• Kontak Kami
  • Hotline : 5C58CBCC : 0838-11-131344
  • SMS : 58128D0E : 085-685-66-800
  • BBM : 5C56D8EA : 081-2828-8-1104

Kontak Kami

( pcs) Checkout

Beranda » Artikel Terbaru » LUPUS Ditandai Ruam Bentuk Kupu-Kupu Pada Wajah

LUPUS Ditandai Ruam Bentuk Kupu-Kupu Pada Wajah

Diposting pada 11 Juli 2016 oleh khanza

>Apa

Lupus adalah kondisi yang ditandai oleh peradangan kronis pada jaringan tubuh akibat penyakit otoimun. Penyakit otoimun artinya sistim pertahanan alami tubuh (sistim imun) Anda menyerang jaringan tubuh Anda sendiri. Lupus dapat menyebabkan hampir semua bagian tubuh terganggu termasuk kulit, ginjal, jantung, paru-paru, sistim saraf, juga sel-sel darah merah. Jika hanya kulit yang terkena, kondisinya disebut discoid lupus. Tetapi jika organ bagian dalam yang terkena, disebut  systemic lupus erythematosus (SLE). Ini adalah jenis lupus yang paling umum dan serius.

Menurut para ahli, belum jelas apa yang menyebabkan sistim imun pada penderita lupus menjadi kacau, namun diperkirakan faktor keturunan, hormon reproduksi, atau infeksi turut berperan.

LUPUS Ditandai Ruam Bentuk Kupu-Kupu Pada Wajah (2)

Lupus sulit didiagnosa karena dapat mengenai setiap orang dengan cara yang berbeda. Dokter biasa mendiagnosa lupus dari gejala umum dan tes darah yang memperlihatkan protein tertentu. Protein ini disebut antibodi antinuklir atau ANA. Namun karena penyakit lain juga dapat menyebabkan tubuh memproduksi ANA, dokter juga harus menggunakan tes-tes darah lain untuk memastikan adanya lupus.

Gejala lupus sangat bervariasi dan hilang timbul. Umumnya adalah rasa lelah luar biasa, nyeri atau peradangan sendi (artritis), demam, dan ruam.Ruam atau bercak kemerahan biasanya muncul setelah kulit terkena paparan sinar matahari. Ruam dengan bentuk kupu-kupu pada wajah merupakan tanda khas penderita lupus.

Meski pada sebagian penderita lupus gejalanya tampak ringan, penyakit ini dapat menjadi penyakit seumur hidup dan semakin parah. Namun gejala dapat dikendalikan dan kerusakan pada organ dapat dicegah dengan rutin memeriksakan diri ke dokter, menjaga pola makan, cukup istirahat dan olahraga, juga minum obat.

> Apa yang dapat dilakukan suplemen

Suplemen dapat digunakan untuk membantu meredakan gejala, menghambat perkembangan penyakit, dan mengurangi ketergantungan obat konvensional yang sering menimbulkan efek samping. Berikut adalah sejumlah suplemen yang baik bagi pasien lupus.

Vitamin B Kompleks (yang mengandung 50 mcg B12dan biotin,400 mcg folic acid,dan 50mg setiap jenis vitamin B lainnya),1 kali setiap pagi dengan makanan.

Suplemen harus dikonsumsi? bersamaan dan hasilnya baru terlihat setelah pemakaian jangka panjang atau minimal sebulan. Suplemen bisa digunakan bersama obat-obat konvensional yang diresepkan untuk lupus. Namun karena lupus adalah penyakit serius, penggunaan suplemen  tetap harus di bawah pengawasan dokter.

> Apa yang dapat Anda lakukan

  • Jaga pola makan dengan makan makanan bergizi dan seimbang
  • Cukup istirahat untuk mengurang stres
  • Hindari panas matahari, Gunakan krim pelindung cahaya matahari dan pakaian tertutup jika Anda terpaksa keluar rumah
  • Olahraga teratur untuk mencegah lelah kronis dan sendi kaku
  • Tidak merokok
  • Pahami tanda-tanda peradangan seperti lelah kronis, nyeri, dan ruam, serta lakukan langkah langkah untuk mengendalikannya

Bagikan informasi tentang LUPUS Ditandai Ruam Bentuk Kupu-Kupu Pada Wajah kepada teman atau kerabat Anda.

LUPUS Ditandai Ruam Bentuk Kupu-Kupu Pada Wajah | Caca.co.id

Komentar dinonaktifkan: LUPUS Ditandai Ruam Bentuk Kupu-Kupu Pada Wajah

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
SIDEBAR