• Kontak Kami
  • Hotline : 083811131344
  • SMS : 083811131344
  • BBM : 5C58CBCC

Kontak Kami

( pcs) Checkout

Beranda » Artikel Terbaru » Mengetahui Gejala dan Penyebab Penyakit Lupus

Mengetahui Gejala dan Penyebab Penyakit Lupus

Diposting pada 29 Januari 2016 oleh khanza

Gejala dan Penyebab Penyakit Lupus– Penyakit lupus adalah peradangan kronis yang terjadi ketika sistem imun tubuh menyerang organ dan jaringan tubuh. Peradangan yang disebabkan oleh lupus dapat berefek pada berbagai sistem di dalam tubuh, antara lain sendi, kulit, ginjal, sel darah, jantung dan paru-paru.

Mengetahui Gejala dan Penyebab Penyakit Lupus
Penyebab Penyakit Lupus:
Faktor Genetika
Adanya kecenderungan beberapa orang ditakdirkan mengalami lupus dan mengembangkan lupus dalam dirinya. Seperti yang telah saya sampaikan, penyebab penyakit lupus belum diketahui secara pasti, namun sebagian orang mengalaminya karena ada faktor genetika.

Sinar Matahari
Sinar matahari dapat menjadi salah satu faktor terjadinya lupus. Paparan sinar matahari dapat membawa pada lesi kulit lupus atau memicu respons internal pada orang yang rentan.

Konsumsi Obat-obatan
Lupus juga bisa terjadi karena penggunaan obat-obat antibiotik, anti kejang dan obat tekanan darah. Jika gejala lupus terjadi karena mengkonsumsi obat-obatan jenis ini lebih baik dihentikan terlebiih dahulu karena lupus yang diakibatkan oleh obat-obatan bisa hilang ketika penderita menghentikan penggunaan obat-obatan semacam itu.

Gejala Penyakit Lupus:
Lelah
Demam
Hilang berat badan atau berat badan meningkat
Ruam yang berbentuk seperti kupu-kupu pada wajah yang menutupi pipi dan hidung
Luka pada kulit yang timbul atau parah ketika terkena sinar matahari
Radang pada mulut
Rambut rontok
Jari dan kuku yang memutih atau membiru ketika terkena dingin atau saat stress (Raynaud’s phenomenon)
Napas pendek
Nyeri pada dada
Mata kering
Mudah memar
Gelisah
Depresi
Hilang ingatan

Pengobatan penyakit lupus:
Menghindari Paparan Sinar Matahari
Melindungi kulit dari sinar matahari sangatlah penting bagi penderita SLE. Ruam pada kulit yang dialami penderita SLE dapat bertambah parah jika terpapar sinar matahari.
Obat anti inflamasi nonsteroid
Nyeri sendi atau otot merupakan salah satu gejala utama SLE. Dokter mungkin akan memberi obat anti inflamasi nonsteroid untuk mengurangi gejala ini. Obat anti inflamasi nonsteroid adalah pereda sakit yang dapat mengurangi inflamasi yang terjadi pada tubuh. Jenis obat yang umumnya diberikan dokter pada penderita SLE meliputi ibuprofen, naproxen, diclofenac, dan piroxicam.
Obat imunosupresan
Cara kerja obat ini adalah dengan menekan kinerja sistem kekebalan tubuh. Ada beberapa jenis imunosupresan yang biasanya diberikan dengan resep dokter, yaitu azathioprine, mycophenolate mofetil, dan cyclophosphamide. Imunosupresan akan meringankan gejala SLE dengan membatasi kerusakan pada bagian-bagian tubuh yang sehat akibat serangan sistem kekebalan tubuh. Obat ini juga terkadang diberikan bersamaan dengan kortikosteroid. Jika dikombinasikan, keduanya dapat meringankan gejala SLE dengan lebih efektif. Penggunaan imunosupresan juga kemungkinan dapat mengurangi dosis kortikosteroid yang dibutuhkan penderita.

Bagikan informasi tentang Mengetahui Gejala dan Penyebab Penyakit Lupus kepada teman atau kerabat Anda.

Mengetahui Gejala dan Penyebab Penyakit Lupus | Caca.co.id

Komentar dinonaktifkan: Mengetahui Gejala dan Penyebab Penyakit Lupus

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
SIDEBAR