• Kontak Kami
  • Hotline : 083811131344
  • SMS : 083811131344
  • BBM : 5C58CBCC

Kontak Kami

( pcs) Checkout

Beranda » Artikel Terbaru » Rahasia Madu untuk Kesehatan

Rahasia Madu untuk Kesehatan

Diposting pada 9 April 2015 oleh khanza

Rahasia Madu untuk Kesehatan

MADU adalah suatu cairan kental yang mempunyai rasa manis dan lezat, berwarna kuning terang atau kuning tua keemasan yang dihasilkan oleh lebah. Madu alami umumnya terbuat dari “nectar” yaitu suatu cairan manis yang terdapat di dalam “mahkota bunga” yang biasa diserap oleh lebah yang kemudian disimpan di dalam sarang untuk diolah menjadi “bahan persediaan” makanan utama bagi lebah atau tawon.

Madu alami tidak hanya digunakan sebagai pemanis, tetapi juga dapat digunakan sebagai pengawet sayuran, buah-buahan, minuman, dan kue-kue. Madu alami merupakan satu-satunya bahan pemanis dan pengawet yang dapat langsung dikonsumsi, dimakan atau digunakan tanpa harus diolah terlebih dahulu.

Dulu, madu dikenal sebagai minuman yang berkhasiat yang dapat membuat orang awet muda. Di TimurTengah, khususnya bagi kaum yang melarang umatnya untuk minum-minuman keras beralkohol karena dilarang agama, mereka menggunakan madu untuk menjaga kesehatannya. Madu sebagai minuman juga telah disebutkan dalam kitab suci orang Arab dan India. Orang Persia (Iran atau Irak) juga menyatakan bahwa mereka menjadi awet muda berkat sering minum campuran susu dengan madu alami. Bahkan para penganut agama Islam yang taat (kaum muslimin) juga percaya bahwa madu adalah minuman halal yang mempunyai khasiat dan dapat membuat manusia yang mengonsumsinya awet muda dan panjang umur. Konon, Hipocrates bapak kedokteran selalu membiasakan diri untuk minum madu alami secara teratur dan hasilnya selalu sehat walfiat dan dapat mencapai usia 107 tahun. Ibnu Sina, seorang ilmuwan atau tokoh tabib yang termasyur dari dunia timur yang oleh tokoh kedokteran di dunia barat lebih dikenal dengan nama Avieena menganjurkan agar siapa yang ingin selalu sehat minumlah madu alami secara teratur.

Membantu pencernaan

Madu alami mengandung enzim-enzim yang membantu proses pencernaan dalam tubuh manusia. Enzim-enzim tersebut adalah invertase (mengubah sukrosa menjadi dekstrosa dan levulosa), enzim Desmutase mengubah tepung menjadi maltosa, enzim katalase , enzim inulase, enzim maltase dll.

Komposisi madu

Madu asli terdiri dari 17 persen air, 40 persen levulosa (gula buah/fruktosa), 34 persen dekstrosa (gula buah anggur), dua persen sukrosa, dan juga mengandung Cu, Kalsium, kalium, Pospor, Sulfur, Magnesium, zat besi, Clorine, dll.

Madu alami mempunyai daya penyembuh yang efektif ter­hadap gejala-gejala penyakit seperti panas dalam, sariawan, flu, influenza, demam, batuk-batuk. Untuk pengobatan penyakit ini dapat digunakan madu asli ataupun dicampurkan dengan bahan lainnya. Campuran yang sering digunakan adalah susu hangat, sari jeruk peras. Biasanya satu buah jeruk nipis untuk 100 g madu (tiga sendok makan penuh).

Madu sebagai obat lambung

Madu alami dapat digunakan sebagai obat lambung. Menu­rut para ahli diketahui bahwa madu mengandung mineral seperti Mangan, Besi yang secara teori sangat efektif dalam mengurangi derajat keasaman/pH. Oleh karena itu, madu dapat mencegah kerusakan lambung dan usus. Warna madu ternyata terkait dengan kandungan mineralnya. Semakin gelap warna

Madu sebagai obat hipertensi

Madu juga mengandung “asetilkolin” yang dapat membe­rikan efek “kolinergik” (menyejukkan dan juga melancarkan peredaran darah serta menurunkan tekanan darah yang tinggi). Di dalam madu alami juga terdapat bahan-bahan seperti Royal Jelly, Bee Pollen, Madu super, dan Propolis.

Royal Jelly

Royal Jelly merupakan cairan pekat seperti cream berwarna putih susu dan berbau tajam rasanya agak asam dan agak pahit Cairan ini konon adalah makanan “ratu lebah” yang diproduksi oleh lebah pengasuh melalui proses metabolisme dengan bahan baku madu (nectar dan pollen). Penggunaan Royal Jelly dalam dunia pengobatan pertama kali direkomendasikan oleh Prof. Chauvin dari University of Sorbone, Perancis tahun 1922. Royal Jelly dapat mengurangi “tremor” (jari tangan gemetar), khususnya pada penderita Parkinson, serta dapat menurunkan kolesterol darah serta dapat pula meningkatkan fungsi seksual pria.

Bee Pollen

Bee Pollen adalah serbuk sari bunga yang dikumpulkan oleh lebah sebagai cadangan makanan. Bee Pollen ini mengandung asam-asam amino esensial, Vitamin A,B,C, D, dan E, hormon per­tumbuhan, hormon reproduksi dan zat aktif sejenis alkaloid yang berfungsi menstabilkan proses regenerasi dan rehabilitasi sel.

Propolis

Propolis adalah getah atau semacam bahan perekat yang berwarna cokelat yang digunakan untuk menempelkan sel-sel pembentuk sarang lebah. Propolis ini berasal dari getah tum­buhan yang memiliki zat antibiotika.

Resep untuk mengatasi sulit tidur atau stres

Ambil setengah gelas air hangat, kemudian campurlah dengan dua sendok makan madu dan satu sendok teh perasan jeruk nipis, aduk campuran tersebut dan minum. Bagi Anda yang senang dengan susu murni, Anda dapat mengganti setengah gelas air hangat dengan segelas gelas susu hangat, hasilnya akan lebih baik lagi.

Untuk tetap bugar dan sehat

Bagi Anda yang sibuk dan pekerja berat, maka kondisi yang prima harus dijaga. Bagi Anda yang berusia di atas 40 tahun, dianjurkan untuk selalu minum 3-4 sendok makan madu asli setiap harinya (sehari tiga kali minum, satu kali minum 1 sen­dok makan).

Bagikan informasi tentang Rahasia Madu untuk Kesehatan kepada teman atau kerabat Anda.

Rahasia Madu untuk Kesehatan | Caca.co.id

Komentar dinonaktifkan: Rahasia Madu untuk Kesehatan

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
SIDEBAR