• Kontak Kami
  • Hotline : 083811131344
  • SMS : 083811131344
  • BBM : 5C58CBCC

Kontak Kami

( pcs) Checkout

Beranda » Artikel Terbaru » LAVENDER Bunga CantikYang Kaya Manfaat

LAVENDER Bunga CantikYang Kaya Manfaat

Diposting pada 4 Mei 2015 oleh khanza

LAVENDER Bunga CantikYang Kaya Manfaat

Inilah salah satu tumbuhan obat dan aromatik yang paling penting di dunia. Lavender (Lavandula sp) dibudidayakan luas di berbagai negara untuk dinikmati keelokannya, keharumannya, serta khasiatnya yang multi guna.

Lavender merupakan tumbuhan berbunga yang tergabung dalam suku tanaman mint, Lamiaceae. Tumbuhan-tumbuhan ini dikenal karena keelokan bunganya, keharuman baunya, serta sifatnya yang multiguna. Ada sekitar 39 spesies Lavender yang telah dikenali. Pada umumnya tanaman ini berbunga ungu atau biru, dengan bentuk dan kepekatan warna yang berbeda-beda tergantung jenis dan tempat tumbuhnya.

Lavender memang bukan tumbuhan alami yang ada di Indonesia. Tumbuhan berbunga ungu biru ini, diyakini berasal dari kawasan Mediterania, Timur Tengah, India dan sekitarnya. Sejarah pemanfaatan Lavender sudah cukup tua. Beberapa pakar memperkirakan Lavender sudah dimanfaatkan umat manusia sejak 2500 tahun yang lalu.

Bangsa Yunani Kuno menyebut Lavender dengan nama nardus, mengikuti nama sebuah kota Naarda di Suriah. Lavender (Nard) termasuk dalam jenis tumbuhan yang disebutkan dalam alkitab. Nama Lavender sendiri diturunka” dari bahasa Latin ‘lavare’ yang berarti membasuh. Memang orang-orang Romawi kuno pada jaman dahulu menggunaka” Lavender sebagai pengharum air mandi, tempat tidur, pakaian, bahkan rambut mereka. Mereka juga merintis penggunaan Lavender sebagai tanaman obat.

Di Eropa pada jaman Pertengahan dan Renaisans, lavender kerap digunakan sebagai bunga tebar untuk disinfektan dan pewangi ruangan.Bunga ini juga banyak ditanam di taman-taman dengan tujuan menjauhkan dari penyakit.

Saat ini Lavender dibudidayakan di seluruh negara asalnya, dan dibudidayakan pula di Eropa, Australia, Selar; a Baru, Amerika Utara dan Amerika Selatan. Hal paling menarik dari Lavender sehingga budidayanya begitu melus; adalah keindahannya, keharumannya serta kegunaannya yang banyak.

Di banyak negara, ladang lavender yang luas terlihat seperti hamparan karpet ungu hijau, kerap menjadi tujuan wisata tersendiri.

Minyak Lavender, Wangi dan Berkhasiat

Budidaya lavender komersial biasanya bertujuan untuk memenuhi kebutuhan bahan baku minyak lavender. Minyaknya diambil dari bunga dan sebagian daun, dan dihasilkan melalui proses penyulingan.Penggunaan minyak lavender cukup beragam; mulai sebagai disinfektan, antiseptik, antiinflamasi hingga untuk aromaterapi. Bahkan minyak lavender dilaporkan sebagai termasuk salah satu minyak atsiri yang paling banyak digunakan untuk aromaterapi dan industri parfum. Minyaknya juga banyak digunakan untuk produk perawatan kecantikan, sabun mandi, lilin wangi, parfum, hingga pewangi pada berbagai cairan pembersih rumah tangga.

Minyak lavender juga kerap dimanfaatkan sebagai obat tradisional, baik sebagai obat luar mau pun untuk diminum. Sebagai obat iuar, minyak lavender diklaim bisa meredakan dan mengobati gigitan serangga, luka bakar ringan, luka iris ringan, kondisi inflamasi, hingga jerawat. Minyak lavender juga disebut bisa meredakan sakit kepala, migren, dan mabuk karena perjalanan, dengan pemakaian dioleskan pada dahi. Minyak ini pun juga kerap digunakan sebagai obat tidur alami dan relaksasi. Jika diminum, minyak lavender diyakini bermanfaat untuk mengatasi gangguan saluran cerna dan penyakit maag.

Sementara bunga lavender yang kering, banyak

dikemas dalam sachet untuk dijadikan sebagai pengharum kain, lemari, dan laci. Kegunaan lainnya adalah sebagai pengharum dan penyegar ruangan.

Sebagai anggota suku Lamiaceae, Lavender juga telah berabad-abad digunakan pada dunia kuliner. Di Prancis misalnya,lavender digunakan untuk memperkaya citarasa dan aroma hidangan. Bunga ini kerap ditambahkan pada salad, sop, olahan daging dan seafood, hingga dessert dan cemilan. Biasanya bagian tanaman yang digunakan pada dunia kuliner adalah bunga dan daun yang telah dikeringka

Bagikan informasi tentang LAVENDER Bunga CantikYang Kaya Manfaat kepada teman atau kerabat Anda.

LAVENDER Bunga CantikYang Kaya Manfaat | Caca.co.id

Komentar dinonaktifkan: LAVENDER Bunga CantikYang Kaya Manfaat

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
SIDEBAR