• Kontak Kami
  • Hotline : 083811131344
  • SMS : 083811131344
  • BBM : 5C58CBCC

Kontak Kami

( pcs) Checkout

Beranda » Artikel Terbaru » Manfaat Pala Untuk Kesehatan

Manfaat Pala Untuk Kesehatan

Diposting pada 5 Mei 2015 oleh khanza

Manfaat Pala Untuk Kesehatan 

 

Sedikit pala yang dibubuhkan pada sop atau masakan, atau beberapa tetes minyak pala yang dioleskan pada kuLit, bisa sangat bermanfaat untuk kesehatan. Rempah yang satu ini sangat banyak manfaatnya. Berikut ini beberapa pemanfaatan pala sebagai obat tradisional.

 

OBAT TIDUR ALAMI

Sejak dulu, pala sudah dijadikan sebagai obat tradisional untuk mengatasi sulit tidur. Ini bisa diberikan baik pada orang dewasa mau pun anak-anak. Di beberapa tempat di India, para orangtua biasa memberikan anak-anak mereka susu hangat yang dicampur pala di malam hari, agar buah hati mereka bisa tidur dengan nyenyak.

Pala kaya dengan kandungan magnesium, sejenis mineral esensial yang membantu menstimulasi ketegangan saraf dan memicu dikeluarkannya zat serotonin yang membantu relaksasi. Serotonin di dalam otak diubah menjadi melatonin yang merupakan perangsang tidur, sehingga membantu mereka yang mengalami susah tidur. Pala juga memiliki kandungan narkotika dalam jumlah yang sangat sedikit, dan baru berefek jika digunakan dalam jumlah sangat besar.

 

KECANTIKAN DAN KESEHATAN KULIT

Dalam pengobatan tradisional, pala telah sejak lama digunakan untuk mencerahkan dan menghaluskan kulit. Biasanya pala dibuat semacam pasta dengan cara  dicampurkan dengan air, madu, atau cairan lain, lalu dioleskan pada kulit. Pasta pala bisa mengurangi inflamasi dan iritasi, meningkatkan hidrasi kulit dan mencerahka’ kulit. Juga bisa menyamarkan parut bekas luka atau jerawat Bisa juga melakukan scrubbing pada wajah dengan tujuan yang sama.

 

 

MERAWAT KESEHATAN GIGI DAN GUSI

Seperti cengkeh, pala juga kerap digunakan sebaga obat tradisional untuk merawat kesehatan gigi dan gu Pala diketahui memiliki efek antibakteri yang memba melindungi gigi dan gusi serta mencegah bau mulut. pala mengandung eugenol, yang bisa membantu meredakan sakit gigi. Pala jugabisa di kombinasikan dangan kayu manis untuk di jadikan pasta yang memiliki khasiat anti septik dan anti mikrobia.ini sebabnya , banyak pasta gigi dan obat kumur herbal yang menambahkan ekstrak pala didalamnya.

 

MELANCARKAN PEREDARAN DARAH

kandungan mineral di dalam pala berperan dalam menjaga fungsi organ-organ tubuh. Pala mengandung kalium , yang merupakan vasodilator, menurunkan tekanan darah dan mengurangi tekanan pada sistem peredaran darah. Kalium juga membantu penyerapan zat-zat gizi makanan, sehingga membantu proses pencernaan. kandungan kalsium pada pala bisa membantu kesehatan tulang dan meredakan gejala osteoporosis. Sementara kandungan zat besinya bisa meningkatkan jumlah sel darah merah, dan mengurangi kemungkinan terjadinya anemia.

PEREDA NYERI

salah satu senyawa di dalam pala memiliki sifat yang menyerupai mentol, yang merupakan pereda nyeri alami. Dengan menambahkan sedikit bubuk pala pada makanan,bias meredakan rasa nyeri yang ditimbulkan luka, luka

terkilir, dan inflamasi seperti pada artritis. Minyak pala sering digunakan sebagai minyak urut dengan dicampurkan minyak lain. Khasiatnya baik untuk meredakan nyeri otot dan pegal-pegal.

KESEHATAN PENCERNAAN

selama berabad-abad, pala juga digunakan sebagai obat untuk gangguan pencernaan seperti diare, nyeri hingga perut kembung. Caranya cukup dengan
menambahkan sedikit pala ke dalam masakan Anda. Bukan hanya citarasa dan aroma masakan akan menjadi lebih kaya, pencernaan pun lebih sehat.

KEsEHATAN OTAK

Pala juga diyakini bisa membantu menjaga fungsi kognitif otak. Senyawa myristisin di dalam pala diketahui bisa membantu menghambat penurunan fungsi kognitif otak yang kerap terjadi pada penderita Alzheimer. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa myristisin bisa membantu memperlambat penurunan fungsi kognitif otak, serta menjaga agar otak berfungsi dengan baik dan normal.

DETOKSIFIKASI

Pala seperti tonik untuk tubuh. Dalam banyak hal pala berkhasiat meningkatkan kesehatan tubuh, khususnya pada hati dan ginjal yang merupakan tempat menumpuknya toksin di dalam tubuh yang berasal dari makanan, obat-obatan, polusi, dan sumber-sumber lainnya. Pala juga dipercaya memiliki senyawa yang bisa membantu menghancurkan batu ginjal dan meningkatkan fungsi hati dan ginjal. Pala juga dipercaya bisa memperlancar peredaran darah dan membantu mengatasi infeksi pada ginjal serta memiliki sifat melindungi hati (hepatoprotektor).

Bagikan informasi tentang Manfaat Pala Untuk Kesehatan kepada teman atau kerabat Anda.

Manfaat Pala Untuk Kesehatan | Caca.co.id

Komentar dinonaktifkan: Manfaat Pala Untuk Kesehatan

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
SIDEBAR