• Kontak Kami
  • Hotline : 083811131344
  • SMS : 083811131344
  • BBM : 5C58CBCC

Kontak Kami

( pcs) Checkout

Beranda » Artikel Terbaru » Mengatasi sindrom premenstruasi

Mengatasi sindrom premenstruasi

Diposting pada 8 April 2015 oleh khanza

Mengatasi sindrom premenstruasi

A. Apa yang Harus Anda Waspadai?

Prementruation syndrom atau sindrom pre- menstruasi dicandai dengan sakit pada perut bagian bawah berupa mules, kram, bahkan ada yang sampai mual, muntah, pusing, dan pingsan. Beberapa wanita mengalami gangguan yang luar biasa setiap menjelang dan saat menstruasi ber­langsung hingga mereka tidak bisa melakukan kegiatannya sehari-hari.

Rasa sakit itu muncul dalam bentuk nyeri yang sangat di bagian perut, bahkan ada yang sampai kram perut. Wanita yang mengalami hal ini, perlu waspada. Segera periksa ke dokter, ada kemungkinan terjadi endome­triosis dalam tubuh . Jika disertai pendarahan sebelum masa haid tiba atau keluarnya darah dalam jumlah yang sangat banyak saat haid, kemungkinan ada kelainan di rahim/selaput dinding rahim, seperti miom (myoma uteri).

B.Bagaimana Cara Menangani dan Mencegahnya?

Banyak wanita yang tidak secara terus menerus mengalami PMS. Hal ini bisa dikarena­kan penyebab PMS sudah ditemukan dan dilaku­kan penanganan. Untuk itu, lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan secara rutin agar dapat terdeteksi ada tidaknya kelainan atau gangguan tertentu sehingga tidak mengalami PMS. Selain itu. jaga kebersihan organ genital, baik dalam hubungan seksual maupun saat buang air besar dan buang air kecil.Tindakan lainnya untuk men­gurangi risiko ini adalah olahraga dan hidup lebih rileks sehingga aliran darah tubuh lancar karena mempengaruhi aliran darah dalam organ re- produksi.Termasuk pola makan yang memenuhi gizi seimbang sehingga semua kebutuhan tubuh akan zat-zat gizi terpenuhi, terutama kebutuhan zat besi yang diperlukan saat wanita sedang haid.

Periksakan ke dokter kandungan, jika gang­guan ini selalu atau sering dialami. Dokter akan memeriksa organ reproduksi Anda, baik melalui pemeriksaan dalam atau USG. Jika dicurigai adanya gangguan atau kelainan, dokter akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut, misalnya

melakukan pemerik­saan laporoskopi atau memberikan obat-obatan tertentu tergantung diagnosa gangguannya. Jika sebabnya sudah ditangani maka yang bersangkutan tidak akan menderita PMS lagi.

Berikut ini beberapa hal yang dapat dilaku­kan jika Anda mengalami PMS.

 Perhatikan konsumsi makanan

Makanlah secara teratur dalam porsi kecil, tetapi sering.Tindakan ini bisa mengatasi timbulnya rasa mual dan menjaga kestabilan kadar gula darah dalam tubuh. Mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dapat merangsang otak agar mengeluarkan hormon serotonin yang bisa membantu menjaga kestabilan emosi.

Selain itu. makanlah makanan yang mengand­ung vitamin B6. vitamin E, dan kalsium untuk mengurangi timbulnya mual.Vitamin-vitamin ini dapat mengurangi rasa tidak nyaman akibat payudara yang membengkak dan menjaga kes­tabilan emosi. Kurangi konsumsi kafein, seperti kopi. teh. atau minuman bersoda. Kafein bisa memperburuk keadaan di saat menjelang haid, seperti sakit kepala. Kurangi makanan yang di­awetkan, cemilan yang rasanya gurih, dan garam.

Terima haid sebagai gaya hidup

Cobalah untuk menyesuaikan diri terhadap berbagai perubahan selama haid. Jangan menganggap saat haid sebagai beban, tetapi sebaliknya bersyukurlah bahwa Anda adalah wanita normal.

Rencanakan kegiatan

Susun jadwal kerja sehingga fisik dan mental pada saat menjelang haid tidak terlalu mendapat beban.

Lakukan olahraga secara teratur

Lakukan olahraga secara teratur untuk mel­ancarkan peredaran darah, kebugaran tubuh, dan rileks. Dengan demikian, ketegangan fisik dan mental bisa dihindari.

Bagikan informasi tentang Mengatasi sindrom premenstruasi kepada teman atau kerabat Anda.

Mengatasi sindrom premenstruasi | Caca.co.id

Komentar dinonaktifkan: Mengatasi sindrom premenstruasi

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
SIDEBAR