• Kontak Kami
  • Hotline : 083811131344
  • SMS : 083811131344
  • BBM : 5C58CBCC

Kontak Kami

( pcs) Checkout

Beranda » Artikel Terbaru » Atasi Jerawat dengan Bahan-bahan di Rumah

Atasi Jerawat dengan Bahan-bahan di Rumah

Diposting pada 21 April 2015 oleh khanza

Atasi Jerawat dengan Bahan-bahan di Rumah


Rasanya sangat menyebalkan bila jerawat muncul di kulit wajah. Bagi yang geregetan, jari jemarinya biasanya tak sabar untuk memencet jerawat yang ada itu. Cara ini, selain tidak tepat, tentu saja menimbulkan risiko infeksi terlebih bila jari Anda kotor.
Sebelum menimbulkan masalah gara-gara muncul keinginan untuk memencet jerawat, lebih baik gunakan cara berikut, yang dapat membantu meredakan jerawat Anda. Dan kabar baiknya, bahan pereda jerawat ini bisa diperoleh dari rumah Anda.
Aspirin. Bahan asam salisilat yang terdapat pada aspirin merupakan bahan yang sama dan terdapat pada banyak produk jerawat. “Haluskan satu aspirin pada air dan buat campuran seperti pasta,” saran Debra Jaliman, MD, dermatolog yang berbasis di New York serta penulis Skin Rules.
Oleskan pasta tersebut pada jerawat dengan kapas dan biarkan selama 10 menit. Setelah itu bersihkan dengan air hangat.
Minyak tea tree. Bahan ini kerap digunakan pada produk perawatan jerawat. “Minyak tea tree merupakan antiseptik dan antiinflamasi ringan,” terang Jessica Krant, MD, dermatolog bersertifikasi serta asisten profesor dermatologi klinis di SUNY Downstate Medical Center.
Teteskan beberapa minyak tea tree pada kapas dan kemudian tepuk-tepuk pada jerawat, saran Dr. Jaliman. Setelah itu diamkan selama beberapa jam atau semalaman.
Es. Seperti halnya dapat mengontrol pembengkakan pada pergelangan kaki yang keseleo, es juga dapat membantu mengurangi inflamasi jerawat. “Bungkus  es dengan kain dan diamkan pada jerawat selama satu menit. Tindakan ini akan membuat vasokonstriksi pembuluh darah dan meredakan kemerahan serta bengkak,” urai Dr. Jaliman.
Cuka apel. Untuk toner, larutkan satu bagian cuka apel dengan tiga hingga empat bagian air (gunakan empat bagian bila Anda memiliki kulit sensitif) dan oleskan ke seluruh wajah dengan menggunakan kapas. “Cara ini dapat membunuh bakteri permukaan dan memberi efek pengelupasan kimia ringan,” terang Dr. Krant.
Lebih lanjut, tambah Dr. Jaliman, cuka apel mengandung asam sitrat yang merupakan asam alfa hidroksi yang banyak ditambahkan pada produk jerawat yang dijual bebas.
Air perasan lemon. Seperti halnya cuka apel, air lemon mengandung asam sitrat. Serta asam askorbat, penyegar alami dan anioksidan. Usapkan pada jerawat dengan kapas yang sudah diteteskan dengan air jeruk lemon dan biarkan semalaman.
Bawang putih. Kandungan antiseptik dan antibakteri pada bawang putih membantu mengatasi jerawat saat dioleskan secara topikal. Bawang putih yang sudah dilumatkan, dijelaskan Dr. Jaliman, mengandung allicin, komponen antibakteri.
Ia menyarankan membuat campuran dari bawang putih cincang dengan air. Oleskan pada jerawat dan tunggu selama lima menit. Baru kemudian dibersihkan dengan air.
Putih telur. Protein dan vitamin pada putih telur membantu mengencangkan dan mengangkat minyak dari kulit wajah. Serta membantu melepaskan pori yang tersumbat dan mengurangi inflamasi. Rekomendasi dari Dr. Jaliman adalah dengan mengoleskan putih telur di bagian yang bermasalah dan diamkan selama 10 menit sebelum dibersihkan dengan air.
Madu. Bisa digunakan sebagai masker dengan mengoleskannya ke seluruh wajah ataupun hanya dengan mengoleskan di bagian yang berjerawat saja. Biarkan selama menit kemudian bersihkan dengan air hangat, tegas Dr. Jaliman.
“Hanya pastikan, madu yang digunakan adalah madu mentah organik seperti Manuka yang telah menunjukkan membantu penyembuhan luka dengan kandungan antiseptik serta antiinflamasi,” lanjut Dr. Krant.
Soda pengembang. Salah satu bahan yang biasa digunakan saat membuat kue, nyatanya dapat digunakan sebagai pembersih maupun masker pembersih jerawat.
Buat campuran dari tiga bagian soda pengembang dengan satu bagian air. Lalu oleskan di wajah secara lembut dengan gerakan melingkar. Diamkan selama lima menit kemudian cuci  dengan air hangat.
“Soda pengembang mengeringkan dan mengangkat minyak. Dan juga menjadi eksfolian, pengangkat sel kulit mati, yang baik,” terang Dr. Jaliman.
Kulit pisang. Bukan kulit pisang bagian luar yang digunakan, melainkan bagian dalam. Kulit pisang bagian dalam, dikatakan Dr. Krant, telah menunjukkan membantu mengatasi masalah pada tumit kaki sehingga dapat membantu mengatasi jerawat.Secara perlahan, gosokkan bagian dalam kulit pisang pada bagian yang berjerawat selama 5-10 menit kemudian cuci wajah hingga bersih.
Kentang mentah. Sudah sejak lama, kentang digunakan dalam menangani gatal dan luka memar. Dikatakan Dr. Krant, kentang mengandung  antiinflamasi dan juga  antiseptik yang membantu mengatasi luka.
Selain itu, ditambahkan Dr. Jaliman, kentang mengandung niasin yang membantu menyamarkan bekas luka. Disarankan untuk mengaplikasikan kentang parut ke kulit seperti masker dan pijat selama dua menit.
Ketimun. Selain bisa digunakan untuk mengurangi mata yang bengkak, ketimun, menurut Dr. Krant, juga dapat membantu mengurangi bengkak yang berhubungan dengan jerawat. Ketimun bersifat menyegarkan bagi kulit, menghidrasi, dan kaya vitamin C.
“Potong ketimun dingin dan tempelkan pada kulit untuk menghidrasi dan meredakan rasa tidak nyaman akibat jerawat,” urai Dr. Jaliman.
Kulit jeruk. Kulit jeruk dapat membantu memperbaiki keseluruhan penampilan kulit. Alasannya, karena seperti buah yang lainnya, kulit mengandung vitamin C, antioksidan yang penting untuk regenerasi kulit.
“Tumbuk kulit dengan air hingga terbentuk pasta lalu oleskan di kulit. Cuci setelah 10 menit,” ujar Dr. Jaliman.
Tetes mata. Tetes mata biasa digunakan untuk meredakan mata merah. Cara ini rupanya dapat dilakukan untuk kulit Anda. Basahi kapas dengan obat tetes mata kemudian simpan di freezer. Saat jerawat muncul, tempelkan pada jerawat.

Bagikan informasi tentang Atasi Jerawat dengan Bahan-bahan di Rumah kepada teman atau kerabat Anda.

Atasi Jerawat dengan Bahan-bahan di Rumah | Caca.co.id

Komentar dinonaktifkan: Atasi Jerawat dengan Bahan-bahan di Rumah

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
SIDEBAR