• Kontak Kami
  • Hotline : 083811131344
  • SMS : 083811131344
  • BBM : 5C58CBCC

Kontak Kami

( pcs) Checkout

Beranda » Artikel Terbaru » Bahan obat dari tanaman kamboja

Bahan obat dari tanaman kamboja

Diposting pada 27 Mei 2016 oleh khanza

BUNGA

Bahan obat dari tanaman kamboja (3)

Bisa menggunakan bunga segar atau bunga kering jemur. Bunga segar boleh disantap sebagai lalap, setelah dikukus. Atau, rebus bunga kamboja kering, kemudian minum air rebusannya setelah dingin. Dilakukan 3 kali sehari.

KHASIAT: Menurunkan demam, meredakan batuk, memperlancar keluarnya air seni, menghentikan mencret karena disentri, mencegah pingsan akibat hawa panas (heat stroke). Jika konsentrasinya pekat (jumlah bunga kamboja diperbanyak), berkhasiat memperlancar buang air besar. Untuk ini, bunga dimakan atau air rebusannya diminum pada jam makan malam atau sebelum tidur.

GETAH

Dioleskan pada bagian yang sakit, dilakukan 2-3 kali sehari. Getah bisa diperoleh dengan mematahkan pangkal daun atau memangkas batang kamboja.

KHASIAT: Mempercepat pematangan bisul, merontokkan kutil dan kapalan, mengeluarkan benda selusupan (tulang ikan, duri kecil, atau beling kecil yang terselip ke bawah kulit dan sukar dikeluarkan), menyembuhkan kulit telapak kaki bagian tumit yang pecah-pecah. Kadang getah kamboja dimanfaatkan pula sebagai penghilang nyeri pada gigi berlubang. Sayangnya, cara ini berisiko merusakkan gigi.

Hindari getah kamboja mengenai mata, karena dapat mengkibatkan kebutaan.

Bahan obat dari tanaman kamboja (1)

AIR REBUSAN BATANG/AKAR SEBAGAI OBAT LUAR

Potongan batang, kulit batang, dan/atau bagian akar tanaman kamboja bisa langsung direbus atau dilumatkan lebih dulu. Selagi air rebusan masih hangat digunakan sebagai olesan atau untuk merendam bagian yang sakit. Jika gangguan yang timbul hanya memungkinkan untuk diolesi saja maka bubur batang, kulit batang, dan/atau akar kamboja tidak perlu direbus bisa langsung dioleskan. Kalau perlu, boleh ditapalkan lalu dibalut dengan perban, sehingga penyerapan zat aktif dapat lebih intensif.

KHASIAT: Mengempiskan bengkak, menyembuhkan borok dan koreng, tumit kaki pecah-pecah.

AIR REBUSAN BATANG/AKAR UNTUK DIMINUM 

Pengobatan oral (untuk diminum) paling aman adalah menggunakan bunga kamboja, karena konsentrasi senyawa obatnya kurang pekat. Kalau menggunakan air rebusan batang, kulit batang, dan/atau akarnya, hendaknya disiapkan lebih seksama. Sebaiknya konsentrasinya tidak terlalu pekat, dengan membatasi penggunaan batang maupun akar dalam air rebusan. Air rebusan kamboja lebih baik dikonsumsi dengan konsentrasi lebih ringan, tapi pengulangan dilakukan lebih sering (diminum 3 kali sehari). Cukup gunakan batang kamboja atau kulit batangnya seukuran 2 jari untuk setiap 5 gelas air untuk merebus.

KHASIAT: Menyembuhkan busung air (udema)-salah satunya ditandai dengan ‘wajah bulan’ (moon face)- akibat kurang gizi, menyembuhkan sembelit dan melancarkan buang air besar yang tertunda, menyembuhkan cacingan.

Bagikan informasi tentang Bahan obat dari tanaman kamboja kepada teman atau kerabat Anda.

Bahan obat dari tanaman kamboja | Caca.co.id

Komentar dinonaktifkan: Bahan obat dari tanaman kamboja

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
SIDEBAR