Kontak Kami

( pcs) Checkout

Beranda » Artikel Terbaru » Mengenal Lebih Jauh Tentang Penyakit Gondok

Mengenal Lebih Jauh Tentang Penyakit Gondok

Diposting pada 27 April 2016 oleh khanza

Penyakit Gondok merupakan sebuah penyakit yang ditandai dengan pembesaran kelenjar gondok/ tiroid (kelenjar yang memiliki bentuk seperti kupu-kupu dan terletak di bawah pangkal tenggorokan/ depan leher).

penyakit gondok

Penyebab Penyakit Gondok
Hipertiroidisme dan hipotirodisme. Penyakit gondok dapat terjadi karena kinerja kelenjar tiroid yang berlebihan (hipertiroidisme) atau menurun (hipotiroidisme). Keduanya akan memicu pembengkakan kelenjar tiroid. Hipertiroidisme umumnya disebabkan oleh penyakit Graves.

Defisiensi iodin
Iodin dibutuhkan kelenjar tiroid untuk memproduksi hormon tiroid. Zat ini dapat ditemukan dalam ikan, tiram, rumput laut, sereal, biji-bijian, serta susu sapi. Karena kekurangan iodin, kinerja kelenjar tiroid akan menurun dan mengalami pembengkakan.

Merokok
Asap tembakau yang mengandung senyawa tiosianat dapat memengaruhi kemampuan tubuh dalam memanfaatkan iodin.

Gejala Dan Tanda-Tanda Penyakit Gondok
Sakit pada tenggorokan
Adanya kenaikan suhu pada tubuh
Kerap kali merasakan dengungan di telinga
Mulut terasa nyeri dan kaku saat mengunyah makanan
Selera makan menjadi turun
Muncul tonjolan kecil pada bagian leher

Pembesaran yang terjadi pada kelenjar tiroid di sekitar leher bisa disebabkan adanya tumor jinak akibat adanya gangguan yang terjadi pada hormon tiroid. Benjolan tersebut juga bisa berubah menjadi tumor yang sangat ganas dan harus di buang dengan jalan operasi.

Untuk itu penting sekali menjaga diri agar tidak terjangkit penyakit ini karena jika penyakit yang diderita semakin parah, gondok bisa berubah menjadi kanker yang sangat ganas. Selain melakukan upaya pengobatan, yang lebih penting sesungguhnya adalah melakukan upaya pencegahan. Dengan demikian akan semakin meminimalisir munculnya penyakit tersebut.

Itulah beberapa penjelasan mengenai penyakit gondok. Semoga bermanfaat dan jagalah selalu kesehatan anda agar anda tidak terserang penyakit yang dapat menganggu aktivitas sehari hari.

Bagikan informasi tentang Mengenal Lebih Jauh Tentang Penyakit Gondok kepada teman atau kerabat Anda.

Mengenal Lebih Jauh Tentang Penyakit Gondok | Caca.co.id

Komentar dinonaktifkan: Mengenal Lebih Jauh Tentang Penyakit Gondok

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
SIDEBAR