• Kontak Kami
  • Hotline : 083811131344
  • SMS : 083811131344
  • BBM : 5C58CBCC

Kontak Kami

( pcs) Checkout

Beranda » Artikel Terbaru » Memilih Herba Sesuai Golongan Darah

Memilih Herba Sesuai Golongan Darah

Diposting pada 31 Mei 2016 oleh khanza

Untuk melancarkan metabolism,mengoptimalkan imunitas,menenangkan pikiran,dan mengobati penyakit sehari-hari.Hasilnya efektif loh!

Meskipun mengalami pro dan kontra, kenyataannya pola makan menurut golongan darah (Blood Type Diet) yang ditemukan dan dipopulerkan oleh Dr James D’Adamo dan Dr Peter J. D’Adamo, duo bapak anak ahli naturopati dari Connecticut. Amerika Serikat, dirasakan efektivitasnya oleh banyak orang. Ada yang mengaku tubuhnya terasa lebih nyaman, staminanya meningkat, emosinya menjadi lebih stabil, dan tentunya lebih sehat.

Nah… supaya lebih afdol, bagaimana kalau prinsip diet Ini juga diterapkan untuk memilih herba? Tidak sulit kok, karena herba-herba itu sudah biasa kita temui sehari-hari dan sekaligus berstatus sayuran, bumbu masak, dan bahan minuman teh. Jadi, dijamin aman dan efektivitasnya bisa langsung dirasakan. Belum percaya? Mari, simak penjelasannya.

Menghindari efek negatif lektin

“Dalam diet golongan darah, herba mempunyai peran yang sama seperti bahan makanan dan minuman lainnya,” alasan Dr Lavinia Suryadi, dokter yang mendalami Blood Type Diet, dari Healthy Choice, Jakarta.

Sebagai bahan makanan, herba Juga mengandung lektin – sejenis protein yang terdapat dalam berbagai jenis bahan makanan yang berasal dari hewan maupun nabati – yang mempengaruhi sistem metabolisme. Dengan demikian, herba bagi golongan darah tertentu bisa mempunyai pengaruh yang berbeda bagi golongan darah lain.

Telah diketahui bahwa setiap golongan darah memberi respon yang berbeda terhadap lektin. Ada golongan darah yang cenderung menerima keberadaannya, namun ada juga yang cenderung menolak karena salah satu unsurnya (antigen) tidak cocok.

Nah, penolakan semacam itulah yang dihindari dalam diet ini. Bila antigen yang berada di dalam darah kita bersifat menolak lektin, efeknya bisa merugikan. Mirip orang yang mengungkapkan kekecewaan dengan cara yang salah, lektin akan merusak sel-sel darah dan menyebabkan penggumpalan. Sel-sel darah yang menggumpal akan mengganggu peredaran darah, yang pada akhirnya mengganggu kerja organ. Keadaan tersebut, jelas mengganggu keseimbangan metabolisme. Kekebalan tubuh pun bisa menurun sehingga tubuh rentan terhadap berbagai penyakit.

Pilih yang aman dikonsumsi sehari-hari

Dalam bukunya yang berjudul Eat Right For Your Type, Dr Peter J. D’Adamo mengelompokkan herba berdasarkan dua faktor. Selain mempertimbangkan kecocokan lektin dan sel darah yang sudah dibahas sebelumnya, ia juga memilah-milah herba berdasarkan khasiat dan pengaruhnya terhadap karakter metabolisme yang khas pada setiap golongan darah. Bila antara khasiat herba dan karakter golongan darah efeknya positif, herba tersebut dimasukkan dalam kategori ’’disarankan”. Herba yang pengaruhnya tidak terlalu signifikan dikelompokkan dalam kategori “netral”. Sedangkan yang berefek negatif dimasukkan dalam kategori “sebaiknya dihindari”.

Sayangnya, herba-herba yang dikelompokkan Dr Peter tersebut adalah herba Barat, yang sebagian masih sulit ditemukan di Indonesia.Pilihannya pun tidak banyak, karena herba yang diuji secara ilmiah untuk menentukan kategori tersebut masih terbatas.

Meskipun demikian, hal itu tidak menghalangi niat kita dalam memilih herba sesuai golongan darah yang aman dan tetap efektif. Dengan berprinsip bahwa herba adalah semua bahan makanan yang berkhasiat obat, herba menurut golongan darah dipilih dari jenis sayuran, bumbu masak, atau bahan lain yang secara empiris terbukti aman untuk dikonsumsi sehari-hari,” tutur Dr Lavinia

Untuk menjaga stamina, menenangkan emosi, dan mengobati penyakit sehari-hari seperti batuk, sakit kepala, gangguan lambung, diare keluhan pra-menstruasi, dan demam akibat peradangan, herba-herba tersebut cukup aman dan efektif. Namun untuk mengobati penyakit yang memerlukan penanganan serius seperti kanker, diabetes, lupus, hipertensi, gangguan jantung, dan lain sebagainya. Dr Lavinia menyarankan agar kita berhati-hati.

“Sebab setahu saya, belum ada herba lokal yang diteliti secara khusus untuk mengobati penyakit serius berdasarkan prinsip diet golongan darah. Yang terjadi selama ini baru sebatas memilah-milah herba lalu mengelompokkannya berdasarkan jenis penyakit yang berpotensi diderita oleh golongan darah tertentu. Dilihat secara umum, mungkin efeknya masih positif. Namun bila ditelaah pengaruhnya terhadap golongan darah, herba-herba itu masih memerlukan penelitian lebih lanjut,” tutur Dr Lavinia menutup pembicaraannya.Itulah sebabnya, anjuran untuk berkonsultasi pada dokter sebelum mengkonsumsi herba tetap berlaku.

Golongan Darah O

Memilih Herba Sesuai Golongan Darah (1)

ORANG dengan golongan darah O cenderung memproduksi asam lambung yang berlebihan sehingga sensitif terhadap penyakit maag dan luka lambung. Herba yang paling tepat untuk menetralisir keadaan tersebut adalah daun mint, peterseli, atau rosehip. Namun bila masih sulit menemukan herba-herba tersebut, Anda bisa mengkonsumsi teh jahe, adas, atau rebusan temulawak. Jahe dan adas mempunyai senyawa aktif yang berkhasiat meluruhkan gas akibat kelebihan asam lambung sehingga mampu mengatasi gejala sakit maag (mual, kembung), dan temulawak akan menguatkan pencernaan.

Selain itu, sistem imunitas golongan darah O mudah bereaksi berlebihan. Oleh sebab itu, hindari echinacea. Herba ini bersifat merangsang sel darah putih yang dikhawatirkan dapat memicu reaksi autoimun. Hindari juga lidah buaya, buah senna, dan suplemen St John’s Wort karena berpotensi menyebabkan perdarahan pada golongan darah O yang darahnya cenderung encer.

Anda boleh menyetok daun saga, bunga chamomile, ginseng, dan hawthorn berry untuk mengatasi penyakit sehari-hari. Bila demam dan batuk, rebus daun saga untuk menurunkan panas dan mengeluarkan dahak. Chamomile bisa dikonsumsi dalam bentuk teh jika Anda mengidap insomnia. Di pagi hari, bila memerlukan pembangkit stamina Anda juga boleh menambahkan suplemen ginseng dalam menu sarapan. Sementara itu, buah hawthorn berry layak dikonsumsi sehari- hari sebagai rebusan. Belakangan, buah yang satu ini juga dijual dalam kemasan sebagai camilan.

Golongan Darah A

Memilih Herba Sesuai Golongan Darah (3)

KELEMAHAN orang yang bergolongan darah A adalah mencerna dan mengedarkan protein hewani, sehingga otot-otet jantungnya berpotensi kekurangan nutrisi. Keadaan ini mengurangi efetivitas kerja jantung, Untuk itu, Dr Peter menyarankan hawthorn berry untuk dikonsumsi sehari-hari. Buah ini terbukti meningkatkan elastisitas otot jantung, menstabilkan tekanan darah, dan mengurangi perlemakan pada arteri, sehingga mengurangi risiko penyakit yang berhubungan dengan jantung. Di Indonesia, Anda dapat menemui hawthorn berry dalam bentuk kering (di supermarket) atau suplemen impor (di apotik).

Sistem imun golongan darah A juga rentan terhadap serap mikroorganisme; seperti bakteri ,virus. Konsekuensinya, Anda memerlukan herba yang bersifat merangsang kekebalan tubuh sekaligus mengatasi infeksi. Beberapa herba yang disarankan antara lain bawang putih, bawang bombay, echinacea, dan astragalus (untuk mengatasi flu dan demam)

Untuk mengatasi stress yang lebih mudah dialami oleh golongan darah A, Dr Peter menyarankan untuk mengkonsumsi teh valerian, dan dan pegagan.sebaiknya juga ditambahkan dalam menu sehari-hari karena mengandung antioksidan yang baik untuk mencegah efek stres.

Bila suatu saat Anda merasa kembung, mual, atau sebah, redakan dengan menyeduh daun mint, jahe, lada atau adas. Lidah buaya bagi golongan darah A cukup aman untuk mengatasi sembelit.Olah saja dagingnya untuk bahan minuman,setelah lendirnya dicuci bersih. Sementara itu, bila Anda sering mengalami sindrom pra-menstruasi mengkonsumsi salad alfalfa menjadi pilihan yang patut dicoba.

Golongan Darah B

Memilih Herba Sesuai Golongan Darah (2)

MESKIPUN dikenal paling oke dalam mencerna protein hewani. golongan darah B mempunyai kelemahan pada sistem sarafnya. Bila Anda termasuk kelompok ini, herba yang paling disarankan adalah ginseng. Hanya saja, konsumsi ginseng di pagi agar efek stimulannya dapat langsung dipakai beraktivitas, tuk mendapatkan efek yang sama namun lebih aman, Anda mengkonsumsi jahe dan daun mint dalam bentuk segar sebagai teh (diseduh).

Sebagian golongan darah B dilaporkan mengalami penurunan kadar gula darah setelah makan (hipoglikemia). Ternyata, disebabkan oleh karakter sistem metabolisme golongan B yang kurang stabil, sehingga berpotensi terhadap penyakit metabolisme seperti diabetes mellitus dan lupus. Untuk mengatasi kondisi ini, herba yang paling disarankan adalah Licorice (akar manis).

Selain mengandung senyawa antivirus yang dapat mengurangi risiko penyakit autoimun, licorice juga berkhasiat menyeimbangkan kadar gula darah yang bermanfaat untuk mencegah diabetes. Sebaliknya, untuk menghindari hipoglikemia herba yang sebaiknya dicoret dari menu adalah pare dan buah belimbing.

Untuk menjaga keseimbangan metabolisme dan mempertahankan imunitas, ada baiknya Anda mengkonsumsi teh hijau secara teratur. Teh hijau merupakan gudang antioksidan yang berperan menangkal radikal bebas akibat stres. Jika memerlukan antiiotik alami, tambahkan lebih banyak bawang putih ke dalam masakkan. Sementara untuk mengatasi demam dan batuk, Anda cukup merebus daun saga. Bila perut terasa kembung atau mual, redakan saja dengan seduhan daun mint atau merebus beberapa butir kapulaga sebagai teh.

Golongan Darah AB

Memilih Herba Sesuai Golongan Darah (1)

 

KELEMAHAN utama orang dengan golongan darah AB, adalah tubuhnya memproduksi lendir yang berlebihan. Keadaan ini menyebabkan Si AB cenderung mudah bermasalah dengan saluran pernapasan, sinusitis, atau infeksi telinga. Untuk mengatasi kondisi ini, Anda bisa mengkonsumsi 2 sdm air perasan jeruk lemon yang dicampurkan dalam segelas air putih. Air jeruk lemon tersebut berkhasiat menciutkan selaput lendir sehingga mengurangi produksi lendir yang berlebih. Bila sudah telanjur infeksi, redakan dengan antibiotik alami dari bawang putih dalam campuran masakan.

Selain itu, golongan darah ini juga memiliki saluran cerna yang sensitif dan mudah diserang mikroba. Keadaan ini, secara tidak langsung melemahkan daya tahan tubuh sehingga golongan darah AB cenderung mudah terjangkit penyakit ganas, terutama kanker. Alfalfa, bunga chamomile, dan echinacea, merupakan beberapa herba yang dianjurkan oleh Dr Peter untuk memperkuat sistem imun secara menyeluruh. Bila herba-herba tersebut cukup sulit ditemukan, minum saja secangkir teh hijau untuk memasok antioksidan, yang juga terbukti menurunkan risiko kanker.

Masih seputar efek pencernaan yang sensitif, adas dan jahe bisa menjadi alternatif yang cukup mudah untuk mengatasi perut kembung, sebah, dan mual. Atau bila Anda suka, Anda juga bisa memanfaatkan daun beluntas sebagai lalapan untuk menguatkan pencernaan. Sayangnya, Dr Peter tidak menjelaskan mengapa Anda harus menghindari buah senna, fenugreek, dan lidah buaya. Meskipun demikian, ada baiknya kalau saran tersebut ditepati. Toh, masih banyak herba lain yang lebih nyata manfaatnya

Bagikan informasi tentang Memilih Herba Sesuai Golongan Darah kepada teman atau kerabat Anda.

Memilih Herba Sesuai Golongan Darah | Caca.co.id

Komentar dinonaktifkan: Memilih Herba Sesuai Golongan Darah

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
SIDEBAR