• Kontak Kami
  • 5C58CBCC : 0838-11-131344
  • 58128D0E : 085-685-66-800
  • 5C56D8EA : 081-2828-8-1104

Kontak Kami

( pcs) Checkout

Beranda » Artikel Terbaru » KONYAKU Jeli Sehat Sahabat Pencernaan

KONYAKU Jeli Sehat Sahabat Pencernaan

Diposting pada 12 Juli 2016 oleh khanza

 

Teksturnya yang kenyal membuat jeli Jepang ini disukai oleh banyak orang, terutama anak-anak. Tak cuma enak dimakan, jeli yang populer sebagai makanan diet karena tinggi serat dan rendah kalori ini juga memiliki banyak khasiat sehat.

Berbeda dengan agar-agar yang terbuat dari  rumput laut, konyaku teksturnya lebih kenyal dan tidak mudah hancur.Alasan inilah yang membuatnya mudah diterima, hingga banyak orang yang menggunakannya sebagai pengganti agar-agar dan cincau.

KONYAKU Jeli Sehat Sahabat Pencernaan (1)

Aslinya berasal dari Indonesia

Jeli konyaku adalah makanan tradisional Jepang yang terbuat dari kentang konyaku dan kalsium hidroksida yang diekstrak secara alami dari kulit telur. Kentang konyaku merupakan umbi dari tanaman herba Amorphophallus sp sendiri yang juga dikenal dengan nama Devil’s tongue dan Voodoo lily. Amorphophallus sendiri sebenarnya berasal dan Indonesia, dan dikenal dengan nama iles-iles. Sayangnya, orang Indonesia hanya menganggap tanaman ini sebagai gulma pengganggu yang sama sekali tidak ada manfaatnya. Tanaman ini juga tumbuh liar di kawasan Asia Tenggara, Cina,  dan Korea, namun budidaya kentang konyaku sebagai bahan pangan hanya dilakukan di Jepang.

Konyaku pertama kali diperkenalkan ke Jepang oleh orang Cina bersamaan dengan masuknya agama Budha ke Jepang pada masa pemerintahan Kaisar Kinmei (531-571). Kemudian konyaku mulai diperkenalkan sebagai obat pada abad ke-6 oleh para biksu Budha yang saat itu berperan sebagai dokter di Jepang. Mereka menggunakan konyaku untuk mengobati batuk, luka bakar, dan tumor Konyaku juga dipercaya sebagai “pembersih lambung dan usus” karena kemampuannya mengobati gangguan pencernaan, mengeluarkan racun dan kotoran dari dalam tubuh.

Khasiatnya tidak hanya untuk diet

Di Jepang, konyaku dianggap sebagal salah satu makanan sehat karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Apa rahasianya? Konyaku sebagian besar terdiri dari air (97 persen) dan glucomannan (3 persen) yang merupakan serat makanan yang memiliki kemampuan menyerap air dan berfungsi membersihkan toksin dari dalam usus serta mencegah timbulnya rasa lapar. Serat glucomannan dapat membantu mencegah kanker usus dan hemoroid (wasir) karena sifat prebiotiknya, yaitu dengan cara meningkatkan pertumbuhan bakteri baik Bifidobacterium di dalam usus. Meningkatnya jumlah bakteri baik dalam saluran pencernaan akan menurunkan kadar nltrosamin, yaitu jenis protein yang bersifat karsinogenik (penyebab kanker). Bakteri baik juga menstimulasi gerakan peristaltik usus sehingga membantu mengeluarkan toksin dan zat-zat berbahaya dari dalam tubuh.

Selain kaya serat, konyaku sama sekali tidak mengandung lemak dan sangat rendah kalori. Karena alasan inilah, konyaku populer sebagai makanan diet untuk menurunkan berat badan. David E. Walsh dari Moorhead State University Moor Acad, Minnesota, Amerika Serikat, melakukan penelitian tentang manfaat kandungan serat glucomannan konyaku terhadap 20 orang penderita obesitas. Hasilnya menunjukkan bahwa konsumsi 1 gram konyaku selama 8 minggu, membantu menurunkan berat badan hingga 2.5 kg.

Konsumsi konyaku bermanfaat bagi kesehatan kardiovaskular. Penelitian yang dilakukan oleh K. Tsuji pada tahun 1987 di Jepang, menunjukkan bahwa kandungan serat glucomannan dalam konyaku dapat  mencegah dan menurunkan tekanan darah tinggi. Karena itu, penderita hipertensi sangat  disarankan untuk mengkonsumsi konyaku. Tak hanya itu, hasil penelitian K. Tsuji dan Y. Iwao di Jepang pada tahun 1978, juga membuktikan bahwa konsumsi konyaku bisa membantu menurunkan dan menormalkan kadar kolesterol dan lemak di dalam tubuh.

Menyantap konyaku juga disarankan bagi para diabetesi. Berdasarkan penelitian Mc Carty MF, peneliti dari Pantox Laboratories, San Diego, Amerika Serikat pada tahun 2002, diketahui bahwa mengkonsumsi konyaku bersama dengan makanan lain akan mengurangi kecepatan penyerapan gula dari makanan, mengontrol kadar gula darah, dan mencegah diabetes.

KONYAKU Jeli Sehat Sahabat Pencernaan (3)

Konyaku kaya akan mineral, terutama kalsium, kalium, dan seng. Kalsium dalam konyaku sangat mudah diserap oleh tubuh dan kecepatan penyerapannya hampir sama dengan susu. Karena itu, konyaku bisa menjadi alternatif pangan sumber kalsium selain susu dan produknya.

Selain itu, konyaku merupakan makanan  pembentuk basa dengan pH netral yang dapat menetralkan dan menyeimbangkan asam basa tubuh. Pola makan modern yang terlalu melibatkan makanan instan dan yang banyak mengandung zat aditif akan menghasilkan asam dalam tubuh sehingga mengganggu keseimbangan asam basa tubuh. Keseimbangan asam basa tubuh sangat penting bagi kesehatan. Jika pH tubuh tidak seimbang (terlalu asam), akan menimbulkan asidosis, yaitu gangguan dan kerusakan pada fungsi sel dan organ tubuh yang mengakibatkan kurang energi, lemas, berat badan meningkat, kerja sistem pencernaan melemah, dan imunitas menurun. Karena itu, konsumsi konyaku adalah salah satu solusi untuk menyeimbangkan pH tubuh dan menjaga kesehatan tubuh.

Namun, meskipun sehat, bukan berarti konyaku boleh dikonsumsi berlebihan.Terlalu banyak mengkonsumsi konyaku bisa mengakibatkan kembung, nyeri perut, dan diare ringan. Gangguan ini akan hilang dalam beberapa hari dengan mengurangi porsi konyaku yang dimakan.

Melihat deretan manfaat sehat yang dimiliki konyaku, tak berlebihan jika konyaku dijadikan salah satu makanan sehat di Jepang. Nah, tunggu apalagi, mulailah menyertakan konyaku ke dalam menu sehari-hari Anda.

Bagikan informasi tentang KONYAKU Jeli Sehat Sahabat Pencernaan kepada teman atau kerabat Anda.

KONYAKU Jeli Sehat Sahabat Pencernaan | Caca.co.id

Komentar dinonaktifkan: KONYAKU Jeli Sehat Sahabat Pencernaan

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
OFF 16%
Rp 710.000 Rp 850.000
Ready Stock
SIDEBAR