• Kontak Kami
  • Hotline : 083811131344
  • SMS : 083811131344
  • BBM : 5C58CBCC

Kontak Kami

( pcs) Checkout

Beranda » Artikel Terbaru » HIPERTENSI

HIPERTENSI

Diposting pada 20 Juni 2016 oleh khanza

>Apa

Hipertensi (atau tekanan darah tinggi) adalah kondisi dimana tekanan darah meningkat melebihi normal dan berulang dalam jangka waktu lama saat istirahat.Disebut pembunuh diam-diam karena gejalanya sering tidak nyata. Namun keluhan seperti sering sakit kepala, pusing, kelelahan kronis, atau insomnia perlu diwaspadai sebagai gejala hipertensi. Hipertensi yang sudah parah dapat diikuti dengan pembesaran jantung, gagal jantung, pendarahan otak, kelumpuhan, stoke, aneurisma arterial dsb.

Bahwa tekanan darah selalu berfluktuasi, adalah hal yang normal. Namun pada sebagian orang tekanan darah tetap kronis tinggi, kondisi yang secara medis diketahui sebagai tekanan darah tinggi. Laki- laki mempunyai peluang hipertensi dua kali lebih besar dibandingkan perempuan.

Tekanan darah normal adalah 120/80 mmHg atau lebih rendah. Angka lebih tinggi, disebut juga angka atas atau sistolik menunjukkan tekanan ketika jantung berkontraksi dan memompa darah melalui arteri. Sedangkan angka lebih rendah, disebut angka bawah atau diastolik, merefleksikan tekanan ketika jantung berelaksasi. Disebut hipertensi apabila tekanan darah berkisar sekitar 140/90 mmHg atau lebih, melalui sedikitnya tiga kali pengukuran dalam jangka beberapa minggu.

Penyebab

HIPERTENSI (2)

90-95 persen kasus hipertensi termasuk hipertensi primer yang penyebabnya merupakan kombinasi efek dari beberapa faktor. Selebihnya adalah hipertensi sekunder yang disebabkan oleh kelainan spesifik pada salah satu organ atau sistim dalam tubuh, atau efek samping obat-obatan tertentu. Faktor faktor yang diketahui dapat meningkatkan risiko hipertensi adalah pola makan buruk (kebanyakan protein/lemak hewani dan karbohidrat halus, kebanyakan garam, kurang makanan berserat dan alami), obesitas, stres, dan gaya hidup tidak aktif (malas berolahraga).

> Apa yang dapat dilalaikan suplemen

Minum kalsium 1000 mg dan magnesium 500 mg per hari. Kalsium membantu menurunkan tekanan darah, juga baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Magnesium membantu merelaksasi otot-otot pembuluh darah agar sirkulasi darah lancar (suplemen magnesium tidak dianjurkan jika ada penyakit ginjal). Tambahkan vitamin C 500 mg 2 kali sehari untuk membantu melebarkan pembuluh darah; vitamin B kompleks 50 mg 3 kali sehari dan asam lemak esensial dalam bentuk minyak ikan atau minyak biji flaks 1000 mg 2 kali sehari untuk melancarkan sirkulasi (konsultasikan dengan dokter jika sedang menggunakan obat pengencer darah); vitamin E untuk mencegah efek radikal bebas dan penggumpalan darah, mulai dari 100 IU dua kali sehari dan setelah 2 minggu naikkan sampai 400 IU dua kali sehari.

Terapi suplemen hanya dianjurkan untuk hipertensi ringan. Jika setelah dua bulan tekanan darah masih tidak merespons terapi ini, Anda perlu obat penurun tekanan darah yang diresepkan dokter.

HIPERTENSI (1)

> Apa yang dapat anda lakukan

 

  • Menurunkan berat badan jika kelebihan
  • Makan lebih banyak buah sayuran segar. Makanan ini kaya dengan zat-zat penting bagi kesehatan darah dan pembuluh darah, termasuk kalium yang efektif menurunkan tekanan darah. Kurangi makanan tinggi lemak, garam, juga produk susu. Hindari kafein, rokok, dan alkohol.
  • Berolahraga teratur seperti jalan kaki atau aerobik membantu membersihkan dinding arteri dari molekul-molekul lemak yang melekat, dan mencegah penyempitan pembuluh darah.
  • Latihan relaksasi atau meditasi membantu meredakan stres penyebab hipertensi.
  • Hindari mandi air panas. Gunakan air hangat dan air dingin berganti-ganti setiap 3 menit untuk mandi sekaligus terapi, ulangi masing-masing 2-3 kali. Keringkan tubuh dengan handuk dan gosok keras sampai warna kulit kemerahan. Cara ini membantu melancarkan sirkulasi darah.

Bagikan informasi tentang HIPERTENSI kepada teman atau kerabat Anda.

HIPERTENSI | Caca.co.id

Komentar dinonaktifkan: HIPERTENSI

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Rp 80.000
Ready Stock
SIDEBAR