• Kontak Kami
  • Hotline : 083811131344
  • SMS : 083811131344
  • BBM : 5C58CBCC

Kontak Kami

( pcs) Checkout

Beranda » Artikel Terbaru » KOLESTROL TINGGI MENGUNDANG SERANGAN JANTUNG DAN STROKE

KOLESTROL TINGGI MENGUNDANG SERANGAN JANTUNG DAN STROKE

Diposting pada 26 Mei 2016 oleh khanza

APA Zat mirip lemak yang disebut kolesterol ini sebenarnya penting bagi tubuh   Anda,termasuk untuk membuat bermacam- macam hormon, vitamin D, asam empedu (yang membantu pencernaan lemak), dan fungsi-fungsi penting lainnya. Secara alami liver Anda sendiri sudah membuat cukup kolesterol – sekitar 1,000 mg per hari – sehingga sebenarnya tidak diperlukan lagi tambahan dari makanan., karena terlalu banyak kolesterol dalam darah (hiperkolesterolemia) mendatangkan masalah. Namun mengetahui total kolesterol saja tidak cukup. Untuk menjaga keseimbangan kolesterol, Anda juga harus teratur memeriksakan profil lemak lengkap. Termasuk LDL (low density lipoprotein) atau disebut juga “kolesterol jahat” (yang dalam jumlah berlebihan dapat menyumbat pembuluh arteri), HDL ifiigh density lipoprotein) atau si “kolesterol baik” (karena membantu membersihkan timbunan kolesterol dalam arteri trigli-serid (jenis lemak lain dalam darah). Kadar total kolesterol dan LDL tinggi Inilah yang dapat menaikkan risiko serangan jantung. Begitu juga jika kadar HDL terlalu rendah (di bawah 35 mg/dl). Dokter menganjurkan menjaga total kolesterol darah di bawah 200 mg/dl dan kadar HDL setinggi mungkin.

KOLESTROL TINGGI MENGUNDANG SERANGAN JANTUNG DAN STROKE (4)

Kadar kolesterol tinggi tidak ada hubungannya dengan makanan berkolesterol. Banyak penelitian menyebutkan bahwa makanan berkolesterol tidak signifikan menaikkan kadar LDL. Justru lemak jenuhlah penyebab utamanya. Lemak jenuh banyak ditemukan dalam makanan yang berasal dari hewan (terutama jeroan) dan minyak nabati seperti minyak kelapa dan kelapa sawit. Lemak trans – yang banyak ditemukan dalam makanan yang diproses dan fast food – juga mengkontribusi bertambahnya kadar LDL. Kelebihan berat badan, merokok, dan kurang olahraga juga dapat memberi etek kurang baik pada kadar kolesterol.

SUPLEMEN Vitamin E, vitamin C, dan bawang putih (sendiri atau sekaligus) dapat membantu mengendalikan kadar kolesterol darah. Vitamin E tidak secara langsung menurunkan kolesterol, tetapi membantu menghambat aktivitas radikal bebas pada LDL yang menghasilkan plak yang dapat menyumbat pembuluh arteri. Dosis vitamin E adalah 200 IU dua kali sehari. Vitamin C (500 mg dua kali sehari), selain berfungsi antioksidan juga membantu meningkatkan efektivitas vitamin E. Sedangkan bawang putih merupakan obat tradisional yang biasa digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol. Ketiga suplemen tersebut aman dikonsumsi jangka panjang, sekali pun Anda sedang menggunakan obat penurun kolesterol yang diresepkan.

KOLESTROL TINGGI MENGUNDANG SERANGAN JANTUNG DAN STROKE (1)

Suplemen kromium (200 meg per hari) dan lesitin kedelai (10 mg 2-3 kafi sehari) juga dapat membantu menurunkan! kadar kolesterol darah. Kromium dengan cara menaikkan HDL, sementara lesitin membantu melancarkan pengeluaran kolesterol dari tubuh.

APA YANG DAPAT ANDA LAKUKAN Perbaiki pola makan dengan membatasi: makanan tinggi lemak jenuh dan lemak trans. Ganti daging dengan ikan, banyak makan makanan tinggi serat (seperti serelia utuh, sayuran, dan buah), sertakan protein kedelai (kedelai mengandungi lesitin, zat anti kolesterol) dalam bentuk tahu atau tempe, gunakan minyak zaitun atau minyak tak jenuh lainnya sebagai pengganti mentega dan margarin. Jangan malas berolahraga, karena olahraga teratur dapat menaikkan kadar HDL (N)

Bagikan informasi tentang KOLESTROL TINGGI MENGUNDANG SERANGAN JANTUNG DAN STROKE kepada teman atau kerabat Anda.

KOLESTROL TINGGI MENGUNDANG SERANGAN JANTUNG DAN STROKE | Caca.co.id

Komentar dinonaktifkan: KOLESTROL TINGGI MENGUNDANG SERANGAN JANTUNG DAN STROKE

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
SIDEBAR