• Kontak Kami
  • Hotline : 083811131344
  • SMS : 083811131344
  • BBM : 5C58CBCC

Kontak Kami

( pcs) Checkout

Beranda » Artikel Terbaru » si mungil yang bermanfaat

si mungil yang bermanfaat

Diposting pada 11 April 2015 oleh khanza

si mungil yang bermanfaat

 

Anggur

 

 

Buahnya yang ranum memikat setiap orang yang melihatnya. Daging buahnya yang berasa asam manis-manis sepet memang mengasyikan di lidah, makanya buah ini sering terhidang di meja makan. Buahnya juga bisa dimakan langsung. Namun, apakah anda tahu di balik kelezatannya itu, anggur ternyata bermanfaat bagi tubuh?

Buah anggur termasuk famili Vitaceaedan genus Vitis. Bentuk buah bulat kecil, atau mendekati lonjong, dengan kulit berwarna merah kehitaman, hijau, kuning keemasan, atau ungu. Jenis asam pada anggur adalah asam maleat dan sitrat. Penyebab rasa manis anggur adalah tingginya kadar glukosa dan fruktosa

Tanaman anggur diduga berasal dari sekitar Laut Hitam dan Laut Kaspi, menyebar ke Amerika Utara, Amerika Selatan, dan Eropa, selanjutnya ke Asia -termasuk Indonesia. Secara umum, anggur merupakan tanaman yang merambat. Ketinggian tempat yang baik adalah tidak lebih dari 300 meter di atas permukaan laut(mdpl).

Di Indonesia, tanaman anggur telah dibudidayakan secara luas di Probolinggo, Situbondo, Banyuwangi, Palu, Malang, Pasuruan, Panarukan, Buleleng, U|n Kupang. Menurut Food and Agriculture Organization (FAO), 71 persen dari total produksi anggur dunia digunakan untuk pembuatan wine, 27 persen sebagai buah segar, dan 2 persen sebagai buah kering.

 

Bagaimana Memilih Anggur yang Baik?

Ciri-ciri buah yang layak untuk dipilih adalah: dompolan buah padat, ukuran buah seragam, buah masih menempel erat pada tangkainya, butiran buah gemuk (besar), rasanya sangat enak, manis, dan segar, permukaan anggur yang baik adalah licin dan diselimuti bedak pada kulitnya untuk melindungi dari sengatan matahari langsung.

Ciri-ciri buah yang tidak layak dipilih adalah: tangkai buah sudah mengering, kulit keriput atau layu, buah pecah, lecet atau busuk, terjadi perubahan warna (kusam), pangkal buah memucat, timbul bercak, terdapat jamur pada tangkai atau butiran buahnya.

Ketika hendak membeli anggur, perlu diingat bahwa buah ini tidak akan menjadi lebih masak bila sudah dipetik dari pohonnya. Karena itu, makin cepat dikonsumsi akan semakin baik. Semakin lama disimpan, anggur akan kehilangan kerenyahan dan rasa khasnya.

Anggur sebaiknya disimpan di lemari pendingin agar kerenyahan dan rasanya tetap terjaga. Mengingat hampir semua anggur yang dijual di pasar swalayan saat ini sudah terkontaminasi pestisida, berhati-hatilah dalam memilih dan mengonsumsinya. Dan untuk mengurangi kadar residu pestisida, anggur harus dicuci bersih sebelum dikonsumsi.

APA manfaat anggur ?

Di balik kelezatannya, buah anggur memiliki khasiat kandungan dan manfaat yang bagus untuk kesehatan. Buah anggur kaya antioksidan yang diyakini kalangan luas sebagai pelindung sel dari radikal bebas penyebab penyakit degeneratif, seperti penyakit jantung, kanker, dan beberapa penyakit akibat penuaan.

Anggur juga disebut mengandung karotenoid dan likopen yang tinggi.

Kedua zat kimia ini dikenal luas akan kemampuannya menghambat berbagai

penyakit tubuh. Kandungan vitamin C, B6, K, dan B1 dalam anggur juga tinggi dengan khasiat yang luar biasa bagi tubuh. Vitamin C buah anggur dapat meningkatkan imunitas dan penyembuhan luka.

Kandungan B6 pada anggur juga sangat penting untuk otak agar dapat berfungsi normal. Kulit anggur juga memiliki kandungan resveratrol yang merupakan sumber penting dari flavonoids, termasuk katekin, quercetin, prosianidin, dan antosianin.

Khasiat lain yang dimiliki anggur adalah untuk mengatasi kelelahan dan hipoglikemi karena kandungan gula alaminya yang sangat tinggi, terutama dalam bentuk glukosa dan fruktosa. Jus anggur dipercaya dapat mencegah dan membantu penyembuhan beberapa penyakit infeksi virus seperti influenza, polio, dan herpes.

Resveratrol ditemukan pada sebagian besar kulit buah anggur.

 

Penelitian beberapa tahun terakhir menyimpulkan, resveratrol kemungkinan dapat membantu awet muda dan mencegah kanker. Kandungan zat gizinya tergolong excellent dan mampu menangkal berbagai penyakit. Manfaat lain, buah ini dapat meningkatkan gairah seks dan melelapkan tidur.

Menurut penelitian, anggur dikenal sebagai buah-buahan yang mempunyai nilai gizi yang luar biasa, terutama kandungan vitaminnya, seperti vitamin C, vitamin B1, vitamin B6, dan mineralnya. Kandungan gizi anggur antara lain, energi, protein, lemak, karbohidrat, serat, gula, kalsium, besi, magnesium, fosfor, vitamin, dan kalium.

Kandungan mangan pada anggur termasuk kategori excellent karena mempunyai nilai densitas nutrisi yang tinggi. Mangan diperlukan tubuh dalam sintesis energi, sehingga membantu menjaga kestabilan gula di dalam darah. Mangan juga diperlukan tubuh untuk metabolisme lemak dan pembentukan jaringan ikat dan tulang.

Kandungan vitamin C pada anggur cukup baik. Vitamin C dikenal sebagai senyawa utama tubuh yang dibutuhkan dalam berbagai proses penting, mulai dari pembuatan kolagen (protein berserat yang membentuk jaring ikat pada tulang), pengangkutan lemak, pengangkut elektron dari berbagai reaksi enzimatik, pemacu gusi sehat, pengatur tingkat kolesterol, serta pemicu imunitas. Selain itu, vitamin C diperlukan tubuh untuk penyembuhan luka dan meningkatkan fungsi otak agar dapat bekerja maksimal.

Kandungan vitamin B6 pada anggur penting untuk otak agar dapat berfungsi normal, membantu membentuk protein, hormon, dan sel darah merah, sedangkan thiamin berperan untuk berfungsinya sistem saraf. Thiamin juga merupakan antiberi-beri dan anti-neuritic

Bagikan informasi tentang si mungil yang bermanfaat kepada teman atau kerabat Anda.

si mungil yang bermanfaat | Caca.co.id

Komentar dinonaktifkan: si mungil yang bermanfaat

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
SIDEBAR