• Kontak Kami
  • Hotline : 083811131344
  • SMS : 083811131344
  • BBM : 5C58CBCC

Kontak Kami

( pcs) Checkout

Beranda » Artikel Terbaru » Manfaat olahraga untuk meningkatkan kecantikan

Manfaat olahraga untuk meningkatkan kecantikan

Diposting pada 7 April 2015 oleh khanza

Manfaat olahraga untuk meningkatkan kecantikan

Mengapa olahraga meningkatkan kecantikan?

Kulit sangat rentan terhadap polusi dan radikal bebas. Jika racun-racun tersebut tidak keluar dari tubuh, pelan tetapi pasti, kesehatan khususnya kecantikan akan me­nurun. Dengan olahraga, peredaran darah akan lancar. Hal ini membantu agar racun-racun yang ada di tubuh terbuang ke luar lewat ekskresi. Peredaran darah yang lancar juga membantu meningkatkan distribusi nutrisi ke seluruh tubuh. Karena itulah tubuh dan wajah akan semakin terlihat cantik.

Olahraga yang teratur akan meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh. Kolagenlah yang membuat kulit bersinar dan lentur. Olahraga juga dapat mengontrol hormon DHEA dan DHT yang dapat memicu timbulnya jerawat. Begitu banyak manfaat olahraga bagi kecantikan. Bahkan olahraga dapat menghilangkan selulit, sebab saat berolahraga terjadi peregangan dan pembentukan otot.

Mulai hari ini, pilihlah olahraga yang sesuai dengan keinginan Anda.

 
Apa saja sih olahraga yang cocok? Simak uraian berikut.

Latihan Kardio

Olahraga kardio adalah jenis olahra­ga yang difokuskan untuk kesehat­an jantung. Yang terbaik untuk jenis olahraga kardio adalah aerobik. Aerobik merupakan olahraga yang memaksimalkan penggunaan oksigen dalam tubuh sebagai sumber energinya.

Jenis olahraga aerobik sangat banyak. Misal­nya, lari, berjalan cepat, bersepeda, lompat tali, dan yang paling populer dan digemari, yaitu senam. Senam memiliki banyak jenis. Meskipun namanya berbeda-beda, semua termasuk dalam kategori aerobik. Yang membedakan hanyalah gerakannya.

Hal-hal yang harus diperhatikan sebelum berolah­raga:
* Cek kondisi

siapapun yang pernah menjalani operasi serta memiliki kelainan tulang belakang, hendaknya berhati-hati memilih jenis olahraga. Cek dahulu, olahraga jenis apa yang diperbolehkan dan dianjurkan.

* Rutin dan teratur

Untuk mencapai hasil maksimal, olahraga harus dilakukan secara rutin dan teratur. Idealnya adalah tiga sampai lima kali seminggu. Di samping itu, istirahat secara teratur juga harus diperhatikan.

*Peningkatan

Selama melakukan olahraga, harus ada peningkatan. Misal hari ini mampu berlari sebanyak satu putaran, perlahan-lahan harus tingkatkan menjadi dua putar­an. Begitu pula peningkatan dalam hal durasi waktu dan jumlah beban dalam berolahraga.

*Sesuaikan dengan usia

Tidak semua jenis olahraga cocok dengan segala usia. Bila cermat menyesuaikan, dapat terhindar dari risiko cedera dan hasilnya lebih efektif.

Olahraga yang cocok untuk usia 20 tahunan ada­lah pembentukan otot. Latihlah otot bagian tubuh yang kecil.

Pada usia 30-40 tahunan, lakukanlah pemanasan dahulu dengan berjalan kaki selama lima sampai sepuluh menit sebelum berlari atau bersepeda. Tujuannya untuk melancarkan peredaran darah di daerah kaki. Lakukan peregangan sebelum dan sesudah berlari, untuk meminimalisir cedera sehabis berolahraga.

Sedangkan untuk usia 50 tahun ke atas, olahraga yang tepat adalah olahraga ringan dan bisa dilaku­kan di lantai/matras untuk menguatkan otot-otot. Hindari benturan pada sendi karena kondisi sendi- sendi tidak sekokoh sebelumnya.

Berikut beberapa jenis olahraga kardio yang bisa dipilih:

Senam

Saat ini banyak sekali jenis senam yang dapat dilaku­kan. Taebo, body language, pilates, yoga, dan masih banyak lagi. Pilihlah yang paling sesuai dengan

Anda. Bagi pemula, lakukan senam yang ringan dahulu. Jangan lupa lakukan pemanasan di awal. Setelah latihan inti, lakukan juga pendinginan. Jika tak sempat bergabung dalam sanggar senam, bisa melakukannya di rumah dengan panduan dari DVD atau kaset.

 

Bersepeda

Naik sepeda merupakan hal yang sangat menyenang­kan. Selain tubuh sehat, mata dan pikiran ikut segar karena pemandangan sekitar. Meskipun me­nyenangkan, olahraga bersepeda memiliki risiko nyeri punggung. Karenanya, ada hal-hal yang harus diperhatikan agar punggung tetap nyaman selama dan sesudah bersepeda.

Sadel sepeda harus cocok dan nyaman. Ketika bersepeda, turunkan ujung sadel sebanyak 10-15 derajat untuk menghilangkan tekanan pada tulang punggung dan pinggul. Jika menggunakan sepeda balap, jarak ideal antara setang dan selangkangan adalah 3-6 cm. Sedangkan untuk sepeda gunung, jarak yang tepat antara 9-18 cm.

 

Renang

Di antara semua jenis olahraga, renang merupakan olahraga yang memiliki risiko cedera paling rendah. Karena itulah para ahli mengemukakan bahwa olah­raga ini merupakan olahraga terbaik untuk menda­patkan umur panjang.

Berenang selama satu jam akan membakar 68 kalori. Gerakan-gerakan dalam renang adalah gaya bebas, gaya punggung, dan gaya kupu-kupu. Sebelum melakukan aktivitas berenang, lakukanlah pemanasan terlebih dahulu. Agar terhindar dari sinar ultraviolet yang dipancarkan matahari, gunakanlah sunblock pada tubuh dan wajah. Sebaiknya lakukan kegiatan berenang sebelum jam sepuluh pagi, atau sesudah jam empat sore, agar kulit tetap sehat dan cantik

 Lompat tali

Olahraga yang satu ini juga mudah dilakukan dan tidak memerlukan biaya besar.

Bagikan informasi tentang Manfaat olahraga untuk meningkatkan kecantikan kepada teman atau kerabat Anda.

Manfaat olahraga untuk meningkatkan kecantikan | Caca.co.id

Komentar dinonaktifkan: Manfaat olahraga untuk meningkatkan kecantikan

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Rp 100.000
Ready Stock
SIDEBAR