• Kontak Kami
  • Hotline : 083811131344
  • SMS : 083811131344
  • BBM : 5C58CBCC

Kontak Kami

( pcs) Checkout

Beranda » Artikel Terbaru » Makanan Yang Mengandung Tinggi Asam Folat

Makanan Yang Mengandung Tinggi Asam Folat

Diposting pada 8 Desember 2015 oleh khanza

Makanan Yang Mengandung Tinggi Asam Folat

Makanan Yang Mengandung Tinggi Asam Folat – Asam folat sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia. Apa saja manfaat asam folat dan apa saja makanan yang mengandung asam folat? Berikut ini kami berikan penjelasan mengenai manfaat asam folat dan Makanan Yang Mengandung Tinggi Asam Folat.

Makanan Yang Mengandung Tinggi Asam Folat

Untuk Perkembangan janin
Produksi eritrosit – berguna untuk perkembangan otak dan sumsum tulang belakang yang baik dan sesuai bagi janin. Kurangnya folat selama kehamilan dapat menyebabkan gangguan perkembangan sumsum tulang belakang, hall ini dapat mengakibatkan kelumpuhan, kerusakan otak, atau keguguran. Oleh karena itu, khusus ibu hamil harus dapat memenuhi kebutuhanan folat tubuhnya.

Produksi sel darah merah
Folat adalah kunci dalam pembentukan sel-sel darah merah atau eritrosit. Kurangnya senyawa ini bisa membuat tubuh rentan terhadap kanker. Selain itu, mekanisme pertahanan tubuh, sel-sel darah putih, juga diproduksi oleh folat.

Mencegah penyakit jantung
Asam folat juga membantu jantung agar tetap sehat dan dapat berfungsi secara optimal. Kekurangan folat dapat menyebabkan peningkatan risiko penyakit jantung koroner, komplikasi , dan stroke. Di AS, setelah roti dan sereal, perusahaan diminta untuk menambahkan vitamin B12 kedalam produk mereka, hasilnya tingkat penyakit jantung dan stroke menurun sekitar 15 persen. Asam folat juga membantu menghilangkan homosistein, senyawa beracun yang dapat menyebabkan kerusakan arteri yang parah, jika tidak dibersihkan dari darah.

Membantu mengurangi depresi
Beberapa studi telah menunjukkan bahwa suplemen folat dapat mengurangi depresi. Tubuh yang kekurangan folat dapat menyebabkan peningkatan risiko depresi dan demensia.

Membantu menjaga otak agar tetap muda
Tingkat folat yang cukup diperlukan untuk fungsi otak yang tepat. Penelitian telah menunjukkan bahwa manfaat folat membuat otak tetap muda, yaitu memperlambat efek penuaan.

Beberapa makanan yang mengandung asam folat tinggi:

Buah jeruk. Buah yang memiliki rasa manis dan asam ini memang sangat menyegarkan terutama jika dikonsumsi pada saat cuaca panas, jeruk mengandung banyak vitamin C yang sangat baik untuk memperkuat sisitem imun kita. Bukan hanya vitamin C saja, ternyata buah jeruk juga mengandung asam folat yang sangat bermanfaat bagi ibu hamil.

Hati hewan. Makanan yang satu ini biasanya sering dihindari karena mengndung tinggi lemak dan juga kolesterol, mungkin mereka menghindari makanan yang satu ini karena hanya melihat dari sisi negatifnya saja, padahal ada keuntungan yang bisa anda dapatkan saat mengkonsumsi hati yaitu memiliki kandungan asam folat yang sangat baik. Walaupun hati memiliki kandungan asam folat sebaiknya bagi ibu hamil lebih baik tidak menkonsumsinya karena hati masuk dalam daftar makanan yang menyebabkan keguguran terutama jika dikonsumsi secara berlebihan.

Sayur bayam. Sayur bayam merupakan makanan sumber vitamin yang sangat baik karena berperan sebagai antioksidan penting. Mengkonsumsi bayam juga sangat dianjurkan untuk ibu hamil karena memiliki kandungan asam folat yang sangat diperlukan selama masa kehamilan.

Asparagus. Makanan ini kaya akan kandungan asam folat, dalam 1 cangkir asparagus mengandung 79 mcg. Makanan ini sangat baik terutama jika dihidangkan dalam keadaan dikukus setangah matang, karena nutrisi yang ada di dalamnya masih terjaga.

Kacang merah. Kacang merah merupakan makanan sumber asam folat yang sangat baik, dalam ½ cangkir kacang merah mengandung setidaknya 115 mcg asam folat. Kacang merah juga memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan dan mengandung tinggi serat yang sangat baik untuk pencernaan anda.

Brokoli. Kita mengenal brokoli sebagai salah satu makanan yang mengandung tinggi protein dan juga kalsium, sayuran yang satu ini memang memilki banyak nutrisi penting dan juga manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan. Brokoli masuk dalam daftar makanan yang mengandung tinggi asam folat karena dalam satu cangkir brokoli menyediakan sekitar 104 mcg asam folat.

 

Bagikan informasi tentang Makanan Yang Mengandung Tinggi Asam Folat kepada teman atau kerabat Anda.

Makanan Yang Mengandung Tinggi Asam Folat | Caca.co.id

Komentar dinonaktifkan: Makanan Yang Mengandung Tinggi Asam Folat

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
OFF 23%
Rp 50.000 Rp 65.000
Ready Stock
SIDEBAR