• Kontak Kami
  • Hotline : 083811131344
  • SMS : 083811131344
  • BBM : 5C58CBCC

Kontak Kami

( pcs) Checkout

Beranda » Artikel Terbaru » MINYAK PALA KAYA MANFAAT

MINYAK PALA KAYA MANFAAT

Diposting pada 5 Mei 2015 oleh khanza

MINYAK PALA KAYA MANFAAT

 

pala memiliki nilai ekonomis tinggi, selain itu setiap bagian tanaman pala dapat di manfaat kan dalam berbagai industri.

biji pala,dan fuli pala merupakan komoditas ekspor dan digunakan dalam industri makanan dan minuman.selain biji pala dan fuli pala,minyak pala juga sangat bermanfaat dan memliki nilai ekonomis tinggi. minyak pala telah di kenal sejak zaman dahulu sebagai bahan obat yang berguna. khasiat minyak pala sebagai obat pada industri farmasi modern misalnya membuat balsam gosok,sirup obat batuk, minyak urut,dan sebagainya .

komponen dalam buah pala yang paling banyak mengandung minyak pala adalah biji dan fuli,yang di dapatkan melalui proses penyulingan.pada biji pala utuh memiliki kandungan yang beragam dari 25-40%.sedangkan pada fuli ,persentase kandungan minyaknya pada 20-30%.

MINYAK ATSIRI

Menurut badan pangan dunia FAO dalam situsnya, minyak yang dihasilkan dari buah pala terdiri atas dua jenis yaitu minyak atsiri (essential oil) dan minyak lemak (fixed oil) yang disebut nutmeg butter. Namun, yang sering digunakan adalah minyak atsiri.

Minyak atsiri mempunyai kandungan senyawa atau zat yang lebih banyak, sehingga banyak digunakan sebagai bahan baku industri. Selain itu, minyak atsiri mengandung senyawa yang mempunyai pengaruh sebagai psikotropika yang bersifat farmakologis.

Minyak atsiri pala ini berupa cairan yang tidak berwarna atau kuning pucat serta memiliki rasa dan bau yang menyerupai pala, diperoleh dengan proses distilasi. Bahan baku biji dan fuli pala yang digunakan biasanya berasal dari biji pala muda sebab kandungan minyak atsirinya lebih tinggi daripada biji serta fuli buah yang telah tua.

KANDUNGAN DAN MANFAAT MINYAK BIJI PALA

Dalam sebuah jurnal penelitian mengenai Teknologi Pengolahcm Pala tahun 2007 yang dilakukan Nanan Nurdjannah dari Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, disebutkan bahwa terdapat 25 komponen yang teridentifikasi dalam minyak pala, atau sejumlah 92,1% dari total minyak yang diperoleh dengan cara penyulingan. Beberapa di antara komponen utamanya adalah trimyristin, terpen, terpen alcohol dan fenolik eter, dan Camphene.

Salah satu zat yang terkandung dalam minyak pala, Camphene, banyak digunakan dalam berbagai industri.

Zat ini memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan insektisida yang kuat. Camphene banyak digunakan dalam industri dan manufaktur. Camphene dapat dikonversi menjadi senyawa lain, digunakan dalam pembuatan kapur barus, obat-obatan farmasi, dan camphene sendiri telah terbukti dapat mencegah atheromatosis pada aorta beberapa hewan. Selain itu, zat lain dalam minyak pala juga digunakan untuk wewangian (bahan dasar parfum), minyak pinus sintetis, sabun, antiseptic, dan dapat juga digunakan sebagai analgesik gigi.

MINYAK PALA UNTUK KESEHATAN

Minyak pala juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Minyak yang terkandung secara alami dalam buah pala mengandung berbagai macam zat yang membantu menjaga imun tubuh, lalu kalium, kalsium, zat besi dan magnesium. Berikut ini manfaatnya untuk kesehatan seperti dikutip dari situs care2 dan Livestrong.

  • MENJAGA FUNGSI OTAK DAN MENGURANGI STRES

Minyak pala diyakini dapat menstimulasi dan membantu
meningkatkan fungsi otak. Minyak pala dipercaya dapat membantu mengatasi gangguan mental seperti depresi, tekanan mental dan kelelahan mental.

  • MENGATASI NYERI SENDI (ARTHRITIS)

Digunakan sebagai obat luar, minyak pala membantu

meredakan nyeri sendi dengan memijat bagian sendi yang sakit dengan beberapa tetes minyak pala. Minyak pala memiliki sifat antiinflamasi (anti-radang) sehingga membantu mengobati rematikjika digunakan sebagai obat luar.

  • MENGOBATI SAKIT GIGI DAN GUSI

Minyak pala juga dapat digunakan untuk membantu meredakan sakit gigi. Ambil 1-2 tetes minyak pala lalu oleskan pada sekitar gigi dan gusi yang sakit menggunakan kapas atau cotton bud. Minyak pala bahkan telah digunakan pada beberapa produk pasta gigi.

  • MENGHILANGKAN LELAH DAN PEGAL-PEGAL

Minyak pala biasa digunakan sebagai minyak urut atau

minyak pijat untuk terapi pijat. Untuk tujuan inbiasanya minyak pala dicampur dengan minyak lainnya seperti minyak kelapa atau minyak zaitun, untuk mengurangi rasa panas minyak pala yang kuat. Sebagai minyak urut, minyak pala ampuh untuk mengatasi pegal-pegal dan memulihkan tube’ yang terasa lelah.

MENGOBATI GANGGUAN PENCERNAAN

Beberapa tetes minyak pala dicampur dengan

sesendok madu dapat mengatasi gangguan pencernaan, diare, dan radang saluran pencernaan (gastroenteritis), dan perut kembung

Incoming search terms:

Bagikan informasi tentang MINYAK PALA KAYA MANFAAT kepada teman atau kerabat Anda.

MINYAK PALA KAYA MANFAAT | Caca.co.id

Komentar dinonaktifkan: MINYAK PALA KAYA MANFAAT

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
SIDEBAR