• Kontak Kami
  • Hotline : 083811131344
  • SMS : 083811131344
  • BBM : 5C58CBCC

Kontak Kami

( pcs) Checkout

Beranda » Artikel Terbaru » Kuning telur buruk atau baik?

Kuning telur buruk atau baik?

Diposting pada 23 Mei 2016 oleh khanza

SELAMA ini kuning telur menyandang nama buruk di dunia gizi, karena mengandung kolesterol tinggi yang sangat ditakuti bakal meningkatkan penyakit jantung. Benarkah sedemikian buruk kuning telur sampai-sampai dipantang dan dijauhi konsumen telur? Mari simak hasil penelitian terbaru yang dilakukan oleh seorang ahli naturopati, Dominique Finney.

Kuning telur mengandung 13 jenis vitamin dan mineral, termasuk yang sulit ditemukan yaitu vitamin D, folat, selenium, dan seng. Kuning telur termasuk salah satu dari sedikit bahan pangan yang mengandung vitamin D alamiah yang mampu memperkuat tulang dan mengurangi risiko multiple sclerosis. Selain itu juga mengandung protein kualitas tinggi (dibandingkan dengan jenis protein dalam makanan lain). Lantas, bagaimana dengan tuduhan bahwa kuning  telur mengandung kolesterol tinggi yang berbahaya bagi kesehatan jantung? Ternyata kadar kolesterol dalam kuning telur sebatas normal yaitu 213 – 220 mg.

Para peneliti bahkan menganjurkan telur untuk menurunkan berat badan dengan cara sarapan telur satu butir setiap pagi, karena akan mengurangi keinginan/ketagihan (craving) akan gula, lemak, dan garam selama 24 jam.

Bagaimana dengan telur Omega 3 dan telur rendah kalori, yang dijual di pasaran? Menurut Dominique Finney, semua itu dimungkinkan, la memberi contoh, jika ayam diberi makan jagung, maka kuning telurnya akan berwarna kuning cerah. Demikian juga jika ayam diberi makan makanan yang kaya nutrisi misalnya kaya Omega 3 (contohnya 50 gram ikan salmon per hari), maka kuning telurnya akan mengandung Omega 3 empat kali lipat Omega 3 dalam telur biasa. Demikian juga jika menghendaki kuning gelur rendah kalori, makanan ayamnya dapat diatur untuk itu.

Kuning telur buruk atau baik (2)

Jenis telur ayam

APAKAH Anda menyadari bahwa di pasaran beredar tiga jenis telur ayam? Inilah jenis-jenis telur ayam itu. Pilihan di tangan Anda .

  • Telur ayam kampung. Jenis telur ini biasanya berukuran kecil dan didapat dari ayam-ayam kampung yang berkeliaran tidak dikandangkan. Ayam kampung tidak disuntik vitamin, hormon, atau obat-obatan antibiotika, sehingga dianggap sehat, baik ayam dan telurnya
  • Telur organik. Jenis telur ini didapat dari ayam-ayam negri yang dikandangkan, namun diberi makan organik yang bebas herbisida, fungisida, dan pupuk. Ayam dan telurnya tetap dianggap sehat karena ayamnya makan makanan organik.
  • Telur yang diprogram. Ada dua macam telur yang diprogram, yaitu telur tinggi Omega 3 dan telur rendah kalori. Telur-telur semacam ini didapat dari ayam negri yang dikandangkan dan diberi makan berkadar tinggi Omega 3 atau makanan rendah kalori.

Bagikan informasi tentang Kuning telur buruk atau baik? kepada teman atau kerabat Anda.

Kuning telur buruk atau baik? | Caca.co.id

Komentar dinonaktifkan: Kuning telur buruk atau baik?

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
SIDEBAR