Kontak Kami

( pcs) Checkout

Beranda » Artikel Terbaru » Resep Alami untuk Menenangkan Saraf

Resep Alami untuk Menenangkan Saraf

Diposting pada 20 Mei 2016 oleh khanza
  • Herba Kangkung (Ipomoeae aquaticae Herba)

Resep Alami untuk Menenangkan Saraf (3)

Yang dimaksud dengan herba adalah seluruh bagian tumbuhan yang terdapat di atas permukaan tanah, Herba kangkung Ini dapat manjadi obat penenang saraf, sulit tidur dan sakit kepala (Parry, L M,, 1980). Dalam buku Pemanfaatan Tanaman Obat, Dapkas RI, 1983, juga disebutkan bahwa herba kangkung yang dimakan sabagai masakan sayur dapat dimanfaatkan manjadi obat bagi saseorang yang sukar tidur

  • Bunga Jeruk Mania (Citri aurantii Flos)

100 gr bunga jeruk manis segar direbus dalam 100 ml air selama 15 menit, sampai keluar uapnya. Tunggu sampai dingin, lalu kekurangan airnya ditambah dengan air masak sampai volumenya kembali menjadi 100 ml. Sepertiga diminum pagi, sepertiga siang, dan sepertiga malam hari. (Perry, L.M., 1980)

  • Wortel (Dauci Radix)

Resep Alami untuk Menenangkan Saraf (4)

Jika perasan wortel diminum akan enak tidur, sehingga rasa resah, gelisah dan khawatir dapat terlupakan.

  • Buah Cabe Jamu (Retrofracti Fructus) dan Rimpang Lempuyang (Zingiberis aromatic Rhizoma)

Potong-potong tipis dan keringkan satu buah cabe jamu dan 10 gr rimpang lempuyang wangi, lalu ditumbuk. Rebus dengan air sebanyak 300 ml (satu gelas). Ditambah gula Jawa secukupnya agar sedap rasanya.

  • Akar V alerian

Resep Alami untuk Menenangkan Saraf (5)

Keringkan dan hancurkan 10 gr akar valerian. Rebus dalam 300 ml air selama 15 menit sampai keluar uapnya. Biarkan dingin. Kekurangan air diganti dengan air masak sampai volume kembali 300 ml lagi. Diminum tiga kali sehari, masing- masing 100 ml. (WHO, 1999)

Selain herba tadi, ada herba impor yang bisa diperoleh di toko-toko obat (drugstore) yang menjual suplemen.

  • Kava

Tumbuhan ini nama latinnya Piper methysticum, anggota keluarga tanaman lada yang merupakan tumbuhan asli di Pasifik Selatan.

Khasiat: Penenang alami.

Cara kerja : Diyakini menghasilkan efek menyentak di amygdala atau “pusat alarm” otak

Fakta : Tahun 1997, dalam buku Pharmacopsychiatry disebutkan, telah diujikan terhadap 101 pasien yang dipilih secara acak untuk mengkonsumsi 70 mg kavalactones (komponen kava aktif) atau mengkonsumsi placebo tiga kali sehari selama 25 minggu. Hasilnya, kava dalam jangka pendek atau panjang, lebih baik ketimbang placebo.

Dosis : Dimulai dengan dosis 70 sampai dengan 85 mg per hari (kavalactones 70%) diminum sore hari

Peringatan : Tidak boleh dicampur dengan alkohol, obat antidepresi kimiawi, obat penenang benzodiazepine atau obat tidur. Jangan mengkonsumsi kava jika Anda mengidap parkinson, karena akan memperlemah otot dan menimbulkanmketegangan.

Mengkonsumsi dosis tinggi (lebih kurang 10 kali dosis normal) dapat menyebabkan kulit kuning dan bersisik, otot kejang,biokimia tidak normal, gangguan penglihatan dan napas tersengal.

  • Siberian Ginseng

Tumbuhan dengan nama latin Eleutherococcus senticosus ini merupakan anggota keluarga ginseng yang diyakini sebagai tumbuhan adaptogen (dapat meningkatkan kekebalan tubuh, atau memperkuat syarat dan sistem kelenjar, serta membangun daya tahan terhadap stres).

Khasiat: Membantu tubuh menyesuaikan diri terhadap stresdan mengurangi kelelahan.

Cara kerja: Meningkatkan oksigen dan metabolisme gula darah serta fungsi kekebalan.

Fakta : Sebuah penelitian di Uni Soviet pada 1977 memperlihatkan kondisi tubuh 1000 pekerja yang stres menjadi lebih baik setelah mengkonsumsinya. Antara lain ditunjukkan dengan meningkatnya kesehatan dan stamina pekerja tersebut.

Dosis: Konsumsi 180-360 mg per hari ekstrak ginseng tersebut dalam dua dosis yang berbeda. Dua sampai tiga bulan dikonsumsi setiap hari, kemudian selama dua minggu dihentikan sebelum dikonsumsi kembali.

Perhatian : Ginseng merupakan stimulan, karena itu tidak dianjurkan untuk diminum sebelum tidur. Jika Anda menderita hipertensi, konsultasikan dengan dokter sebelum mengkonsumsinya. Ginseng tidak digunakan untuk stres yang berat.Efeknya jangka panjang. Jangan dikacaukan dengan panax ginseng yang meningkatkan cortisol, atau hormon stres tubuh.

  • St John’ sWort

Resep Alami untuk Menenangkan Saraf (6)

Nama latinnya Hypericum perforatum, merupakan tumbuhan hijau dengan bunga kuning cerah.

Khasiat : Digunakan untuk mengurangi kecemasan dan depresi.

Cara Kerja: Memperkuat aktivitas neurotransmitters—serotonin, norepinphrine dan dopamine, serta meningkatkan aktivitas asam gamma-aminobutiric atau GABA, yang secara alamiah memberikan efek penenang pada otak.

Fakta: Tumbuhan St. John’s Wort yang diujikan terhadap 1008 pasien terbukti efektif mengurangi depresi tingkat menengah .dan parah dengan efek samping yang hampir tidak ada

Dosis: Dosis 300 mg ekstrak tumbuhan tersebut (atau setara dengan 0,3% hypericin, zat aktif dalam tumbuhan itu)dikonsumsi tiga kali sehari.

Perhatian : Konsumsi selama enam minggu. Jangan dikonsumsi bersamaan dengan obat antidepresan resep dokter terutama yang disebut MAO, termasuk Nardil (phenelzine) Parnate (tranycypromme)—karena dapat memicu hipertensi.Jika Anda menghentikan obat anti depresan yang diresepkan dokter, tunggu sekurangnya 4 minggu sebelum mengkonsuns St John s Wort. Jangan mengkonsumsi lebih dari 1800 sehari tanpa pengawasan dokter

Incoming search terms:

  • CS 1
  • CS 2
  • CS 3

Bagikan informasi tentang Resep Alami untuk Menenangkan Saraf kepada teman atau kerabat Anda.

Resep Alami untuk Menenangkan Saraf | Caca.co.id

Komentar dinonaktifkan: Resep Alami untuk Menenangkan Saraf

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
SIDEBAR
 
error: Content is protected !!