• Kontak Kami
  • Hotline : 5C58CBCC : 0838-11-131344
  • SMS : 58128D0E : 085-685-66-800
  • BBM : 5C56D8EA : 081-2828-8-1104

Kontak Kami

( pcs) Checkout

Beranda » Artikel Terbaru » Risih Karena Si Putih

Risih Karena Si Putih

Diposting pada 19 Mei 2016 oleh khanza

Setiap wanita paham betul arti keputihan ini. Sering disepelekan,tetapi akibatnya sangat merepotkan. Yang awalnya dianggap hanya cairan vagina biasa, tapi bila didiamkan akan membawa keluhan yang beruntun. Basah yang kelewatan (sampai-sampai harus mengenakan pembalut), rasa gatal dan perih, bahkan seringkali diikuti nyeri perut bagian bawah.

Keputihan, yang biasa diiklankan dengan istilah Si Putih itu, adalah kondisi yang ditandai dengan gejala keluarnya cairan selain darah dari organ reproduksi wanita, lewat vagina. Gejala ini dalam istilah kedokteran disebut korrhea. Diperkirakan tiga dari empat wanita dewasa pernah mengalami keputihan ini, minimal sekali dalam hidupnya.

Dalam keadaan normal keputihan bisa saja terjadi. Hal ini karena berhubungan dengan siklus hormonal. Vagina, dalam keadaan normal, selalu berada dalam kondisi lembab, basah oleh cairan lendir yang bersifat asam. Keadaan seperti itu berperan menjamin fungsi optimal organ ini.

Pada awal siklus haid, lapisan dalam vagina yang terbentuk adalah tipis dan bening. Setelah ovulasi terjadi (pelepasan sel telur) lendir yang terbentuk berubah sifatnya menjadi kental dan keruh. Hal ini disebabkan karena pengaruh hormon, estrogen dan progesteron. Bila keputihan masih dalam batas- batas gejala ini, boleh dikatakan normal. Tetapi sekresi lendir ini akan berlebihan dalam beberapa keadaan, seperti masa awal menstruasi (pengaruh hormon estrogen), mengalami gairah seksual, saat kehamilan, pemakaian kontrasepsi pil dan IUD ataupun wanita yang sedang mengalami stres. Bayi yang baru lahir juga mengeluarkan cairan ini. Hal ini disebabkan oleh pengaruh hormon estrogen ibunya.

Risih Karena Si Putih (6)

Kenali penyebabnya

Keputihan yang awalnya biasa-biasa saja bisa menjadi luar biasa karena disertai bau yang tidak sedap, perubahan warna (bercampur darah) serta timbulnya rasa sangat gatal. Setelah itu biasanya dibarengi dengan iritasi /pengikisan selaput vagina yang menimbulkan rasa sakit, panas , tak jarang pula disertai infeksi. Vagina menjadi merah dan perih.Daerah vulva pun membengkak.akibatnya, muncul rasa sakit saat buang air  kecil dan sangat tidak nyaman ketik melakukan hubungan seks. Lebih parah lagi, bila infeksi keputihan ini berlanjut akan mengakibatkan wanita mengalami  depresi

Keputihan yang diikuti infeksi jamur dalam istilah kedokteran disebut candiasis atau moniliasis. Disebabkan oreh infeksi jamur Candida albican.Candida adalah organisme ragi yang sengit umum berkembang di vagina dan mulut. Bila keseimbangan dan ketahanan tubuh terhadap infeksi menurun,seringkali pertumbuhan jamur sulit terkontrol.yang perlu diawasi,keputihan dapat menular dengan hubungan seks. Jadi bagi pasangan suami-istri lebih baik menghindari  dari hubungan seks jika pasangannya sedang mengalami keputihan

Jane Butterwort dalam bukunya Trush, mengatakan bahwa stres dapat mengakibatkan menurunnya ketahanan tubuh, sehingga rentan terhadap penyakit dan infeksi semacam keputihan ini.ini bisa menjadi semacam ‘lingkaran setan’ karena keputihan bisa juga mendorong stres,

Melemahnya sistem pertahanan tubuh menjadikan keputihan terus berlanjut, Maka penting sekali wanita memahami cara mengatasi stres. Bila stresnya bisa dikelola dengan baik, terjadinya keputihan juga bisa dikurangi. Maka kenali sumber stres Anda, misal mudah marah, kurang konsentrasi, sakit kepala, gangguan perut dan kelelahan,

Pil pengatur keseimbangan hormon wanita yang digunakan untuk mencegah ovulasi dapat juga meningkatkan cairan vagina dan mengganggu keseimbangan bakteri yang mendorong terjadinya kepu tihan, Begitu juga dengan pemakaian  alat kontrasepsi, misal IUD, dapat menjadi salah satu pemicu.

Perubahan hormonal selama menstruasi,kehamilan ataupun menopause menyebabkan peningkatan cairan vagina, sehingga mempertinggi kemungkinan infeksi. Selama hamil vagina menjadi lebih basa (alkalin). Padahal basa merupakan lingkungan yang kondusif bagi berkembangnya jamur. Tidak hanya itu, sistem kekebalan yang melemah, khususnya sesudah sakit, atau mengidap penyakit diabetes. Ini akan meningkatkan kadar gula darah yang dapat memicu keputihan.

Gejala keputihan pada mulut, didahului oleh bercak-bercak merah dan mengeluarkan cairan kekuningan. Kondisi ini sering terjadi pada anak-anak. Bercak itu tampak seperti bekas susu yang tertinggal namun tidak dapat dibersihkan, Daerah yang terinfeksi lainnya terlihat merah dan gatal dengan bercak keputihan.

Mengatasi Si Putih

Risih Karena Si Putih (1)

Kebanyakan wanita merasa risih, malu untuk berobat dokter. Maka, bila gejalanya masih dalam tahap awal, kebanyakan diobati sendiri, misal dengan daun sirih atau pun minum jamu. Tapi bila tidak sembuh, atau sembuh namun belum tuntas, jangan biarkan berlarut- larut. Karena akan semakin menyiksa bila jamur Candida itu sudah merembet jauh ke dalam rahim, bahkan ke saluran telur. Akibatnya bisa serius, misal menyebabkan kemandulan.

  • Hati hati antibiotik

Bila terserang keputihan, sekarang ini bisa membeli krim anti jamur dan obat- obatan yang sudah banyak dijual di toko- toko obat. Jika dengan cara ini tidak berhasil, maka harus datang ke dokter. Biasanya, dokter akan memeriksa cairan vagina, untuk memastikan macam infeksi yang terjadi. Dokter akan memberi obat anti jamur, berupa krim, gel atau antibiotik. Cara ini akan mengurangi jumlah ragi yang diproduksi sehingga mampu mengurangi daya serang keputihan. Namun cara ini tidak akan menyelesaikan akar masalah, karena pemberian antibiotik akan membunuh bakteri bersahabat yang berfungsi mengontrol keputihan itu sendiri.

  • Bahan yang menyerap keringat

Jamur Candida berkembang dalam kondisi yang hangat dan lembab, seperti mulut, vagina, ketiak, selakangan, anus dan di bawah buah dada yang besar. Oleh sebab itu hindari pakaian dalam yang bermodel ketat. Pilih juga bahan- bahan yang mudah menyerap keringat, misal katun, untuk baju dalam anda. Hal ini untuk membantu mengurangi kelembaban di daerah-daerah ‘rawan’ tersebut

  • Khasiat daun sirih

Sirih ( Piper betle Linn), sudah biasa kita gunakan sebagai obat keputihan. Daunnya, dicuci lalu direbus. Air rebusan ini digunakan untuk membersihkan organ kewanitaan. Sirih sebenarnya bukan mengobati, tetapi menghilangkan gejala keputihan, yaitu rasa gatal dan bau tak sedap.

  • Mencoba akupunktur

Banyak wanita yang berhasil mengatasi keputihan dengan pengobatan alternatif. Salah satunya, akupunktur. Penggunaan jarum yang ditusukkan pada titik saluran energi pada meridien. Titik yang diaktifkan adalah Titik Limpa 6, titik yang berjarak 4 jari di atas mata kaki (kaki bagian dalam ).

Keputihan bisa juga diatasi dengan teknik pijat shiatsu atau akupresur. Prinsip pengobatannya sama dengan akupunktur. Bedanya, shiatsu dan akupresur tidak menggunakan jarum, tapi dengan jari-jari.

Risih Karena Si Putih (4)

  • Mengatur pola makan

Banyak ahli percaya, diet yang sehat bisa membantu mencegah infeksi seperti keputihan ini. Sebab makanan tertentu dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Caranya mengatur kondisi tubuh agar jamur tidak tumbuh subur. Antara lain dengan:

  • Kurangi makanan yang manis-manis, mengandung karbohidrat olahan (misal gula, kue, biskuit). Makanan seperti ini yang akan meningkatkan gula darah. Tambah makanan berserat, misal sayuran dan buah-buahan, daging tanpa lemak dan biji-bijian, Ini untuk meningkatkan daya tahan tubuh.
  • Stop makanan beragi (misal tape, roti, wine ). Karena makanan yang sudah terfermentasi begini akan meningkatkan keasaman tubuh. Kombinasi manis dan sangat asam akan merangsang pertumbuhan jamur penyebab keputihan,
  • Makanlah yoghurt, sekali sehari,kira-kira 3/4 gelas. Pilih yoghurt plain (tanpa tambahan gula dan rasa) dan pastikan yoghurt berisi bakteri Lacto-bactillus acidophilus (biasanya tertulis pada kemasannya,), Bakteri ini berfungsi sebagai pengontrol (baca: penghambat) perkembangbi-akan jamur Candida. Agar tak terlalu asam, bisa ditambahkan madu alam saat meminumnya. Lactobactillus acidophilus tersedia juga dalam bentuk kapsul. Bisa dibeli di toko-toko obat natural.
  • Pilihlah waktu minum yoghurt pagi- pagi, selagi perut masih kosong. Bila perut sudah terisi makanan lain , berarti konsentrasi asam lambung sudah meningkat. Peningkatan asam lambung ini dapat mematikan bakteri yoghurt. Aturan minum kapsul sama dengan minum yoghurt ini

Bagikan informasi tentang Risih Karena Si Putih kepada teman atau kerabat Anda.

Risih Karena Si Putih | Caca.co.id

Komentar dinonaktifkan: Risih Karena Si Putih

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
SIDEBAR