• Kontak Kami
  • Hotline : 083811131344
  • SMS : 083811131344
  • BBM : 5C58CBCC

Kontak Kami

( pcs) Checkout

Beranda » Artikel Terbaru » perawatan kulit bermasalah

perawatan kulit bermasalah

Diposting pada 9 April 2015 oleh khanza

perawatan kulit bermasalah

. Kulit kering

Kulit kering akibat berkurangnya aktivitas kelenjar minyak {sebum) di dalam jaringan dalam kulit. Kulit disebut kering kalau terasa keras, ada serpihan, dan mudah terkelupas. Beberapa orang mudah mengalami kekeringan kulit akibat, usia tua, deterjen, penyakit kronis, kebanyakan menggunakan sabun antiseptik, dan terpajan sinar matahari. Lingkungan yang kering seperti ruang ber-AC dan dalam kabin pesawat menvebabkan kulit kehilangan cairan.

Untuk mengatasi hal ini, kulit harus dirawat dcngan mengonsumsi makanan yang bergizi, cukup vitamin, dan mineral. Hindari penyebab dan gunakan pelembap secara teratur.

Dalam perawatan sehari-hari, sebaiknya difokuskan pada mempertahankan kelembapan kulit dan mempertahankan keseimbangan kelenjar minyak pada kulit wajah. Untuk itu, pelembap atau kosmetika yang dipilih harus sesuai dengan jenis kulit kering. Sebaiknya dihindari pemakaian pelembap yang mengandung alkohol dan deterjen.

Agar wajah kelihatan bersih, setiap pagi dan malam hari dibersihkan dari segala kotoran, bekas tata rias untuk kaum wanita atau sisa serpihan kulit, menggunakan pembersih pH untuk kulit kering agar tidak terjadi iritasi. Pembersih yang mengandung minyak zaitun sangat dianjurkan. Setelah kulit bersih, gunakan penyegar yang mengandung bahan akdf untuk merangsang sel-sel baru.

atau W tipis-tipis. Pada perawatan mingguan, gunakan masker pembersih untuk mengurangi minyak berlebihan. Masker tanah liat baik untuk membantu merapatkan pori- pori.

  1. Garis regangan (striae)

Kulit biasanya elastis dan dapat meregang seperlunya untuk menyesuaikan perubahan bcrat badan atau masa yang dibungkusnya. Tetapi, jika perubahannya terlalu cepat, seperti ketika hamil atau tubuh yang mendadak naik bobotnya (sangat gemuk), jaringan elasdsitas kulit tidak mampu lagi mengatasinya, kulit akan meregang dan sobek, meninggalkan bekas berupa garis regangan. Garis regangan ini sering terjadi pada perut, payudara wanita hamil, paha, pinggul, dan bokong.

Garis regangan ini tidak bisa disembuhkan, konsistensi kulit seperti jaringan parut akan begitu selamanya, tetapi lama kelamaan akan memudar. Tindakan pencegahan dengan menurunkan berat badan akan mengurangi kemungkinan terjadinya striae.

  1. Kulit keriput

Mengapa kulit yang dulu kenyal sepcrti kulit bayi, mcnjadi keriput setelah berusia tua? Sebabnya, kelembapan yang diberikan oleh kelenjar minyak dan daya elastisitas dari serabut kulit telah jauh menurun. Kulit menjadi lebih tipis dan mengeriput. Cepat atau lambatnya pengeriputan kulit tergantung dari faktor keturunan, kondisi di dalam tubuh, tingkat stres, dan perlindungan atau perawatan yang diberikan terhadap kulit. Lakukan perawatan dcngan baik agar tidak terjadi keriput dan cegah kerusakan jika sudah terjadi keriput. Kulit keriput harus mendapat perlindungan dari sengatan sinar matahari. Harus cukup istirahat dan ddak boleh terkena stres.

Berbagai krim ajaib anti-ketuaan menjanjikan pemulihan kulit keriput. Beberapa dari krim tersebut hanya berupa emolien (pelembut kulit) canggih yang hanya mengisi kulit dengan cara lebih banyak menahan air. Jenis lain berupa zat aksfoliasi yang mengandung bahan kimia untuk memperlancar pembuangan sel-sel kulit mati dari permukaan kulit, schingga kulit baru cepat muncul, lebih sehat, dan segar.

Lapisan kulit yang tebal memungkinkan kulit menahan kelembapan dan elastisitasnya, sehingga kulit tampak lentur dan muda. Dalam 1—2 tahun terakhir ini ditemukan tablet berisi protein hewani yang didengungkan dapat mempertebal lapisan dermis kulit (kulit ari).

Cara lain adalah dengan penyundkan kalagen di bawah kulit untuk mengisi keriput. Tetapi, efeknya tidak permanen, hanya bertahan 6-le bulan. betelah ltu kulit akan kembali mengisut. Bedah kosmetdka dapat dilakukan untuk mcngoreksi kcriput. Hasilnya sangat memuaskan jika dilakukan oleh dokter ahli. Tetapi, bedah kosmetika ini pun hanya bertahan selama 5-7 tahun, berisiko terjadinya infeksi dan jaringan parut, serta komplikasi serius.

  1. Bau badan

Berkcringat adalah usaha badan untuk mengatur suhu tubuh. Keringat mengandung air, garam, dan zat-
zat sisa dari dalam badan. Keringat bisa bcrbau dan bisa tidak. Bau yang tidak sedap akan datang bersama bau badan yang disebabkan oleh aktivitas bakteri. Cara efektif mengurangi bau badan adalah mandi dengan sabun anti- bakteri, paling sedikit sekali sehari. Cara ini akan membuang keringat yang basi dan mengontrol pertumbuhan bakteri. Bcrsihkan daerah ketiak, putting susu, lipat paha, dan tempat-tempat yang banyak mengandung kelenjar keringat.

Menggunakan deodor an.

Deodoran akan menutupi bau badan akibat keringat

Gunakan deodoran dan anti-perspirant untuk

mengontrol bau badan. Deodoran akan menutupi bau badan yang timbul akibat keringat, biasanya mengandung sedikit anti-kuman yang dicampur dcngan wewangian, atau kombinasi garam alumunium dengan parfum. Sedangkan anu-perspirant berguna mengurangi aliran keringat dan mcnekan bau badan sepanjang hari. Coba dulu deodoran, jika hasilnya kurang memuaskan, ganti dengan perspirant. Beberapa produk mengandung kombinasi kedua zat tersebut.

Jika menderita bau badan, kurangi pemakaian parfum atau bedak. Karena bedak dan parfum akan menyatu dengan keringat dan bakteri yang dapat mcnimbulkan bau asam. Kenakan pakaian, celana dalam, dan kaus kaki dari bahan katun yang dapat membuat kulit bernafas ketika cuaca sedang panas.

Selain itu, menggunakan minyak esensial yang mengandung antiseptik baik untuk menghilangkan bau badan, aroma dapat disesuaikan dengan selera. Campurkan beberapa tetes minyak aroma terapi ke dalam air yang sudah dipersiapkan ke dalam wadah yang akan digunakan untuk berendam atau membilas tubuh. Minyak aroma terapi bisa berupa minyak chamomile, minyak calenduca, minyak sage, minyak tea tree. Minyak-minyak ini selain mampu mengusir bakteri, juga menyejukkan badan.

Pakaian luar dan pakaian dalam disarankan agar tidak terlalu ketat. Selain dapat mcmberi rasa nyaman, pakaian yang tidak terlalu ketat tetap terjaga kebersihannya. Sebab pakaian dalam dan pakaian luar yang tidak terjaga kebersihannya akan memicu keringat dan menjadi bau.

Bcrsihkan bulu di ketiak. Kerjakan dengan hati-hati agar tidak tcrjadi luka. Kulit ketiak yang terluka merupakan sasaran empuk bagi bakteri dan jamur untuk bcrsarang pada lipatan tubuh dan akan menyebarkan bau yang tidak sedap.

Incoming search terms:

Bagikan informasi tentang perawatan kulit bermasalah kepada teman atau kerabat Anda.

perawatan kulit bermasalah | Caca.co.id

Komentar dinonaktifkan: perawatan kulit bermasalah

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
SIDEBAR