• Kontak Kami
  • Hotline : 083811131344
  • SMS : 083811131344
  • BBM : 5C58CBCC

Kontak Kami

( pcs) Checkout

Beranda » Artikel Terbaru » MAKANAN SEHAT PENGUSIR KOLESTEROL JAHAT

MAKANAN SEHAT PENGUSIR KOLESTEROL JAHAT

Diposting pada 2 Mei 2015 oleh khanza

MAKANAN SEHAT PENGUSIR KOLESTEROL JAHAT

Cerdas memilih makanan adalah salah satu bagian penting dari pola hidupsehat. Pilih bahan-bahan pangan yang bernutrisi tinggi, dan bermanfaat bagi kesehatan. Misalnya karena mengandung zat-zat yang dapat mengikis lemakjahat.

Berikut ini adalah 10 bahan pangan yang patut dipilih dalam memenuhi kebutuhan gizi setiap hari.

Makanan berbahan kedelai ini sangat ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol. Misalnya tahu, tempe, susu 

kedelai.

Kandunganisoflavonpadakedelaidapatmembantumenurunkan LDL (Low Density Lipoprotein) ataukolesteroljahat.

Lemakjenuh adalah musuh jantung, karena organ hati menggunakan lemak jenuh untuk membuat kolesterol. Jadi mengonsumsi makanan yang kaya dengan lemakjenuh bisa meningkatkan kadar kolesterol, terutama LDL.

TIPS Konsumsi minimal 25 gram protein kedelai setiap harinya untuk membantu menurunkan kolesterol

Kacang-kacangan

tergolongmakanan yang kayaserat, dan jenisseratnyaadalahjenis yang gampanglarut. Manfaatdariserat yang gampanglarutadalahmampumembantumenurunkankolesterol.

Kalau ktia mengonsumsi 100 gram segala jenis kacang-kacangan setiap harinya, maka kolesterol akan turun 10% dalam 1,5 bulan. Jenis k diantaranya kacang merah. TIPS Untuk kesehatan maksimal konsumsilah 25-30 gram sehari

 

Ikan salmon

meru protein terbaik karena asam lemak omega-3 Hr* sangat tinggi. Zat ini kesehatan jantung.

Kandungan asam lemak omega-3 ini tidak saja ada pada ikan salmon, namun juga makerel, sarden dan pada ikan air dingin lainnya. Lemak omega 3 bakal menurunkan kolesterol jahat (LDL), trigliserida, dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

TIPS Untuk mendapatkan omega-3, konsumsilah ikan, minimal 2 porsi dalam seminggu.

Alpukat

Alpukat merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal yang baik dan dapat meningkatkan HDL. Selain itu, alpukat juga mengandung betasitosterol yang mampu mengurangi jumlah kolesterol yang diserap dari makanan. Kombinasi betasitosterol dan lemak tak jenuh tunggal membuat alpukat merupakan makanan yang baik untuk memecah kolesterol.

Namun disamping itu, alpukat mengandung kalori yang agak tinggi. Untuk itu, jangan menambahkan alpukat dengan campuran makanan tinggi lemak, misalnya susu atau santan.

TIPS Konsumsilah lemak tak jenuh tunggal seperti yang terkandung pada alpukat. Sebuah alpukat mengandung 300 kalori dan 30 gram lemak.

bayam

Bayam banyak mengandung lutein, yaitu zat warna kuning yang ditemukan pada daun sayuran berwarna hijau dan kuning telur. Lutein bermanfaat untuk memperlambatterjadinya kebutaan. TIPS Konsumsi setengah mangkuk sayuran yang kaya lutein setiap hari.

kacang

Kacang mengandung vitamin E, magnesium, tembaga, dan fitokemikal yang

berhubungan dengan kesehatan jantung. Karena kacang tersebut tinggi kalori, sebaiknya konsumsi dalam jumlah secukupnya.

TIPS Untuk kesehatan jantung, konsumsilah segenggam kecil kacang

TEH

Teh kaya akan antioksidan. Beberapa penelitian membuktikan bahwa teh menjaga kelenturan pembuluh darah dan mencegah penggumpalan darah. Flavonoid, antioksidan utama pada teh, terbukti mampu mencegah terjadinya oksidasi LDL yang dapat membentuk plak pada dinding arteri. Antioksidan juga dapat menurunkan kolesterol dan tekanan darah.

TIPS Sebaiknya konsumsilah satu cangkir teh setiap hari.

 

coklat

Cokelat hitam atau yang tidak manis, bagus untuk kesehatan jantung. Cokelat susu dan cokelat hitam mengandung tiga kali lebih banyak flavonoid yang merupakan antioksidan. Cokelat putih tidak mengandung flavonoid.

TIPS Makan satu ons (28,3 gram) cokelat setiap hari akan meningkatkan kolesterol HDL dan mencegah oksidasi kolesterol jahat. Namun jangan terlalu banyak, karena bisa meningkatkan berat badan.

Incoming search terms:

Bagikan informasi tentang MAKANAN SEHAT PENGUSIR KOLESTEROL JAHAT kepada teman atau kerabat Anda.

MAKANAN SEHAT PENGUSIR KOLESTEROL JAHAT | Caca.co.id

Komentar dinonaktifkan: MAKANAN SEHAT PENGUSIR KOLESTEROL JAHAT

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
SIDEBAR