Kontak Kami

( pcs) Checkout

Beranda » Artikel Terbaru » Makanan Berkhasiat Menjaga Kesehatan Jantung

Makanan Berkhasiat Menjaga Kesehatan Jantung

Diposting pada 7 Mei 2016 oleh khanza

Makanan Berkhasiat Menjaga Kesehatan Jantung– Selain olahraga memakan makanan sehat adalah cara terbaik untuk menjaga kesehatan jantung. Berikut adalah beberapa makanan yang memiliki khasiat menjaga kesehatan jantung.

makanan-untuk-penyakit-jantung-loslibrosdecasiopea

Salmon
Salmon kaya akan asam lemak omega-3 yang mempunyai efek anti-pembekuan, sehingga dapat memperlancar aliran darah. Asam lemak omega-3 juga dapat mengurangi triglycerides, yaitu lemak yang dapat menjadi penyebab penyakit jantung dan mencegah ritme jantung yang tidak teratur.

Mengkonsumsi 2 atau lebih ikan salmon dalam seminggu dapat mengurangi risiko perkembangan penyakit jantung sebesar 30%. Selain salmon, Anda juga dapat mengkonsumsi tuna, sardine, dan mackerel.

Kacang-kacangan
Kacang-kacangan mengandung banyak vitamin, mineral, lemak tak jenuh yang baik bagi jantung, dan lemak jenuh tingkat rendah. Para peneliti menunjukkan bahwa mereka yang mengkonsumsi kacang-kacangan, seperti walnut, almon, juga hazelnut 2 sampai 4 hari seminggu memiliki risiko terindikasi penyakit jantung lebih rendah.

Tomat
Tomat adalah sumber vitamin C, vitamin A, potassium dan serat. Tomat juga kaya akan likopen (lycopene) yang bekerja baik dengan vitamin dan mineral untuk mencegah tubuh terserang penyakit. Mengkonsumsi tomat yang dimasak dapat meningkatkan kesehatan jantung karena meskipun kadar Vitamin C di dalamnya berkurang, namun lycopene dan antioksidan yang dikandungnya masih tersedia.

Apel
Apel terbukti dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan penyakit kardiovaskular. Peneliti asal Finlandia mengumpulkan data dari 9.208 laki-laki dan perempuan yang berusia di atas 28 tahun dan menemukan bahwa mereka yang sering mengkonsumsi apel memiliki risiko stroke lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak.

Dalam penelitian tersebut dijelaskan bahwa senyawa antioksidan flavanoid yang ditemukan di dalam apel merupakan kunci penting untuk mencegah kolesterol jahat dari proses oksidasi yang mengakibatkan penumpukan plak pada arteri, serta menghambat peradangan.

Apel juga mengandung serat pectin yang membantu menurunkan kadar kolesterol dan mengandung banyak Vitamin C.

Delima
Delima dapat mengurangi penumpukan plak pada arteri dan mengurangi tekanan darah. Para peneliti percaya, manfaat yang didapat dari delima berasal dari polyphenol dan tannin yang terkandung di dalamnya.

makanan untuk jantung
Buah delima mengandung antioksidan yang penting untuk kesehatan jantung.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada tahun 2008, dibandingkan dengan minuman yang kaya akan antioksidan lainnya seperti jus blueberry dan jus cranberry, jus delima memiliki kapasitas antioksidan yang paling tinggi.

Pisang
Dalam satu buah pisang mengandung 12% jumlah potassium yang disarankan untuk konsumsi harian. Potassium yang terkandung dalam pisang menjaga fungsi jantung tetap normal dan membantu menyeimbangkan sodium dan air di dalam tubuh. Potassium membantu ginjal mengekskresikan kelebihan sodium yang berkontribusi bagi tekanan darah yang normal dan sehat.

Teh hijau
Senyawa antioksidan yang disebut catechin pada teh hijau dipercaya dapat meningkatkan kesehatan jantung. Catechin menghambat respon inflamasi tubuh terhadap bakteri yang menyebabkan penyakit gusi. Mereka yang terindikasi penyakit gusi, berisiko dua kali lebih besar menderita masalah jantung.

Minyak zaitun dan minyak kelapa
Berdasarkan diet tradisional dari Mediterania, minyak zaitun merupakan pilihan yang tepat bila Anda ingin membatasi lemak jenuh (yang dapat ditemukan dalam daging, susu, dan mentega) memasuki tubuh Anda. Lemak yang berasal dari hewan dan lemak trans meningkatkan kolesterol jahat dan dapat menyimpan lemak di dalam arteri.

Meskipun minyak kelapa dapat meningkatkan kolesterol jahat, ia juga dapat meningkatkan lebih banyak kolesterol baik, dan dapat menyeimbangkan efek negatif yang timbulkan. Berbeda dengan lemak jenuh yang lain, molekul medum-chain fatty acid yang terkandung di dalam minyak kelapa tidak menyimpan lemak dan menimbulkan plak pada pembuluh darah.

 

  • CS 1
  • CS 2
  • CS 3

Bagikan informasi tentang Makanan Berkhasiat Menjaga Kesehatan Jantung kepada teman atau kerabat Anda.

Makanan Berkhasiat Menjaga Kesehatan Jantung | Caca.co.id

Komentar dinonaktifkan: Makanan Berkhasiat Menjaga Kesehatan Jantung

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
SIDEBAR
 
error: Content is protected !!