Kontak Kami

( pcs) Checkout

Beranda » Artikel Terbaru » Cantik Dan Sehat Dengan Henna

Cantik Dan Sehat Dengan Henna

Diposting pada 18 Mei 2016 oleh khanza

Sebagai bahan dasar pewarna alami yang banyak dicari, ternyata henna juga berkhasiat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Simak semua manfaatnya!

Sebagai bahan kecantikan henna telah digunakan jauh sebelum zaman kosmetik modern, yaitu sejak zaman Mesir Purba sekitar 4000 tahun lalu. Di sejumlah negara di Afrika dan Asia seperti Yaman, Sudan, Libya,Turki, Maroko, India, Bangladesh, Pakistan, henna sudah lama digunakan untuk mempercantik diri. Begitu pula di Malaysia dan Indonesia.

Di Indonesia, teknik pewarnaan menggunakan henna (Lawnosia inermis) ini semakin digandrungi sejak gebrakan “Back to nature” kembali populer. Bedanya ia dahulu henna dimanfaatkan secara alami dengan mengolah sendiri daunnya, di era modern ini penggunaan henna dipermudah karena daun henna telah diproses menjadi bubuk, bahkan pasta, “lebih praktis dan efisien,” ujar Haila Biahab, praktisi henna sekaligus pemilik Balonhenna, Tebet, Jakarta Selatan.

Kata henna (hina) sendiri diambil dari Bahasa Arab yang artinya obat. Sedangkan Bangsa Indonesia menyebutnya inai atau pacar

 

Sebagai pewarna alami

Henna digunakan untuk memperelok tubuh dengan menorehkannya di bagian yang ingin ditonjolkan, seperti tangan,kaki, lengan, hingga bagian tubuh lainnya (Body art). “Namun tidak seperti tato yang menggunakan bahan pewarna kimia Berbahaya, hasil torehan henna aman,tidak permanen, dan bisa hilang setiap saat,” ujar Haila, praktisi yang telah 5 tahun mendalami manfaat henna untuk kecantikan.

Selain itu, henna juga banyak dimanfaatkan sebagai bahan pewarna rambut dan kuku. Itu karena jenis tumbuhan berbunga yang banyak tumbuh di benua Afrika, Asia bagian selatan, dan sedikit di sebelah utara Australia ini mengandung zat pewarna alami yang banyak terdapat di daun henna.

Berkhasiat obat

Henna yang konon menjadi tanaman kesayangan Nabi Muhammad SAW, ternyata juga memiliki banyak khasiat obat.

Menurut dr Willie Japaries,MARS, dokter yang mendalami Traditional Chinese Medicine (TCM) dari Rumah Sakit Abdi Waluyo,Jakarta, henna memiliki berbagai macam manfaat, antara lain:

  • Mengobati penyakit kuku atau biasa disebut paronikia yang diakibatkan kuman/jamur.

CARANYA: bubuk daun henna yang telah menjadi pasta dipakai sebagai kompres di atas kuku yang sakit.

  • Mengobati herpes.

CARANYA: dicuci dengan air jeruk, ditambah daun kedondong atau daun kelor dan kapur, digiling halus, lalu pakai sebagai kompres di tempat yang sakit.

  • Melancarkan haid dan mengurangi nyeri ketika haid.

CARANYA: minum air seduhannya

  • Sakit kepala.

CARANYA: akar daun henna digiling halus, lalu kompreskan tepat dl atas kepala bagian depan.

“Dalam ilmu herbal Cina (Traditional Chinese Medicine), henna disebut zhi jia hua ye dan dikenal sebagai herba yang mengandung zat mirip vitamin K, namanya lawsone, yang berefek menghentikan pendarahan. Bahkan bijinya juga dapat dipakai untuk merangsang kerja otak dan meningkatkan konsentrasi,” kata dr Willie.

Tetap harus waspada

Meskipun merupakan bahan alami, pemakaian henna tetap ada aturannya. “Biarpun henna bahan alami, tidak tertutup kemungkinan akan berdampak alergi karena jenis dan kondisi kulit setiap orang berbeda-beda,” ujar Haila.

Oleh karena itu, Haila menyarankan, sebelum mengaplikasikan henna terlebih dahulu dilakukan tes apakah pemakai memiliki alergi terhadap henna atau jeruk lemon, karena cairan jeruk lemon digunakan untuk mempertajam warna asli henna.

“Perlu diketahui juga bahwa henna yang asli berwarna oranye kecokelatan dan tidak ada yang hitam. Henna hitam mengandung campuran pewarna kimia yang disebut PPD (paraphenylenediamine) Jika digunakan, PPD mampu menembus ke dalam kulit dan aliran darah. Zat ini dalam jangka pendek dapat menyebabkan alergi dan iritasi kulit, sedangkan dalam jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan hati, ginjal, dan menimbulkan kanker.Sebagai alternatif untuk mendapatkan warna hitam atau biru kehitaman, Anda dapat menggunakan jagua, pewarna alami dari buah-buahan yang diekstrak,” ujar Haila yang juga mempunyai hobi melukis.

Langkah melukis dengan henna

Cantik Dan Sehat Dengan Henna (1)

Adapun langkah-langkah melukis dengan henna adalah sebagai berikut:

  1. Pastikan bahwa Anda tidak memiliki alergi ( terhadap henna dan jeruk lemon. Selain itu, untuk menghasilkan warna yang sempurna, sebelum dilukis dengan henna sebaiknya Anda beristirahat yang cukup agar kulit Anda sehat kondisinya.
  2. Selanjutnya, daerah kulit yang akan dilukis dibersihkan (dioleskan dengan kapas) menggunakan cairan alkohol. Hal ini membantu proses penyerapan warna henna di kulit.
  3. Gunakan pasta henna pada kulit yang akan dilukis. Setelah proses pelukisan selesai (lama pengerjaannya tergantung kesulitan desain), biarkan sampai pasta setengah kering, sekitar 15-20 menit.
  4. Setelah itu, semprotkan air jeruk lemon yang telah dicampur gula tepat di area kulit yang dilukis. Hal ini membantu mempercepat proses penyerapan warna, dan agar henna dapat lebih bertahan lama di kulit.
  5. Kemudian setelah lebih kurang dua jam atau lebih, hapus sisa pasta henna yang tertinggal di kulit dengan menggunakan kertas tisu lembut atau air hangat. Jangan menggunakan sabun, karena akan menghapus hasil lukisannya. Makin lama pasta henna dibiarkan di kulit, warna yang dihasilkan akan lebih tahan lama. (N)

Incoming search terms:

  • CS 1
  • CS 2
  • CS 3

Bagikan informasi tentang Cantik Dan Sehat Dengan Henna kepada teman atau kerabat Anda.

Cantik Dan Sehat Dengan Henna | Caca.co.id

Komentar dinonaktifkan: Cantik Dan Sehat Dengan Henna

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
OFF 5%
Rp 90.000 Rp 95.000
Ready Stock
SIDEBAR
 
error: Content is protected !!