• Kontak Kami
  • Hotline : 083811131344
  • SMS : 083811131344
  • BBM : 5C58CBCC

Kontak Kami

( pcs) Checkout

Beranda » Artikel Terbaru » Makanan top untuk panjang umur

Makanan top untuk panjang umur

Diposting pada 26 Mei 2016 oleh khanza

Kebiasaan makan yang tepat bisa menjaga Anda tetap sehat di usia tua. Salah satu kunci mencapai umur panjang adalah dengan menjalani diet anti inflamasi (anti-inflammatory diet). Inflamasi alias peradangan merupakan cikal bakal munculnya berbagai penyakit kronis, seperti penyakit kardiovaskuler dan Alzheimer. Diet ini kaya antioksidan yang akan melindungi tubuh uari kerusakan sel oksidatif yang mempercepat proses penuaan.

PILIH LEMAK SEHAT. Langkah paling penting untuk mengurangi inflamasi adalah dengan mengkonsumsi asam lemak omega-3 yang bermanfaat menurunkan risiko serangan jantung dan penyakit Alzheimer. Asam lemak omega-3  banyak terdapat dalam ikan salmon, cod, sarden, dan telur. Gunakan minyak zaitun extra-virgin untuk memasak dan jauhi konsumsi lemak trans yang terdapat dalam makanan yang diproses, seperti makanan kemasan dan fast food

Makanan top untuk panjang umur (2)

KONSUMSI KARBOHIDRAT KOMPLEKS.Tingkatkan konsumsi serealia utuh (whole grains), kacang-kacangan, sayuran, serta buah yang memiliki indeks glikemik rendah. Makanan yang memiliki indeks glikemik rendah mengandung karbohidrat kompleks yang membutuhkan waktu lama dan bertahap untuk dicerna, sehingga tidak menaikkan kadar gula darah secara drastis. Kadar gula darah yang tinggi akan berinteraksi dengan protein untuk membentuk komponen toksin yang disebut advance glycation end product (AGE) yang menyebabkan inflamasi dan kerusakan sel.

SANTAP MAKANAN ‘PELANGI’. Perbanyak makan buah-buahan dan sayuran segar yang beraneka warna dan berlimpah antioksidan. David Herber, MD, PhD, dari University of California sekaligus penulis buku What Color Is Your Diet, menyarankan untuk sebanyak mungkin mengkonsumsi makanan dengan warna yang bervariasi setiap hari. “Ini sangat penting untuk mendapatkan variasi fitonutrisi yang dibutuhkan tubuh,” ujarnya.

MASAK SAYURAN HIJAU. Sayuran hijau sebaiknya dikonsumsi setiap hari untuk melindungi mata dan tulang Anda. Bayam, kangkung, dan sayuran hijau lainnya mengandung kalsium dan vitamin K yang sangat dibutuhkan bagi kesehatan tulang.

Makanan top untuk panjang umur (3)

HOBI MINUM TEH. Minum empat cangkir teh putih, hijau atau oolong setiap hari. Teh mengandung EGCG, antioksidan kuat yang berkhasiat mencegah kanker, diabetes, kerusakan otak, Alzheimer, penyakit jantung, stroke, dan hipertensi.

JANGAN LUPAKAN KACANG-KACANGAN. Peneliti dari Loma Linda University, Amerika, menemukan bahwa ngemil kacang-kacangan akan mengusir lapar tanpa membuat berat badan naik. Tapi ingat, tidak termasuk ngemil kacang goreng. Konsumsi kacang-kacangan seperti walnut, almond, dan pistachio bermanfaat melindungi jantung dengan cara menurunkan kadar kolesterol jahat LDL. (N)

Bagikan informasi tentang Makanan top untuk panjang umur kepada teman atau kerabat Anda.

Makanan top untuk panjang umur | Caca.co.id

Komentar dinonaktifkan: Makanan top untuk panjang umur

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
SIDEBAR