari total kalori sebaiknya diambil dari konsumsi lemak tak jenuh.

Kalau memang sepotong cokelat bisa membuat Anda merasa terhibur, mengapa harus menyiksa diri dengan menghindarinya? Lagipula, sebuah penelitian ilmiah menunjukkan bahwa konsum­si cokelat bisa membantu menstabilkan kadar hormon yang melonjak menjelang menstruasi. Tetapi, ingat, makanlah cokelat secukupnya saja, jika tidak ingin timbangan badan ikut melonjak.

Ikan

Asam lemak yang terdapat dalam ikan bisa mencegah produksi prostaglandin, yaitu hormon penyebab kram saat menstruasi. Ikan yang banyak mengandung asam lemak, misalnya, sarden dan salmon.

SAKIT KEPALA

Salah satu gangguan yang umum dialami. Meski sakit kepa- la bisa jadi merupakan gejala penyakit yang lebih serius, namun yang lebih sering terjadi adalah sakit kepala yang muncul akibat ketegangan pikiran.

Daripada langsung minum obat sakit kepala yang bisa membuat Anda mengantuk, coba solusi ini:

Minum kopi

Berbeda dari stres, saat sakit kepala, kopi justru bisa menjadi penyelamat. Patricia Solbach, PhD, direktur penelitian klinis di Meninger Clinic, Topeka, Kansas, Amerika Serikat, menganjurkan untuk minum secangkir kopi kental ketika sakit kepala menyerang. Menurutnya, kandungan kafein dalam kopi bisa meringankan migren.

DEMAM RINGAN

Kadang saat bangun tidur di pagi hari, tubuh terasa meng- hangat atau temperatur tubuh sedikit meninggi. Penyebabnya bisa karena kelelahan atau menurunnya kondisi tubuh. Tak jarang demam juga disertai oleh bibir kering, pegal-pegal, mengantuk, keluar keringat dingin, atau pusing.

Kalau tidak terlalu parah, coba atasi dengan cara sederhana ini

Air putih

Supaya terhindar dari dehidrasi, minum banyak air putih, terutama jika demam disertai oleh keringat dingin. Anda tentu tahu anjuran untuk minum sekurangnya 8 gelas air putih dalam sehari bukan? Nah, inilah saat yang paling tepat untuk benar-benar menjalankannya.

Jus buah-buahan

Pilihlah buah-buahan yang kaya vitamin C, karena vitamin ini akan meningkatkan sistem imunitas tubuh. Suplemen vitamin C bisa juga dikonsumsi. Tetapi, minum jus buah tentu terasa lebih nikmat dan segar, apalagi saat mulut terasa kering akibat demam

 

Bagikan informasi tentang SAKIT RINGAN MAKANAN INI OBATNYA kepada teman atau kerabat Anda.

SAKIT RINGAN MAKANAN INI OBATNYA | Caca.co.id

Komentar dinonaktifkan: SAKIT RINGAN MAKANAN INI OBATNYA

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
SIDEBAR