• Kontak Kami
  • Hotline : 083811131344
  • SMS : 083811131344
  • BBM : 5C58CBCC

Kontak Kami

( pcs) Checkout

Beranda » Artikel Terbaru » Manfaat Madu Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Madu Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Diposting pada 21 Mei 2015 oleh khanza

Manfaat Madu Bagi Kesehatan dan Kecantikan

manfaat madu manfaat madu

Manfaat madu. Madu merupakan  cairan yang menyerupai sirup, madu lebih kental dan berasa manis, dihasilkan oleh lebah dan serangga lainnya dari nektar bunga yang memiliki manfaat yang sangat banyak . Madu banyak digunakan sebagai bahan obat-obatan dan juga bahan produk kecantikan. Madu adalah campuran dari gula dan senyawa lainnya. Sejarah penggunaan madu oleh manusia sudah cukup panjang. Manfaat madu yang sangat banyak membuat manusia terus mengkonsumsinya. Dari dulu manusia menggunakan madu untuk makanan dan minuman sebagai pemanis atau perasa. Aroma madu bergantung pada sumber nektar yang diambil lebah.

Madu mengandung banyak mineral seperti natrium, kalsium, magnesium, alumunium, besi, fosfor dan kalium. Vitamin-vitamin yang ada dalam madu adalah thiamin (B1), riboflavin (B2), asam askorbat (C), piridoksin (B6), niasin, asam pantotenat, biotin, asam folat, dan vitamin K.

Manfaat madu bagi kesehatan

1. Manfaat madu untuk Penyembuh luka. Manfaat madu yang pertama adalah mengobati luka. Dalam dunia pengobatan masyarakat Yunani dan Romawi memelopori penggunaan madu untuk mengobati hidung tersumbat sementara itu bangsa mesir kuno menjadi pelopor pemanfaatan madu untuk mengobati luka. Mereka membuat salep dari madu untuk mengobati luka bakar dan luka akibat tusukan benda tajam.
2. Mencegah kanker dan penyakit jantung. Dua penyakit paling berbahaya dimuka bumi ini ternyata juga dapat dilakukan dengan mengkonsumsi madu. Zat yang terdapat pada madu mengandung flavonoid, antioksidan yang membantu mengurangi risiko beberapa jenis kanker dan penyakit jantung.
3. Mengingkatkan sistem kekebalan tubuh. Salah satu manfaat madu adalah meningkatkan kekebalan terhadap batuk dan dingin. Tak sebatas itu, minuman ini membersihkan sistem pencernaan dan meningkatkan kekuatan tubuh untuk melawan penyakit.
4. Mengurangi Gejala Alergi dan Asma. Madu merupakan agen anti-inflamasi yang merupakan obat alami untuk mengurangi gejala alergi dan asma. Di dalam tubuh madu sangat efektif menangani bersin yang diakibatkan oleh alergi terhadap suatu benda.
5. Menurunkan glukosa dan kolesterol darah. Madu adalah alternatif pemanis yang paling aman. Manfaat madu lebih baik dibandingkan gula atau gula sintetis. Beberapa penelitian bahkan menduga madu dapat menurunkan glukosa darah. Mineral dan vitamin alami dalam madu juga membantu menurunkan kadar LDL (kolesterol buruk) dalam tubuh.
6. Mengobati Batuk dan Radang Tenggorokan. Manfaat madu selanjutnya dalah mengubati batuk. Kandungan anti bakteri pada madu bisa melawan mikrobakteri penyebab radang, bahkan madu dapat membunuh bakter-bakteri yang menyebabkan infeksi pada tenggorokan.
7. Madu memainkan peran penting dalam mengelola obesitas. Madu membantu mempercepat metabolisme yang pada gilirannya membantu tubuh lebih banyak membakar lemak.

Manfaat madu bagi kecantikan

1. Mencegah jerawat. Madu memiliki banyak sifat antibakteri dan anti-jamur. Itu sebabnya, minuman ini membantu menyembuhkan jerawat dan mencegah jerawat. Selain itu, meminum campuran madu dan air hangat juga bisa membantu mendapatkan kulit yang cerah dan sempurna
2. Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-pecah. Manfaat Madu jauh lebih baik seperti lip balm karena kehebatannya dalam melembabkan bibir yang kering dan pecah-pecah.
3. Sebagai Scrub. Madu juga bisa digunakan untuk scrub yang berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati secara perlahan sekaligus nutrisi dan menjaga kelembapan kulit. Langkah yang harus dilakukan yaitu dengan cara campurkan 1 sendok makan kaolin (sejenis mineral alami yang dapat diperoleh di toko bahan kimia), 1 sendok teh tepung biji gandum, 1 jumput tepung kayu manis, dan 1 sendok makan madu. Lalu oleskan pada wajah dan leher, kemudian gosok dengan gerakan melingkar. Bilas dengan air hangat.
4. Mengobati Bibir Kering Dan Hitam. Madu dapat mengatasi masalah bibir kering dan hitam agar menjadi merah merona. Caranya tuangkan madu ke dalam 1 sendok makan, panaskan madu sampai sedikit encer dan mengeluarkan busa. Oleskan madu selagi hangat ke bibir anda.Lakukan secara rutin setiap malam hari sebelum tidur. Setelah 7 hari, anda akan mendapatkan bibir lebih segar dan merah merona.
5. Mengatasi Rambut Rontok. Orang yang mengalami kerontokan rambut atau kebotakan dapat memakai campuran minyak zaitun panas, 1 sdm madu dan 1 sdt bubuk kayu manis sebelum mandi oleskan di kepala dan diamkan selama kira-kira 5-15 menit setelah itu baru dibilas.
6. Memelihara Kecantikan Kulit. Anda bisa melakukan dua cara sekaligus dalam mengonsumsi madu. Meminumnya secara berkala serta mengaplikasikannya langsung pada kulit dan rambut. Nutrisi yang ada di dalam madu seperti magnesium, potassium dan kalsium berkontribusi dalam regenerasi kulit yang mendorong sel untuk menciptakan kulit sehat dan indah.

Itulah beberapa manfaat madu bagi kesehatan dan kecantikan. Semoga bermanfaat.

Bagikan informasi tentang Manfaat Madu Bagi Kesehatan dan Kecantikan kepada teman atau kerabat Anda.

Manfaat Madu Bagi Kesehatan dan Kecantikan | Caca.co.id

Komentar dinonaktifkan: Manfaat Madu Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
SIDEBAR