• Kontak Kami
  • Hotline : 083811131344
  • SMS : 083811131344
  • BBM : 5C58CBCC

Kontak Kami

( pcs) Checkout

Beranda » Artikel Terbaru » Mengenal Lebih Jauh Tentang Penyakit Difteri

Mengenal Lebih Jauh Tentang Penyakit Difteri

Diposting pada 25 April 2016 oleh khanza

Penyakit Difteri merupakan penyakit infeksi akut yang disebabkan oleh kuman Corynebacterium diphteriae, juga banyak rnenyerang balita.Penularan difteri bisa terjadi karena percikan ludah orang yang mengidap penyakit tersebut mengenai orang lain yang belum terjangkit difteri. Melalui makanan atau benda yang terkontaminasi penyakit difteri juga bisa tertular. Penyakit difteri juga dapat menyerang kulit dan bisa sampai menyebabkan kerusakan saraf dan jantung.

Mengenal Lebih Jauh Tentang Penyakit difteri

Pada umumnya penyakit difteri menyebabkan gejala-gejala seperti panas, sesak nafas, nyeri telan pada tenggorokan, leher bengkak (bullneck), serta adanya selaput warna putih keabu-abuan di tenggorokan yang dapat menyumbat jalan nafas. Selain itu penyakit difteri dapat menghasilkan racun yang berbahaya karena dapat menyerang otot jantung, jaringan saraf dan ginjal.

Penyebab penyakit difteri ini merupakan bakteri. Orang yang telah menderita penyakit difteri harus segera disembuhkan karena dapat menular dan sangat mudah menular. Berikut cara mengatasi penyakit difteri :

Pemberian antibiotik
Antibiotik ini diberikan dengan tujuan membunuh bakteri yang menyebabkan difteri parah serta membantu menyembuhkan infeksi yang terjadi disaluran pernapasan. Pemberian obat jenis antibiotik ini disesuaikan dengan tingkat keparahan yang diderita. Semakin tinggi tingkat keparahannya maka semakin tinggi pula dosis antitoksin yang diberikan.
Pemberian antitoksin
Antitoksin diberikan dengan tujuan agar racun toksin atau difteri tidak mnyebar dalam tubuh penderita. Antitoksin diberikan pada penderita oleh dokter dengan hati-hati yaitu di cek terlebih dahulu apakah pasien alergi atau tidak terhadap obat antitoksin ini. Jika ternyata mengalami alergi maka dokter akan memberikan antitoksin dengan dosis yang sangat rendah terlebih dahulu. Kemudian setelah melihat reaksi perkembangan pasien, dokter akan memberikan antitoksin yang dosisnya lebih tinggi dengan tetap melihat perkembangan kondisi pasien.

Pengangkatan membran
Penderita yang mengalami kesulitan dalam bernapas karena hambatan membran abu-abu yang ada di dalam tenggorokan maka cara penyembuhannya dengan pengangkatan membran.

Incoming search terms:

Bagikan informasi tentang Mengenal Lebih Jauh Tentang Penyakit Difteri kepada teman atau kerabat Anda.

Mengenal Lebih Jauh Tentang Penyakit Difteri | Caca.co.id

Komentar dinonaktifkan: Mengenal Lebih Jauh Tentang Penyakit Difteri

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
SIDEBAR