• Kontak Kami
  • Hotline : 083811131344
  • SMS : 083811131344
  • BBM : 5C58CBCC

Kontak Kami

( pcs) Checkout

Beranda » Artikel Terbaru » Jangan lakukan kesalahan saat berdiet

Jangan lakukan kesalahan saat berdiet

Diposting pada 7 April 2015 oleh khanza

Jangan lakukan kesalahan saat berdiet

Pernahkah Anda mendengar keluhan teman Anda yang dengan uring-uringan bercerita bahwa lagi-lagi dietnya tidak berhasil. Walaupun ia telah menghilangkan dessert dan makanan yang manis-manis dari menu makannya, tetap saja ia tidak berhasil dengan dietnya. Atau Anda sendiri yang mengalaminya? Seringkali kita gagal dalam diet, kenapa ya? Begitu sulitkah yang namanya diet?

Coba, seberapa sering Anda ‘angkat tangan’ terhadap makanan berkalori tinggi, meski Anda sedang berdiet? Agaknya Anda tidak sendirian. Banyak juga yang melakukan hal yang sama seperti Anda. Mungkin hal tersebut terjadi bukan karena kurang kuatnya keinginan atau motivasi untuk langsing, mungkin Anda hanya melakukan kebiasaan makan yang salah. Jadi, ada baiknya sebelum mulai melakukan diet, coba dilihat-lihat dahulu kesalahan yang kerap dilakukan oleh ketika berdiet. Siapa tahu tanpa sadar Anda pun telah melakukan hal yang sama. Bisa saja Anda telah melanggar program penurunan berat badan yang sedang Anda jalankan sendiri.

Supaya Anda tidak mengulangi hal yang sama, simaklah kiat yang bisa menghindarkan Anda dari beberapa kesalahan yang paling umum terjadi ketika sedang berdiet, dan solusi bagaimana cara mengatasinya:

  • Jangan lupa sarapan

Jika Anda berniat untuk diet jangan lupa sarapan. Ketika Anda tidak sarapan, otomatis tubuh Anda memerlukan lebih banyak makanan sepanjang hari. Lagipula dengan sarapan, Anda tidak akan makan dengan porsi dua kali lipat pada saat makan siang nanti. Dan coba atur menu sarapan yang baik. Ingat ungkapan bijak berikut? “Breakfast is the most important meal of the day?” Sarapan membantu mengendalikan masalah kenaikan berat badan dan kegemukan bagi setiap orang. Sejumlah studi menunjukkan, kebanyakan orang sukses mempertahankan berat badan hanya dengan membiasakan sarapan setiap harinya.

Jadi, pintar-pintar saja mengolah menu buat sarapan. Misalnya 2 tangkup roti gandum diolesi dengan 1 sendok teh selai kacang dan ditambah dengan pisang 1 buah sudah cukup untuk mengisi perut Anda di pagi hari. Jika Anda memililih makanan yang menyehatkan, pilih makanan yang lambat dibakar, seperti buah dan kacang-kacangan, Anda akan dapat mengendalikan rasa lapar hingga jam makan siang datang. Pastikan, sarapan itu berefek baik bagi tubuh, bukan semata mengenyangkan saja.

 

  • Jangan ikuti kata hati

Es krim itu begitu lezatnya sehingga Anda memutuskan untuk menambah satu mangkuk atau lima mangkuk lagi. Ketika teman- teman mengingatkan program diet yang sedang Anda jalani, Anda mengeluarkan jawaban jitu: ulni kan es krim rendah lemakf’ Sejurus kemudian Anda membiarkan diri terbuai oleh makanan diet rendah kalori dan mengonsumsi lebih banyak tanpa disadari. Tak dapat disangkal banyak orang yang berpikir demikian karena makanan diet memang rendah kalori sehingga mereka pikir boleh makan dalam porsi yang lebih besar. Jadi daripada makan satu mangkuk es krim biasa, mereka makan tiga mangkuk es krim rendah lemak yang setelah dihitung-hitung justru jumlah kalorinya lebih besar. Padahal makanan rendah lemak tersebut belum tentu rendah kalori. Ada lho makanan yang disebut sebagai rendah lemak, ternyata lebih besar kalorinya dibanding jenis biasa.

 

  • Jangan makan berlebih demi pergaulan

Suatu saat Anda dan beberapa orang teman berkunjung ke sebuah restoran Italia. “Tidak adil!” Begitu kata hati Anda.

 

  • Jangan kurangi kalori secara drastis

Anda begitu ingin memakai gaun pesta yang ketat di malam Minggu nanti, maka Anda mencoba mengurangi berat badan secara kilat dengan melewati beberapa kali makan. Sayangnya, tindakan yang tidak sehat ini akan menghasilkan efek yang sebaliknya, yaitu justru meningkatkan berat badan. Apabila Anda mengurangi jumlah kalori terlalu drastis, Anda akan kelaparan dan bukan membakar lemak, melainkan jaringan tak berlemak untuk energi. Kemudian secepatnya Anda makan lagi, tubuh akan menyimpan lebih banyak lemak. Dan ketika Anda merasa lapar, asupan lemak tersebut akan digunakan untuk energi daripada jaringan tak berlemak. Atasi dengan menargetkan untuk makan tiga kali sehari. Setiap waktu makan, ingatkan diri Anda bahwa makanan tersebut sesungguhnya membantu meningkatkan metabolisme.

 

  • Batasi minuman tinggi kalori

Karena soft drinks kurang mengenyangkan, Anda pun berpikir cairan tidak dapat menaikkan berat badan. Lalu Anda meminumnya sepanjang hari untuk menahan nafsu ngemil. Padahal lebih sehat kalau Anda makan buah saja. Cara mengatasinya gampang, sebelum minum segelas cairan tinggi kalori, cobalah mengisi lambung Anda dengan segelas air putih. Anda akan merasa lebih cepat kenyang dan minum lebih sedikit. Apabila Anda benar-benar sudah kecanduan minuman bersoda yang mengandung kafein, ganti dengan diet soft drinks yang tidak mengandung kafein sehingga Anda dapat mengusir ketagihan kafein. Kemudian coba ganti kebiasaan buruk tersebut dengan minuman yang sehat seperti air putih atau teh herbal.

  • Jangan berharap berat turun secepat kilat

Anda menilai diet yang sudah dijalankan selama beberapa bulan ini sukses. Sekarang Anda merasa bertubuh sekurus Kate Moss atau Luna Maya. Tetapi mengapa jarum timbangan itu tak juga berubah? Berharap terlalu banyak akan kehilangan berat badan dengan cepat adalah kesalahan fatal dalam berdiet. Apabila Anda memutuskan terus berdiet, jumlah penurunan berat badan yang ideal adalah V2 kg setiap minggunya. Tetapi kebanyakan orang berharap lebih banyak sehingga mereka akan merasa gagal dan menyerah ketika tidak dapat mencapai target yang tidak realistis tersebut.

  • Jangan bikin target yang tidak masuk akal

Walaupun Anda berusaha sebaik mungkin untuk menurunkan berat sebanyak 4 atau 5 pon (2 atau 2,5 kg) dalam seminggu, ini merupakan hal yang mustahil. Anda tidak mungkin mendapatkan sesuatu secara instan. Anda harus melakukan diet secara teratur dan sehat untuk mendapatkan hasil yang baik

 

  • Jangan makan sedikit di malam hari

Makan malam seringkali menjadi masalah bagi wanita. Hal ini lebih sering dikaitkan dengan stres atau masalah emosional dibanding dengan rasa lapar sesungguhnya. Anda letih, kesepian, bosan, tegang. Anda ingin relaks dan memanjakan diri sendiri dengan makanan, setelah bekerja keras sepanjang hari. Sayangnya, mengkonsumsi terlalu banyak makanan pada malam hari dan malam-malam berikutnya, menyebabkan kenaikan berat badan yang tadinya bersifat sementara, menjadi permanen. Penelitian telah membuktikan, mereka yang melewati sarapan atau makan siang dan porsi makan malamnya menjadi lebih besar, memiliki metabolisme yang lebih rendah. Dengan makan ringan pada malam hari Anda memperoleh dua manfaat sekaligus, Anda bangun tidur dengan perut yang lebih rata, dan Anda memiliki nafsu makan yang lebih baik di pagi hari.

 

  • Jangan kurang minum air putih

Selain untuk mencegah terjadinya dehidrasi yang dapat menyebabkan kelelahan, pusing kepala dan ketidakmampuan untuk berpikir jernih, banyak minum air putih dapat mencegah Anda untuk makan dalam porsi besar. Bagi wanita yang sedang diet, sangat dianjurkan untuk minum lebih dari 8 gelas air putih sehari. Mungkin sepertinya hal ini sulit, namun jika Anda melakukannya secara teratur, Anda dapat memetik manfaat besar dari kebiasaan yang baik ini. Minumlah segelas air ketika bangun tidur di pagi hari, kemudian minum lagi segelas setelah selesai mandi atau setiap kali ke kamar mandi. Minum segelas air putih ketika makan siang dan segelas lagi ketika makan malam. Menjelang tidur, jangan lupa untuk minum lagi segelas air putih. Minum terlalu banyak air akan membuat perut terlihat gendut? Tidak! “Meskipun air sering dianggap menyebabkan perut kembung, minum lebih banyak air justru dapat ‘membilas’ natrium dari tubuh, dan mengurangi perut kembung,” ujar Jeff Hampl, Ph.D., R.D., peneliti nutrisi di Universitas Arizone.

 

  • Jangan abaikan asupan garam

Garam mungkin memiliki reputasi yang buruk, tetapi ia juga berperan penting dalam mengatur cairan tubuh dan tekanan darah, transmisi saraf, fungsi otot, dan penyerapan nutrisi penting. Sayangnya, kelebihan garam sedikit saja dapat menyebabkan perut kembung. Rata-rata wanita membutuhkan 500 miligram garam sehari.

Padahal kebanyakan dari kita mendapatkan lebih dari 6 kalinya, atau 3000-6000 mg per hari. Sebagian besar diperoleh dari makanan hasil proses (misalnya makanan kaleng), fast food, dan makanan di restoran. Saat Anda mengonsumsi makanan tinggi garam, misalnya dari makanan Cina, tubuh Anda merespon dengan menahan air. Ini dapat menyebabkan edema (retensi air di tubuh), dan mungkin kenaikan tekanan darah.

Bagikan informasi tentang Jangan lakukan kesalahan saat berdiet kepada teman atau kerabat Anda.

Jangan lakukan kesalahan saat berdiet | Caca.co.id

Komentar dinonaktifkan: Jangan lakukan kesalahan saat berdiet

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
SIDEBAR