• Kontak Kami
  • Hotline : 083811131344
  • SMS : 083811131344
  • BBM : 5C58CBCC

Kontak Kami

( pcs) Checkout

Beranda » Artikel Terbaru » Mengobati ketombe secara alami

Mengobati ketombe secara alami

Diposting pada 17 April 2015 oleh khanza

mengobati ketombe secara alami

Ketombe atau dalam bahasa medisnya ptiriasis banyak diderita oleh penduduk Indonesia yang beriklim tropis, suhu tinggi dan udara lembap. Penyakit ini lebih sering dialami oleh orang dengan kulit berminyak. Dari bayi baru lahir sampai orang dewasa bisa menderita ketombe.

Apa itu ketombe sebenarnya? Ketombe adalah suatu pertumbuhan berlebihan dari kulit kepala tanpa adanya peradangan. Gejala umumnya adalah timbulnya sisik-sisik putih pada kulit kepala, gatal dan bisa juga disertai kerontokan rambut. Gejala kelainan yang timbul dapat bervariasi antarindividu. Ketombe seringkali menjadi masalah karena mengganggu penampilan seseorang akibat kotornya rambut. Penderita ketombe akan menghindari mengenakan baju berwarna gelap karena akan terlihat jelas rontokan ketombe yang berwarna putih.

Ketombe dapat diperparah dengan tumbuhnya micro- organisme di rambut secara berlebihan. Pityrosporum ovale, sebenarnya adalah flora normal di rambut. Akan tetapi berbagai keadaan seperti suhu, kelembapan, kadar minyak yang tinggi dan penurunan imunitas tubuh, dapat memicu pertumbuhan jamur ini.

Munculnya keluhan ketombe biasanya diawali dengan rasa gatal di kulit kepala meski baru saja keramas. Selain itu akan terjadi kelainan kulit kepala berupa:

  • warna kulit kemerahan
  • kulit yang mengelupas berminyak dan berwarna putih kekuningan, berbatas agak kurang tegas dan terasa gatal
  • Rambut pada tempat tersebut mempunyai kecenderungan rontok

Ketombe yang sering menjengkelkan dan membuat malu dalam berpenampilan biasanya disebabkan oleh banyak faktor, antara lain infeksi jamur, kelelahan, stres dan emosional. Pada bayi yang baru lahir atau anak-anak sering mengalami keluhan ketombe karena bawaan sejak di kandungan. Secara rinci ketombe yang dialami orang dewasa biasanya disebabkan meningkatnya produksi minyak di kulit kepala dan mening­katnya jumlah mikroorganisme di kulit kepala, seperti

  1. ras dan genetik tertentu
  2. makanan berlemak tinggi
  3. iklim dan cuaca
  4. stres psikis
  5. obat-obatan atau kosmetik rambut
  6. faktor usia
  7. kebersihan kulit kepala yang buruk
  8. penyakit sistemik kronik.

 

 

Cara Menghilangkan Ketombe dengan Jeruk Nipis

Campurkan 100 ml air jeruk nipis dengan 100 ml air perasan buah nanas dan 100 ml santan kemudian aduk rata. Hasil campuran dibasuhkan ke rambut sampai membasahi kulit kepala secara merata. Bilas rambut menggunakan sampo. Secara rutin lakukan sebanyak 2 kali dalam satu minggu.

 

Daun Pandan

Cuci daun pandan hingga bersih sebanyak 5-7 daun. Haluskan daun pandan dengan cara ditumbuk ataupun digerus kemudian dicampur dengan setengah gelas air kemudian diperas. Basuh air perasan ke rambut sampai menyentuh kulit kepala. Tunggu kurang lebih selama setengah jam kemudian bilas sampai bersih.

 

Jus Apel

Buatlah jus apel dengan jumlah apel kurang lebih 3 buah. Campur ekstrak apel dengan air hangat secukupnya dan aduk sampai rata. Gunakan untuk keramas dan tunggu sekitar 15 menit sebelum rambut dibersihkan.

 

Lidah Buaya

Tumbuk bagian daging lidah buaya sampai halus. Oleskan pada kulit kepala dan tunggu sekitar 15 menit sebelum dibersihkan.

 

Kangkung

Seikat kangkung direbus ke dalam 2 gelas air. Tunggu sampai mendidih dan tersisa setengahnya saja. Setelah dingin kangkung diremas-remas agar sarinya keluar. Oleskan pada kulit kepala dan tunggu sekitar 30. Air rebusan kangkung gunakan untuk membasuh rambut. Bersihkan rambut dengan air hangat atau keramas dengan sampo yang cocok dengna kulit kepala anda

 

Minyak Almond

Minyak almond dioleskan ke kulit kepala sampai rata sambil dipijat-pijat. Celupkan rambut ke dalam air hangat kemudian tutup selama setengah jam. Bilas sampai bersih

 

Cara Menghilangkan Ketombe dengan Minyak Zaitun

Minyak zaitun dipanaskan kemudian dioleskan ke kulit kepala secara merata sambil dipijit-pijit. Bungkus rambut dengan handuk selama setengah jam kemdian bilas sampai bersih.

 

Cuka

Cuka dicampur dengan air dengan perbandingan yang sama. Oleskan pada kulit kepala dan biarkan semalaman sebelum dibersihkan pada esok harinya.

 

Minyak Kelapa

Pijir kulit kepala dengan menggunakan minyak kelapa sebelum anda tidur. Tutup rambut menggunakan handuk selama 30 menit. Bilas sampai bersih.

Incoming search terms:

Bagikan informasi tentang Mengobati ketombe secara alami kepada teman atau kerabat Anda.

Mengobati ketombe secara alami | Caca.co.id

Komentar dinonaktifkan: Mengobati ketombe secara alami

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
OFF 10%
STOK HABIS
Rp 135.000 Rp 150.000
Habis
SIDEBAR