• Kontak Kami
  • Hotline : 083811131344
  • SMS : 083811131344
  • BBM : 5C58CBCC

Kontak Kami

( pcs) Checkout

Beranda » Artikel Terbaru » 12 manfaat buah duku

12 manfaat buah duku

Diposting pada 20 April 2015 oleh khanza

12 manfaat buah duku

 

Buah Duku merupakan salah satu buah yang menjadi favorit masyarakat Indonesia.

Buah ini memiliki kemiripan dengan buah langsat, tetapi setelah dicoba akan terasa perbadaannya. Banyak yang beranggapan rasa dari buah ini pahit, namun setelah dimakan rasa manis yang terkandung dalam buahnya luar biasa. Siapa sangka buah yang berbentuk bulat kecil ini memiliki segudang manfaat. manfaat buah duku sudah tidak diragukan lagi dan sangat berguna bagi kesehatan manusia.

 

Buah Duku adalah salah satu buah musiman yang hanya tumbuh satu kali dalam setahun. Buah ini hanya dapat tumbuh di daerah yang memiliki curah hujan tinggi. Buah duku mengandung vitamin C dan E yang cuku besar dan berfungsi sebagai antioksidan. Selain rasanya enak, manfaat buah duku tak kalah dengan bermanfaatnya buah-buah yang lain. Lalu manfaat apa saja yang terkandung dalam buah duku? Berikut ini adalah beberapa manfaat buah duku yang baik bagi nutrisi dan kesehatan tubuh.

 

12 Manfaat Buah Duku

1. Sebagai Sumber Antioksidan

Buah Duku mengandung vitamin C yang berperan sebagai sumber antioksidan. Antioksidan sendiri merupakan sebuah nutrisi yang berfungsi menghindari tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Kerusakan tersebut biasanya dihasilkan dari proses pencernaan merubah makanan menjadi sumber energi. Manfaat buah duku yang satu ini juga untuk menghindarkan tubuh dari kerusakan yang diakibatkan oleh polusi atau zat beracun.

2. Meningkatkan Sistem Imun

Vitamin C yang terkandung dalam buah duku juga sangat dibutuhkan bagi semua orang untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Kandungan vitamin C tersebut berkhasiat untuk menjaga kekebalan tubuh serta berkhasiat untuk orang yang sedang dalam masa pemulihan.

3. Mencegah Penuaan Dini

manfaat buah duku  yang lainnya adalah dapat mencegah penuaan dini. Salah satu faktor yang menyebabkan penuaan dini yaitu radikal bebas. Seperti yang telah disebutkan, vitamin C yang terkandung dalam buah duku sangat efektif untuk menjaga tubuh dari serangan radikal bebas.

4. Menjaga Kesehatan Gusi

Kesehatan gusi dapat dirawat dengan mengkonsumsi vitamin C. Kandungan vitamin C yang banyak dalam buah duku berkhasiat untuk menjaga kesehatan gusi. Bagian dalam mulut ini memang rawan terkena berbagai macam masalah seperti gusi berdarah, sariawan dan iritasi. Sangatlah tepat bila Anda mengkonsumsi buah duku ini untuk mencegah masalah kesehatan gusi.

5. Menguatkan Gigi

Selain mengandung vitamin C buah duku juga mengandung fosfor. Fosfor ini berkhasiat dapat menguatkan gigi. Dengan mengkonsumsi buah ini dijamin gigi Anda akan menjadi kuat dan sehat.

6. Melancarkan Sitem Pencernaan

Buah Duku juga mengandung serat dan fiber yang cukup tinggi sehingga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Manfaat buah duku ini juga dapat mencegah kanker pada saluran pencernaan. Ternyata, kandungan kalori, mineral, serta zat besi pada buah duku lebih tinggi dibandingkan dengan Buah Jeruk dan Apel.

7. Menurunkan Berat Badan

Manfaat buah duku yang tidak disangka adalah dapat digunakan untuk menurunkan berat badan. Buah duku membantu untuk mendapat carnitine. Carnitine yang didapatkan buah duku akan mengarahkan molekul lemak ke jaringan pembakar lemak. Jika seseorang mengalami kekurangan molekul lemak selama proses metabolieme maka orang tersebut akan merasa kelelahan dan lemas, hal tersebut karena terjadi penurunan energi. Oleh karena itu, jika kadar carnitine dalam tubuh menurun maka akan terjadi penimbunan lemak.

8. Mengendalikan Kadar Kolesterol

Vitamin C yang terkandung dalam buah duku juga berguna untuk mengendalikan kolesterol dalam darah. Vitamin C tersebut membantu metabolime kolesterol menjadi asam empedu. Bagi penderita kolesterol, hal ini dapat dibantu dengan sering mengkonsumsi buah duku.

9. Mengatasi Diare dan Demam

Manfaat buah duku juga efektif dapat mengobati diare dan berkhasiat untuk menurunkan panas atau demam tinggi. Cara yang paling tepat untuk pengobatan diare dan demam adalah dengan membuat cairan dari biji buah duku, caranya:

• Ambil biji buah duku
• Tumbuh bijinya hingga halus
• Biji yang sudah halus campurkan dengan air
• Minum sehari satu kali

10. Menjaga Kesehatan Kulit

Dengan adanya kandungan vitamin E dalam buah duku sehingga bermanfaat bagi kesehatan kulit. Vitamin E tersebut efektif dalam mencegah hal-hal yang merusak kesehatan kulit, seperti:

• Mencegah penuaan dini
• Menghaluskan serta melembutkan kulit
• Menjaga kelembaban kulit
• Menjaga kulit dari sinar UV
• Membantu penyembuhan luka

kulit-duku

11. Mengusir Nyamuk

Ternyata bukan hanya buahnya yang bermanfaat, kulit buah duku juga memiliki manfaat sebagai pengusir nyamuk atau serangga seperti halnya manfaat daun salam. Caranya mudah, yaitu dengan membakar kulit buah duku ketika akan digunakan untuk mengusir nyamuk atau serangga.

12. Pengobatan Masalah Kesehatan Kulit

manfaat buah duku  yang terakhir adalah dapat mengatasi kulit berjerawat dan mengobati gatal-gatal akibat gigitan serangga. Caranya dengan menggosokan kulit buah duku ke wajah yang berjerawat atau kulit yang gatal-gatal.

Begitu banyak manfaat buah duku bagi kesehatan tubuh maupun kesehatan kulit. Tidak ada alasan lagi untuk kita tidak mengkonsumsi buah yang satu ini. Mumpung sekarang lagi musimnya buah duku, Yuk kita konsumsi untuk menjaga kesehatan kita!

Bagikan informasi tentang 12 manfaat buah duku kepada teman atau kerabat Anda.

12 manfaat buah duku | Caca.co.id

Komentar dinonaktifkan: 12 manfaat buah duku

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
SIDEBAR