• Kontak Kami
  • Hotline : 083811131344
  • SMS : 083811131344
  • BBM : 5C58CBCC

Kontak Kami

( pcs) Checkout

Beranda » Artikel Terbaru » Gangguan saat menstruasi

Gangguan saat menstruasi

Diposting pada 10 April 2015 oleh khanza

Gangguan saat menstruasi

Meski kedatangannya harus kita syukuri (karena berarti sistem re­produksi kita berjalan dengan baik), tetapi menstruasi kadang bisa menimbulkan keluhan-keluhan yang terjadi beberapa hari sebelum menstruasi keluar. Ini dikenal dengan gejala pramenstrual atau Pre- menstruation Syndroms (PMS). Ada berbagai keluhan yang dapat terjadi dan cukup mengganggu seperti timbulnya jerawat, payudara nyeri dan membengkak, tubuh terasa membengkak, pusing, atau mudah merasa kesal. Beberapa juga merasakan nyeri atau kram di perut bagian bawah. Penyebab dari timbulnya PMS ini tidak diketa­hui dengan pasti, tetapi dikaitkan dengan menurunnya level hormon estrogen dan progesteron beberapa hari sebelum datangnya men­struasi.

Selain pada PMS, keluhan juga dapat terjadi setelah menstruasi datang. Umumnya berupa nyeri atau kram di sekitar perut bagian bawah yang dikenal dengan istilah dysmenorrhea. Sekitar sepertiga dari perempuan mengalami nyeri atau kram perut selama menstruasi. Rasa nyeri ini disebabkan oleh kontraksi rahim ketika terjadi peluru­han lapisan endometrium. Sel-sel dalam lapisan rahim melepaskan zat kimia khusus yang disebut prostaglandin, sehingga kita merasa nyeri dan kram, terkadang juga disertai diare dan mual.

Memang cukup mengganggu bila keluhan-keluhan itu datang. Bah­kan terkadang aktivitas kita sehari-hari pun bisa terhambat.

Ada beberapa cara yang dapat dicoba untuk meredakan gejala ini:

  • Kompreslah perut bagian bawah yang nyeri atau kram dengan botol atau handuk panas (tentunya yang sudah diperas airnya) sambil duduk atau berbaring.
  • Minum obat pereda nyeri dapat membantu mengurangi gejala nyeri akibat menstruasi. Obat-obatan yang tergolong anti pera­dangan non-steroid (NSAID) seperti aspirin atau ibuprofen dapat bekerja sebagai antiprostaglandin yang dapat meredakan nyeri.
  • Kurangi konsumsi minuman berkafein seperti kopi, teh, dan mi­numan bersoda, yang dapat langsung berpengaruh pada sistem saraf dan memperparah gejala PMS.
  • Olahraga teratur dan memperbanyak aktivitas fisik dapat mem­bantu mengatasi gejala premenstrual dan keluhan ketika men­struasi datang. Lakukan olahraga seperti jalan pagi atau ber­sepeda beberapa kali dalam seminggu secara teratur untuk mengurangi nyeri.
  • Gerakan relaksasi yoga tertentu dapat mengurangi nyeri ketika menstruasi, salah satunya adalah pose anak. Duduklah di lantai dengan posisi menindih kedua kaki yang terjulur ke belakang. Setelah itu tundukkan dan dekatkan tubuh serta kepala ke lantai

sambil menarik napas dalam-dalam secara teratur. Tetaplah da­lam posisi itu selama dan senyaman mungkin.

Bagikan informasi tentang Gangguan saat menstruasi kepada teman atau kerabat Anda.

Gangguan saat menstruasi | Caca.co.id

Komentar dinonaktifkan: Gangguan saat menstruasi

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
SIDEBAR