Kontak Kami

( pcs) Checkout

Beranda » Artikel Terbaru » KERANJINGAN MAKAN??SEGERA HENTIKAN

KERANJINGAN MAKAN??SEGERA HENTIKAN

Diposting pada 23 Mei 2016 oleh khanza

Lazimnya orang makan ketika merasa lapar. Jika tidak, bisa jadi Anda keranjingan makanan (craving). Ini salah satu  bentuk gangguan kesehatan, khususnya gangguan emosi. Oleh karena itu, dorongan makan bukan karena lapar ini disebut emotional eating. Orang memuaskan diri dengan makan sebagai pelampiasan kondisi perasaan tidak nyaman, terutama jika  sedih, bosan, kecewa. Walaupun demikian, ternyata gembira pun bisa mencetuskan keinginan makan meskipun tidak lapar.

Sesekali, tanpa kita sadari, setiap orang bisa saja melakukan kegiatan makan meskipun tidak lapar. Namun biasanya bisa dengan mudah segera menghentikannya begitu menyadari kegiatan tidak baik ini. Pada orang yang mengalami gangguan emosi yang terbiasa melampiaskannya dengan makan, kondisi ini sulit mereka kontrol dan hentikan.

Keranjingan makan bisa mendatangkan masalah kesehatan, karena kegiatan makan dilakukan tanpa kontrol. Apa pun dimasukkan ke dalam mulut, hanya karena dorongan ingin makan dan mengunyah. Mengutip data di AS, seperti diungkapkan oleh Jane Jakubczak, ahli gizi dari University of Maryland, 75% pengidap kelebihan berat badan – termasuk kegemukan – adalah penderita keranjingan makan.

KERANJINGAN MAKANSEGERA HENTIKAN

Akibat buruknya

Karena hanya terpusat pada makanan tertentu saja dan tidak terkontrol, keranjingan makan rawan memicu masalah kesehatan.Yang jelas adalah kegemukan, akibat makan berlebihan melampaui batas toleransi rasa kenyang. Kegemukan memperberat kerja organ-organ cerna. Kelelahan kronis, gangguan maag, naiknya tekanan darah dan kadar kolesterol darah, merupakan sebagian sinyal tubuh untuk mengabarkan bahwa organ cerna sudah bekerja terus-menerus melampaui kapasitasnya.

Kurang nutrisi adalah ancaman lain dari keranjingan makan. Meskipun banyak makan, makanan yang masuk bukanlah makanan kaya nutrisi seperti yang diharapkan tubuh. Sebab, umumnya makanan yang dirindukan oleh para pengidap emotional eating adalah makanan sampah (junk food), seperti kue-kue kering, es krim, keripik kentang. Meskipun bisa dibuat kaya nutrisi, pizza yang sering menjadi incaran umumnya juga terlalu banyak mengandung lemak dan natrium, serta berlimpah kalori.

Uniknya makan banyak karena “lapar mulut” ini ibarat rantai borgol yang sulit diputusksn.Asupan nutrisi terbatas, akibat makanan dominan makanan nakal dan rendah nutrisi,akan  membuat tubuh kekurangan asupan nutrisi. Akibatnya, tubuh akan terus menagih untuk diisi dangan harapan bisa memenuhi kecukupan nutrisi bagi tubuh.Namun karana yang dijejalkan lebih sering makanan nakal yang miskin nutrisi, jadilah tubuh terus-menerus menagih diisi, Kondisi ini justru membuat dorongan makan bukan karena lapar menjadi semakin kuat .

“Lapar mulut” menggganggu pergaulan, Dorongan kuat untuk makan, meskipun tidak lapar, terjadi di luar jam-jam makan yang wajar. Kondisi ini tentu sangat mengganggu. Misalnya, ketika karyawan lain tekun menyimak penjelasan bos dalam meating, Anda justru sibuk dengan keinginan untuk memenuhi dorongan mengunyah. Kegelisahan Anda mengganggu konsentrasi Anda sendiri maupun orang lain, apalagi jika Anda kemudian nekad mengunyah di dalam ruang meeting! Saking tidak tahan…

KERANJINGAN MAKANSEGERA HENTIKAN (3)

Langkah mengatasinya

Untuk bisa keluar sendiri dari gangguan emosional ini. coba lakukan dulu langkah berikut satu demi satu. Jika tak mampu, segera konsultasi dengan pakar.

  1. Sadari dan pelajari. Untuk mengatasi masalah keranjingan makan, kunci pertama adalah Anda harus sadar diri dulu mengenai gangguan Anda, Setelah Itu, pelajari apa saja yang memicu Anda makan meskipun tidak merasa lapar, Bila perlu, catat dan buat jurnal.
  2. Batasi porsinya dan kunyah lebih lama.Setelah menyadari gangguan Anda sendiri dan memahami penyebabnya, sekarang Anda bisa lebih waspada.Setiap kali dorongan makan karena “lapar mulut” itu muncul, bersikaplah lebih bijak, jika dorongan makan masih sulit dibendung, ambil makanan yang bisa memuaskan Anda dengan suapan kecil. Kunyah setiap suapan sebanyak dan selama mungkin. Banyak menggerakkan mulut bermanfaat merangsang produksi hormon antistres, yakni serotonin. Jika hormon ini banyak diproduksi, perasaan negatif yang mengakibatkan munculnya keranjingan makan akan meredup.
  3. Alihkan pada kegiatan fisik Emosi negatif yang mendorong Anda untuk makan tanpa kontrol bukanlah bak sampah yang akan habis terkuras begitu Anda menceritakan perasaan Anda pada orang lain. Sebab, gangguan emosi ini juga menyangkut ketidakmampuan menguasai diri. Jadi, kuncinya adalah Anda sendiri. Nah, untuk membangun rasa percaya diri dan perasaan mampu melawan keranjingan makan, lakukan kegiatan fisik lebih banyak. Bisa jalan kaki, berkebun, ikut klub yoga atau taichi, dan lain-lain. Sama seperti banyak mengunyah, banyak melakukan kegiatan fisik juga merangsang produksi hormon antistres yakni endorfin.
  4. Pilih makanan bermanfaat.Sekarang Anda sudah bisa membatasi porsi makan nakal dan lebih mampu menguasai diri. Jika dorongan makan meskipun bukan lapar itu muncul, pilih makanan yang memberikan manfaat sehat, misalnya buah. Buah bertekstur keras, yang harus dimakan dengan banyak dikunyah, bisa membantu Anda membuang beban emosi. Contohnya apel, jambu biji, kesemek, pir. Selain buah, mentimun segar juga memerlukan banyak dikunyah. Pilihan lain yang lebih untuk mengenyahkan gangguan keranjingan makan adalah kedelai sangrai. Makan kedelai sangrai begitu keinginan makan karena “lapar mulut” muncul. Kedelai sangrai membuat Anda banyak mengunyah, sehingga tubuh banyak pula menghasilkan hormon   Selain itu, kedelai sangrai berlimpah vitamin B-komplek yang justru sangat diperlukan ketika kita mengalami gangguan  emosi.
  5. Simpan makanan sehat saja di rumah.Hapus semua makanan nakal dari daftar belanja. Jika masih ada simpanan makanan nakal di dapur, apalagi makanan yang sering menjadi pelarian Anda, segera singkirkan. Yang termasuk dalam makanan nakal adalah semua makanan kemasan/kalengan/instan dan sejenisnya makanan manis maupun gurih yang hanya padat kalori (seperti I permen, donat, cokelat, kue kering, cake, tart, pizza). Ganti snack nakal dengan makanan sehat yang bisa dijadikan cemilan setiap kali Anda mengalami dorongan “lapar mulut”. Seperti apel, pir, jambu batu,jambu air, kesemek.
  6. Maafkan diri sendiri Tak perlu frustrasi dan menyalahkan diri sendiri jika Anda masih sering gagal mengatasi dorongan makan karena “lapar mulut”. Maafkan kekurangan Anda,  belajarlah dari kesalahan (yang terekam dalam jurnal) dan lakukan  lagi dan lagi. (N)
  • CS 1
  • CS 2
  • CS 3

Bagikan informasi tentang KERANJINGAN MAKAN??SEGERA HENTIKAN kepada teman atau kerabat Anda.

KERANJINGAN MAKAN??SEGERA HENTIKAN | Caca.co.id

Komentar dinonaktifkan: KERANJINGAN MAKAN??SEGERA HENTIKAN

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
SIDEBAR
 
error: Content is protected !!