• Kontak Kami
  • Hotline : 083811131344
  • SMS : 083811131344
  • BBM : 5C58CBCC

Kontak Kami

( pcs) Checkout

Beranda » Artikel Terbaru » KHASIAT BUAH PALA

KHASIAT BUAH PALA

Diposting pada 4 Mei 2015 oleh khanza

KHASIAT BUAH PALA

 

MENGATASI DIARE

manfaat pala yang lainnya adalah mengatasi masalah pencernaan termasuk cacingan. Sebuah studi yang di publikasikan Journal Methods and Findings in Experimental pharmacology (2002) menyebutkan bahwa ekstrak pala untuk mengatasi diare selain memberikan efek menenangkan serta dapat menurunkan tekanan darah.

MEMPENGARUHI SISTEM SARAF DAN OTAK

satu manfaat penting dari pala adalah dapat mengatasi  masalah pada sistem saraf pusat dan otak,” kata victor  R preedy, kooeditor buku ‘Nuts and Seeds in Health Perevention’ seperti dilansir Healthy eating.pernyataan ini juga didukung hasil penelitian yang diterbitkan jurnal neuroimmunology (2009) bahwa pala dapat menyehatkan sistem saraf dan otak dengan memberikan efek peerlindungan dan anti nyeri, sehingga para peneliti

menyimpulkan  bahwa pala memiliki potensi sebagai obat alami dalam penyembuhan penyakit saraf, diantaranya stroke, para peneliti dari Otto-von-Guericke-University

Magdeburg, Jerman juga menemukan bahwa ekstrak pala (black wild nutmeg) memiliki sifat antinyeri dan protective (perlindungan terhadap sistem saraf) meningkatkan pertumbuhan sel saraf. Hal inilah  yang menyakinkan peneliti bahwa pala dapat digunakan dalam membantu proses pemulihan penderita stroke.

Senyawa kimia yang diduga kuat memberikan efek susunan saraf pusat adalah myristisin, (yangmerupakan za tyang bersifat halusinogen), elemicin, safrol, dan trimyristin yang memiliki sifat anxiogenic (memicu kecemasan).pala juga memiliki efek sebagai antidepresan. Dalam Medicinal Food, disebutkan bahwa pala memiliki anti depresan yang diduga berasal dari senyawa myristicin dan elemicin yang dikandungnya.

 

POTENSI MENCEGAH KANKER

Potensi lain pala yang tidak kalah penting adalah manfaatnya sebagai pencegah kanker. “Minyak esensial yang terdapat dalam pala dapat membantu mencegah kanker dengan bertindak sebagai antioksidan dan menghambat pembentukan pembuluh darah yang memberi makanan pada sel tumor,” demikian pernyataan yang dipublikasikan dalam sebuah jurnal penelitian ilmiah, Asian Pasific Journal of Tropical Medicine (2012).

Sebuah studi yang dipublikasikan pada tahun yang sama dalam Journal of Food Science menemukan bahwa senyawa kimia myristicin dalam pala dapat menghambat pertumbuhan sel kanker usus besar. Potensi pala sebagai anti kanker juga diteliti oleh The National Cancer Institute yang menunjukkan ekstrak buah tersebut dapat menyebabkan penurunan sel kanker leukemia serta memiliki efek positif pada enzim yang terlibat dalam detoksifikasi senyawa karsinogen (penyebab kanker). Diperlukan studi lebih lanjut untuk mengetahui dosis yang tepat serta efek lain dari penggunaan pala sebagai tanaman obat seperti dilansir rethinkingcancer (2012).

POTENSI 0BAT DIABETES

Pala diketahui memiliki aktivitas seperti insulin dan berpotensi dijadikan obat untuk diabetes. Penelitian biji pala sebagai obat diabetes dilakukan Dr. Keri Lestari,

M.Si., Apt., dari Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran.

Biji pala mengandung agonis ganda PPAR alfa dan PPAR gamma, bermanfaat untuk penyakit diabetes. Penelitian Keri menunjukkan, penderita diabetes akan mendapatkan manfaat yang lebih baik jika biji pala dikonsumsi ekstraknya dalam bentuk tablet.

Dalam peneltiannya yang dilansir situs Unpad (2012),

Keri membuang zat myristisin dan safrol yang menyebabkan kantuk dengan teknik ekstraksi. Hasil uji fase 1 menunjukkan, kadar gula penderita diabetes yang mengonsumsi tablet ekstrak biji pala tersebut menurun, dengan persentase yang berlainan. Hasil penelitian Keri untuk pembuatan dan penggunaan ekstrak biji pala sebagai anti hiperglikemik pada pasien diabetes tipe 2 dipatenkan pada tahun 2010.

Incoming search terms:

Bagikan informasi tentang KHASIAT BUAH PALA kepada teman atau kerabat Anda.

KHASIAT BUAH PALA | Caca.co.id

Komentar dinonaktifkan: KHASIAT BUAH PALA

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
SIDEBAR