• Kontak Kami
  • Hotline : 083811131344
  • SMS : 083811131344
  • BBM : 5C58CBCC

Kontak Kami

( pcs) Checkout

Beranda » Artikel Terbaru » Mencegah Penyakit Hepatitis

Mencegah Penyakit Hepatitis

Diposting pada 10 April 2015 oleh khanza

Mencegah Penyakit Hepatitis

APA yang dimaksud dengan carrier hepatitis?

Carrier hepatitis orang yang dalam tubuhnya mem­bawa virus hepatitis, tetapi ia sendiri tidak sakit. Selain tidak tampak sakit, hatinya juga tidak mengalami pera­dangan. Pemeriksaan laboratorium darahnya pun normal. Car­rier hepatitis sering pada Hepatitis B. Sekitar 5 persen kasus Hepatitis B tergolong carrier hepatitis. Carrier he­patitis harus diwaspadai sebab merupakan sumber penu­lar potensial. sekarang diberikan suntikan interferon (Interferon Alpha) selama 6 sampai 12 bulan. Pada Hepatitis B pem­berian interferon lebih baik hasilnya jika digabung dengan Lamivudine (virus supressor) atau dengan Famciclovir, sedang untuk Hepatitis C interferon digabung dengan Ribavirin.

Apa obat hepatitis

Hepatitis A umumnya menyembuh sendiri tanpa obat. Untuk itu perlu beristirahat total bedrest. Sedang Hepati­tis B dan Hepatitis C perlu bantuan obat. Sudah disebut kalau penyebab hepatitis lebih dari duapuluh. Tergantung apa penyebabnya, dan seberapa besar kerusakan yang sudah ditimbulkan, hepatitis bisa sembuh atau menyisakan kerusakan dan cacat.

Organ hati sebetulnya dapat berkompensasi sampai batas kerusakan tertentu, dan besar daya kemampuan pemulihan selnya. Namun, hepatitis virus umumnya merusak sel hati.

Apakah hepatitis bisa sembuh

Tergantung seberapa ganas virusnya, dan seberapa luas kerusakan hati, itu yang menentukan kesembuhan hepatitis-nya. Sembuh di sini berarti penyakitnya tidak berkembang lagi ke arah yang memburuk. Atau penyakit tidak memburuk, namun sudah menyisakan kerusakan hati yang luas, Fungsi hati yang sudah sangat menurun menimbulkan komplikasi penimbunan cairan dalam rongga perut (as-

cites), tekanan darah pembuluh hati meninggi (portal hypertension), sumbatan empedu, kena kelenjar ludah perut pancreas, atau muntah darah sebab pembuluh darah leher pecah akibat tekanan darah hati melonjak. Kasus kerusakan hati cirrhosis tak dapat disembuhkan. Kematian terjadi akibat komplikasi cirrhosis-Liqhtshot

UNTUK apa pencangkokan hati?

Hati dicangkok jika sudah rusak berat. Kasus cirrhosis membutuhkan pencangkokan, sebab sel hati sudah rusak semua. Cangkok hati kini sudah dapat dilakukan. Ada tiga pilihan transplantasi hati (1) Donornya diam­bil dari seluruh hati mayat segar, atau (2) mengambil sekerat hati dari donor yang masih hidup untuk menam­bal hati yang rusak, atau (3) keratan hati dari mayat segar yang ditempelkan pada bagian hati yang rusak.

Bagaimana hepatitis dicegah

Jika pernah disentri amoeba, pasien harus disembuh­kan tuntas. Kalau sampai komplikasi ke hati, bisa menjadi abscess hati. Begitu juga jika malaria, cacingan, TBC, dan toxoplasmosis.

Untuk mencegah terserang virus hati sendiri (8 tipe) badan harus dibuat kuat dengan cukup makanan bergizi, cukup beristirahat, dan rajin gerak badan. Khusus untuk Hepatitis B, seseorang dapat dikebalkan dengan suntikan vaksinasi (kini sedang diujicoba vaksi­nasi oral yang diminum agar lebih murah dan praktis pe­makaiannya, dengan memanfaatkan rekayasa kentang transgenik). Belum ada vaksinasi untuk Hepatitis C. Pemakaian obat untuk waktu lama dipertimbangkan, khususnya jenis obat yang merusak hati, di antaranya, paracetamol, tetracyline, antikanker methotrexate, azo- thioprine, cinchophen, termasuk pemakaian pembiusan chloroform, dan halothane. Jenis obat-obatan ini bisa merusak hati juga.

Hepatitis jugs terjadi jika ada gangguan kandung em­pedu. Infeksi kandung empedu atau batu empedu harus disembuhkan agar tidak terjadi sumbatan, atau penjalaran infeksi sampai ke hati. Bendungan empedu menimbulkan peradangan hati juga.

Jauhkan alkohol, dan waspada mengonsumsi oncom, tempe, dan kacang-kacangan yang sudah busuk. Kecam­bah, umbi, kacang-kacangan, padi-padian, dan bahan pembuat jamu, jika tercemar jamur tertentu akan mengeluarkan racun aflatoxin. Racun ini berpotensi merusak hati.

Incoming search terms:

Bagikan informasi tentang Mencegah Penyakit Hepatitis kepada teman atau kerabat Anda.

Mencegah Penyakit Hepatitis | Caca.co.id

Komentar dinonaktifkan: Mencegah Penyakit Hepatitis

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
SIDEBAR