• Kontak Kami
  • Hotline : 083811131344
  • SMS : 083811131344
  • BBM : 5C58CBCC

Kontak Kami

( pcs) Checkout

Beranda » Artikel Terbaru » Bahaya Kurang Tidur Bagi Kesehatan

Bahaya Kurang Tidur Bagi Kesehatan

Diposting pada 20 November 2015 oleh khanza

Bahaya Kurang Tidur Bagi Kesehatan

Bahaya Kurang Tidur Bagi Kesehatan– Kurang tidur memang memiliki pengaruh yang buruk bagi kesehatan. Banyak dampak buruk yang bisa disebabkan oleh kurang tidur. Salah satunya adalah menyebabkan depresi dan juga penyakit alzaimer. Berikut ini akan kami jelaskan Bahaya Kurang Tidur Bagi Kesehatan

Bahaya Kurang Tidur Bagi Kesehatan

Menyebabkan Depresi
Dalam studi tahun 1997, peneliti dari Universitas Pennsylvania melaporkan orang-orang yang tidur kurang dari 5 jam per hari selama tujuh hari menyebabkan stres, marah, sedih, dan kelelahan mental. Selain itu, kurang tidur dan gangguan tidur dapat menyebabkan gejala depresi. Gangguan tidur yang paling umum, yaitu insomnia yang memiliki kaitan kuat dengan depresi. Dalam studi tahun 2007 melibatkan 10.000 orang, terungkap bahwa pengidap insomnia 5 kali lebih rentan depresi. Bahkan, insomnia sering menjadi salah satu gejala pertama depresi. Insomnia dan tidak nafsu makan akibat depresi saling berhubungan. Kurang tidur memperparah gejala depresi dan depresi membuat anda lebih sulit tidur. Sisi positifnya, pola tidur yang baik dapat membantu mengobati depresi.

Menyebabkan Alzheimer
Bahaya kurang tidur ternyata tidak hanya rentan menyebabkan penyakit kanker pada seseorang. Namun, ada bahaya lain yang mengintai yakni resiko terserang Alzheimer. Direktur Unit Penelitian Kesehatan Tidur Loughborough University, Profesor Kevin Morgan, mengatakan bahwa orang yang mengalami sedikit tidur akan mengalami penurunan sistem kekebalan tubuh.
Sementara Profesor Neurology Washington University Dr Yo-El Ju menyatakan bahwa orang yang lebih banyak memiliki waktu terjaga di tempat tidur memiliki resiko mengalami plak yang tinggi. Plak ini disebabkan oleh adanya penumpukan protein di otak yang diduga bisa menyebabkan kerusakan sel otak, bentuk yang ada pada Alzheimer, yang biasanya tertimbun selama 10-15 tahun. Dr Yo-El Ju menyatakan bahwa semua orang harus menjaga kualitas tidurnya untuk meminimalisir terkena penyakit Alzheimer ini.

Diabetes
Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Diabetes pada tahun 2011, peneliti dari University of Chicago dan Northwestern University menemukan bahwa ketika penderita diabetes tipe 2 tidak memiliki jam tidur yang mencukupi di malam hari, akan meningkatkan kadar glukosa dalam darah hingga 9 persen.
Selain itu, kurang tidur juga dapat meningkatkan kadar insulin hingga 30 persen dan meningkatkan resistensi insulin pada penderita diabetes tipe 2 hingga 43 persen.

Kanker Payudara
Peneliti dari Tohuku University Graduate School of Medicine di Jepang melakukan penelitian terhadap 24.000 wanita yang berusia 40 sampai 79 tahun dan menemukan bahwa peserta yang memiliki jam tidur kurang dari 6 jam setiap malamnya memiliki risiko kanker payudara 62 persen lebih besar dibandingkan peserta yang tidur hingga 9 jam setiap malam.

Wajah terlihat lesu dan pucat
Ketika seseorang kurang tidur, itu artinya mereka tidak cukup istirahat, dan terjaga selama beberapa jam pada malam hari, atau mungkin hingga pagi. Hal ini akan terlihat dari wajah seseorang, dimana wajahnya akan terlihat lesu dan pucat. Hal ini disebabkan karena wajah juga mengalami kekurangan istirahat, sehingga akan terlihat pucat.

Bagikan informasi tentang Bahaya Kurang Tidur Bagi Kesehatan kepada teman atau kerabat Anda.

Bahaya Kurang Tidur Bagi Kesehatan | Caca.co.id

Komentar dinonaktifkan: Bahaya Kurang Tidur Bagi Kesehatan

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
SIDEBAR